8 Ide Konten Sosial Media Marketing Berikut Biar Branding Gak Booring

8 Ide Konten Sosial Media Marketing Berikut Biar Branding Gak Booring

ide konten sosial media

SeputarMarketing – Melakukan strategi sosial media marketing tentu membutuhkan konsistensi dalam membuat konten marketing. Biar branding gak booring, simak 8 ide konten sosial media  marketing berikut ini.

 

Ide Konten Sosial Media Marketing

Ide Konten Sosial Media Marketing

Membangun brand dan melakukan promosi di media sosial perlu kerja keras dan ketekunan, terutama dalam membuat konten marketing untuk di posting.

Jika Anda rutin memposting konten marketing yang menarik dan bermanfaat, maka audience Anda dapat dikonversi menjadi penjualan atau follower.

Namun, membuat content plan / content calendar tidaklah mudah. Anda pun lambat laun akan kehabisan ide, dan follower akan berkurang jika brand Anda tidak lagi membuat konten yang segar.

Untuk itu, Anda bisa mencoba beberapa ide konten sosial media marketing berikut ini :

 

Baca Juga : Manfaat dan Cara Membuat Brand Identity untuk Bisnis Anda

 

#1.Tips and Trick

Ide Konten Sosial Media Marketing

Konten marketing yang bersifat edukatif dirasa dapat memberikan manfaat untuk audience yang melihatnya. Itulah mengapa konten Tips dan Trick amat digemari followers.

Tak hanya itu, konten Tips dan Trick tidak memaksa audience untuk membeli produk, yang mana itu adalah hal yang kurang nyaman. Melainkan sebagai konten untuk membangun brand awareness dan teknik soft selling.

 

#2. Info Industry

Ide Konten Sosial Media Marketing

Konten marketing yang bersifat informatif khususnya mengenai industri tertentu dapat mencerminkan expertise seseorang / brand. Dengan begitu, audience lebih percaya dengan produk atau layanan yang ditawarkan.

Konten seperti Info Industry dapat memberikan manfaat bagi audience yang memiliki ketertarikan di bidang industri serupa atau yang bekerja/berbisnis di industri sejenis.

 

#3. Behind the scene

Ide Konten Sosial Media Marketing

Konten yang memperlihatkan behind the scene dari produk/layanan yang ditawarkan membuat Anda dapat menampilkan, keunggulan atau value dari brand Anda.

Misalnya, Anda memperlihatkan proses pembuatan produk yang higienis, dalam sebuah fasilitas yang bersih dan dikerjakan oleh karyawan dengan seragam steril.

Dengan begitu akan meningkatkan kepercayaan konsumen akan produk Anda yang memiliki standar kebersihan yang tinggi, dan membuat mereka tidak ragu untuk mengkonsumsinya.

 

#4. The Super Heroes

Ide Konten Sosial Media Marketing

Dalam sebuah bisnis, bukan hanya produk yang menjadi daya Tarik konsumen. Karena bisnis dijalankan oleh sekelompok orang dengan skill dan background kehidupan yang berbeda-beda.

Mengangkat profile karyawan yang berprestasi, kisah sukses pendiri perusahaan, maupun kisah mitra bisnis Anda, adalah sebuah kisah inspiratif yang selalu ditunggu audience brand Anda.

Tunjukkan apresiasi Anda kepada orang-orang yang membantu dan turut andil dalam kesuksesan bisnis Anda. Dengan demikian, calon konsumen akan menangkap value perusahaan yang menghargai kerja keras orang lain.

 

Baca Juga : Cara Terbaik Menggunakan Strategi FOMO Marketing untuk Mendongkrak Sales

 

#5. Top List

Ide Konten Sosial Media Marketing

Salah satu konten yang paling mudah dibuat adalah konten Top List. Yaitu daftar populer dari suatu hal yang dapat bermanfaat atau menarik minat audience.

Contohnya, jika Anda menjual produk skin care perawatan wajah berjerawat. Anda dapat membuat konten dengan judul “8 Kebiasaan Sepele Penyebab Jerawat”.

Tentu hal tersebut dapat bermanfaat untuk audience Anda yang memiliki masalah serupa. Lalu Anda dapat mengakhiri konten dengan menawarkan solusi perawatan kulit berjerawat dengan menggunakan produk Anda.

Hal tersebut merupakan salah satu soft selling tanpa kesan memaksa, namun memberikan edukasi dan info yang bermanfaat.

 

#6. Polling

Ide Konten Sosial Media Marketing

Salah satu target pembuatan konten marketing adalah untuk meningkatkan reach dan engagement audience Anda. Konten jenis Polling adalah salah satunya yang sering digunakan untuk meningkatkan engagement rate di sosial media.

Pertanyaan-pertanyaan polling harus dibuat menarik dan hasil polling harus dapat memberikan manfaat bagi audience yang ikut serta.

Buat jangka waktu terbatas untuk mengumpulkan polling, dan lakukan sesuatu sebagai rewards jika salah satu pilihan polling menjadi yang lebih unggul.

 

#7. Quiz

Ide Konten Sosial Media Marketing

Melakukan konten marketing memang harus konsisten dan tekun agar mendapatkan hasil yang maksimal. Namun Anda juga harus melihat apakah konten marketing Anda didominasi oleh konten yang bersifat promosi?

Jika iya, maka hindari kejenuhan konten dengan membuat konten quiz yang melibatkan audience agar engagement rate meningkat. Berikan hadiah kepada pemenang kuis agar follower bersemangat dalam mengikuti kontes atau menjawab kuis yang diberikan.

 

#8. Video Animasi

Ide Konten Sosial Media Marketing

Data menunjukkan bahwa konten video marketing mendapat views dan engagement terbanyak dibanding konten visual, tektual maupun audio saja.

Apalagi video animasi yang menyuguhkan visual menarik dan pembahasan yang bermanfaat, tentu akan membuat audience betah berlama-lama di platform sosial media Anda.

 

Baca Juga : 4 Kesalahan Konten Marketing Pemula yang Tidak Disadari

 

Jasa Sosial Media Management

Jasa Sosial Media Management

Menemukan ide konten marketing sosial media memang suatu tantangan tersendiri. belum lagi dalam hal membuat desain, mempromosikan dan mengelola akun sosial media Anda.

Untuk itulah dibutuhkan jasa sosial media marketing dari perusahaan Digital Marketing Agency yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola dan mengoptimalkan digital presence Brand Anda di media sosial.

SeputarMarketing adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

 

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing

Related Posts

About Us

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing yang menyediakan “One Stop Solution” untuk Branding dan Promosi

Contact Us

Request meeting, quotation & consulting, hubungi :
Whatsapp / Call : 0878-5457-3436
Email : seputarmarketing@gmail.com

Our Service

Website Development, Social Media Marketing, Search Engine Optimization, Digital Advertising, Video Marketing, Creative Design & Marketing Tools

Related Posts

WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?