Seputar Marketing — Para pelanggan ideal Anda paling mungkin sengaja mencari halaman Facebook bisnis Anda untuk di-follow. Tetapi yang patut diingat, konsumen yang menggerakkan bisnis Anda bukan hanya pelanggan ideal; tetapi juga orang-orang yang mungkin membutuhkan produk Anda tapi belum tahu tentang brand Anda. Sebab itulah, Anda butuh lebih banyak follower di Facebook.

Ini penting karena Facebook punya userbase yang lumayan tinggi. Apalagi di Indonesia, yang memiliki pengguna Facebook terbanyak ketiga di dunia per data 2019. Memiliki lebih banyak follower akan membuat brand Anda semakin dikenal, menjangkau segmen yang tidak pernah Anda bayangkan sebelumnya.

Adakah cara untuk mendapatkan lebih banyak follower di Facebook secara organik? Enam poin di bawah ini jawabannya.

 

  1. Promosikan Halaman Facebook di Website Anda

Cara kerja trik ini agak mirip pencantuman alamat website di kartu nama. Poinnya, adalah untuk membuat orang-orang tahu bahwa brand Anda juga bisa aktif diajak berinteraksi di Facebook. Selalu cantumkan alamat Facebook Anda di bagian header website, profil Instagram, atau bio Twitter. Dengan begitu, para pengguna Facebook akan bisa langsung memfollow akun Anda untuk memperoleh informasi teranyar tentang produk-produk Anda.

 

  1. Tambahkan Facebook Button

Facebook telah memudahkan promosi laman Anda dengan menyediakan beragam plug-in yang bisa dikustomisasikan untuk website Anda. Facebook button yang cute ini bisa menghiasi bagian header website, atau di kepala atau buntut artikel agar orang bisa membagikan bacaan dari website Anda kepada teman-temannya melalui Facebook. Tentunya, dengan link url menuju ke page Facebook Anda.

 

  1. Gunakan Fitur Promote

Fitur promote bisa jadi cara menyenangkan untuk memperluas jangkauan Anda kepada para calon customer. Cara menjalankannya pun mudah. Sorot bagian kiri atas Facebook Anda, lalu pilih menu promote page. Dari situ, pihak Facebook akan secara otomatis merangkai post iklan web Anda untuk disebarluaskan, tapi Anda pun bisa memberikan beberapa penyesuaian.

Isi menu lokasi, interest, usia, dan gender untuk memenuhi kualifikasi audiens yang Anda incar. Setelah itu, tentukan budget dan timeframe. Selanjutnya Anda tinggal memantau performa iklan Facebook Anda—dan menentukan sebaiknya menambah budget atau bahkan menghentikannya di tengah-tengah sesuai hasil yang Anda lihat.

 

  1. Undang Teman dan Para Customer untuk Mengunjungi Facebook Anda

Anda bisa memanfaatkan fitur suggest untuk mengundang teman-teman dan pelanggan Anda supaya memfollow halaman usaha Anda di Facebook, lho!

Caranya, pastikan Anda log in sebagai akun Anda (bukan business page administrator). Klik tiga titik teratas untuk membuka opsi suggest, kemudian unggah file kontak para customer Anda atau gunakan Email marketing tools. Dari situ, E-mail dan undangan untuk mengikuti laman bisnis Anda akan mencapai mereka!

 

  1. Tingkatkan Frekuensi Aktivitas Anda di Facebook

Beberapa customer bisa menganggap bahwa Facebook yang punya frekuensi posting yang sering dan terlihat aktif menandakan bisnis yang sehat. Jadi, jangan lalai untuk mengurusi Facebook Anda. Ini termasuk melengkapi profil, memberikan likes dan suggestion, dan dengan aktif menjawabi pertanyaan, mention, bahkan ulasan pelanggan mengenai produk Anda.

Beberapa konten yang bisa dipertimbangkan adalah memajang kegiatan para staf perusahaan di Facebook Anda, membagi informasi event-event yang Anda adakan, dan juga ulasan pelanggan yang menarik. Dijamin, langkah ini akan meningkatkan kepercayaan para pelanggan dan calon pelanggan.

 

  1. Boost dan Tingkatkan Mutu Post Facebook Anda

Akan tetapi, sekadar sering dan tampak aktif saja rupanya tidak cukup. Anda juga harus menyajikan konten yang bagus dan relevan. Jangan lampirkan foto berkualitas rendah, atau caption yang asal-asalan. Budayakan memberi tag pada orang-orang yang Anda anggap influential, dan gunakan fitur boost.

Tetapi sebelum menyalakan boost, pastikan porsi gambar Anda tidak melebihi 20% keseluruhan isi post. Lalu, sesuaikan juga budget yang ingin Anda anggarkan dengan kemampuan.

 

Nah, itu tadi adalah 6 cara agar jangkauan Facebook Anda semakin meluas. Dengan mengikutinya, Anda tidak akan ketinggalan untuk mendapatkan manfaat dari media sosial raksasa ini.

 

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !