Seputar Marketing — Sekitar 57%  total traffic di dunia maya per 2018 berasal dari akses Internet  ponsel. Itu menunjukkan satu fakta penting, bahwa ada pergeseran tren di antara para pengguna Internet. Jika dulu orang cenderung hanya mengakses Internet via komputer, kini orang memutuskan untuk selalu terhubung dengan ponsel di genggaman.

Maka dari itu, sebagai pelaku bisnis yang pintar Anda harus memahami strategi terbaik untuk menjaring perhatian dari audiens: membuat digital strategy Anda seramah mungkin bagi pengguna ponsel. Tapi selain itu, ada sejumlah alasan yang membuat Anda semakin wajib membuat website mobile friendly. Apa saja?

 

Perbedaan Website yang Mobile Friendly dan Website dengan Desain Responsif

Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya Anda tahu jenis website mobile friendly macam apa yang sebaiknya Anda buat. Idealnya, target Anda bukan hanya membuat website yang sekadar enak diakses di ponsel, tapi juga yang memiliki desain responsif. Kenapa demikian?

Ada beda besar di antara keduanya. Website yang sekadar mobile friendly biasanya mengalami beberapa penyesuaian ketika diakses di web browser ponsel. Tampilannya secara umum masih persis dengan saat diakses di komputer, hanya saja fontnya menyusut. Button-button yang pada versi aslinya sudah kecil juga semakin mengecil. Biasanya, website seperti ini memberikan pengalaman belanja yang kurang menyenangkan karena user jadi harus men-zoom in tampilan produk, rentan salah pencet, dan lain sebagainya.

Beda halnya dengan website dengan desain responsif. Ketika dibuka di ponsel, semua komponen website kontan menyesuaikan dengan layar ponsel yang kecil. Hasilnya adalah website yang bukan hanya enak dilihat, tapi mudah digunakan dan responsif pada kebutuhan user. Memang, butuh rangkaian coding yang lebih kompleks daripada website yang sekadar bisa dibuka di ponsel. Tapi hasilnya, adalah pengalaman positif dari para calon customer.

Singkatnya, semua website dengan desain responsif otomatis mobile friendly. Tapi tidak semua website mobile friendly bisa dibilang responsif.

 

5 Alasan Website Mobile Friendly Dapat Membantu Usaha Anda

 

Tak dipungkiri lagi, website yang mobile friendly akan sangat membantu keberlangsungan usaha Anda. Ada 5 cara dan penjelasan bagaimana tingkat kemudahan akses website via ponsel bisa meningkatkan penjualan, seperti penjelasan di bawah ini.

  • Customer Cenderung Mengharapkan Pengalaman Belanja yang Nyaman

Buat proses checkout user semudah mungkin. Jangan lupa, tata agar peletakan produk, harga, dan informasi detail mengenai barang dan alamat mudah dilihat dan diakses. Ini semua penting karena customer cenderung mengharapkan pengalaman belanja yang nyaman.

Mereka memilih belanja Online karena dinilai lebih tidak ribet dibanding pergi ke toko, jadi website yang super mudah diakses akan menjadi nilai plus.

  • Kemudahan Akses Mobile Mempengaruhi SEO

Raksasa search engine Google makin memberi perhatian bagi para pengguna Internet ponsel. Mulai 2015, Google meluncurkan update yang masih berlaku hingga saat ini: website yang mobile friendly akan lebih diprioritaskan daripada yang tidak.

Itu berarti, jika website Anda mudah diakses di ponsel, ada peningkatan kemungkinan bahwa website Anda akan nangkring di posisi teratas pencarian. Didukung dengan konten yang bagus, inilah tiket emas menuju penjualan yang membludak.

 

  • Terdepan dari Saingan Anda

Tahukah Anda hanya 56% total website di seluruh jagat Internet yang memiliki desain responsif? Dengan segera memberlakukan website yang responsif dan mobile friendly, Anda telah berada selangkah di depan semua kompetitor Anda.

Manjakan para pengunjung website Anda dengan kemudahan akses, promo, tampilan yang memikat. Jika mereka telah merasa ‘kerasan’ di website Anda, kecil kemungkinan para customer ini akan berpaling hati.

 

  • Lebih Mudah Dikelola

Website dengan desain yang responsif lebih mudah dikelola. Tentu, Anda jadi harus mengorbankan beberapa aspek estetika—seperti seperti animasi yang berat-berat atau banyak efek—tetapi pada faktanya jadi efisien karena memperpendek durasi loading.

Khususnya jika konsumen Anda orang Indonesia, ini bisa jadi nilai tambah sehubungan dengan kualitas Internet negara ini yang masih terhitung lambat. Yang menjadi nilai plus, loading yang lebih cepat juga termasuk salah satu kriteria yang disukai SEO.

Selain itu, Anda jadi tidak perlu memberlakukan dua blog khusus mobile dan PC. Hemat, cepat, dan efektif.

 

  • Terbukti Menguntungkan di Masa Depan

Sebagai pelaku bisnis yang pintar, Anda musti pandai membaca tren saat ini. Sadarkah Anda bagaimana policy Google belakangan sangat berpihak pada pengguna ponsel? Atau bahwa produsen ponsel kini semakin memberlakukan layar yang semakin lebar untuk kenyamanan pengguna?

Ketergantungan manusia kepada performa gawai di tangan semakin tinggi. Iklim bisnis digital pun akan semakin memihak pasaran mobile. Jadi, jangan mau ketinggalan dengan tidak membuat website Anda mudah digunakan dan mobile friendly.

Siap mempraktekkan?

 

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !