Seputar Marketing — Sembilan dari sepuluh pakar marketing setuju bahwa video promosi amat vital untuk mengorbitkan brand Anda. Sebab itu, perusahaan-perusahaan tersohor makin mantap untuk mengedepankan mutu video promosi mereka pada 2020 ini. Tetapi awas, jangan sampai Anda terjebak melakukan 6 kesalahan fatal yang biasa dilakukan brand amatir saat membuat video promosi.

Ini penting untuk diingat karena video yang buruk bisa-bisa malah membuat orang tidak bersimpati pada brand Anda. Video yang kurang berkesan juga malah akan menghambur-hamburkan uang, dan tidak berpengaruh pada angka ROI. Jadi, sebenarnya apa saja 6 kesalahan yang harus dihindari itu?

Simak poin-poin di bawah ini.

1. Video Terlalu Padat dan Tidak Fokus

Seringkali, video promosi perusahaan dibuat panjang, rinci, mendetail, dan penuh berbagai informasi. Sekilas ini adalah hal yang bagus, tapi sebenarnya tidak juga.

Fokuslah pada tujuan utama video: promosi. Anda tidak sedang meluncurkan film, jadi fokuslah pada titik utama tujuan pembuatan video. Selalu tanyakan pada diri Anda, “Apa yang sebenarnya ingin saya sampaikan pada viewer melalui video ini?”

Video promosi terbaik adalah yang berhasil mempertahankan fokusnya dan hanya menyampaikan detail-detail yang efektif. Didukung dengan attention span audiens modern yang cenderung pendek, jangan sampai video Anda dilewatkan oleh khalayak karena terlalu panjang dan membosankan.

Baca juga: Cara Meningkatkan Penjualan dengan Video Marketing

2. Kurang Emosional

Pembuat video promosi yang amatir gemar menyamakan video promosi perusahaan dengan brosur. Mereka berusaha menyajikan profil, data, dan catatan performa perusahaan sebanyak mungkin. Padahal, video promosi punya misi khusus menarik hari audiens—bukan meringkas keseluruhan brand Anda dalam rupa gambar bergerak.

Ingat, buatlah video promosi Anda berisi manusia atau kisah yang bisa menimbulkan keterikatan dengan perasaan audiens. Jika sudah tertarik, mereka akan mencari sendiri info-info brand Anda melalui postingan lain.

3. Gagal Mempertahankan Prioritas

Sangat dipahami bila Anda ingin video promosi Anda tampak se-wah mungkin. Sehingga saat proses pengambilan gambar, kameramen diminta untuk memasukkan sebanyak mungkin footage, sebagus mungkin.

Nah, masalahnya video promosi bukanlah kumpulan footage. Orang yang melihatnya bisa-bisa merasa kebingungan dan terbebani, karena tidak tahu harus fokus di mana. Kumpulan footage juga bisa memancing curiga bahwa tidak ada konsep yang jelas, berantakan seperti presentasi menggunakan PowerPoint.

Bagaimana agar Anda menghindari kesalahan ini?

Biasakanlah untuk merangkai konsep, lalu shooting untuk footage-footage yang sesuai dengan konsep Anda. Ini lumayan untuk menghemat waktu agar Anda tidak perlu memboroskan tenaga dan waktu demi mengedit bagian-bagian yang tidak perlu.

Baca juga: Cara Menggunakan Instagram untuk Promosi Bisnis Anda

4. Tidak Memperhatikan Platform

Pembuat video promosi yang andal wajib tahu, bahwa beda platform butuh treatment video yang berbeda pula. Video yang Anda pajang di website jelas harus memiliki panjang, fokus, karakter, dan ukuran yang berbeda dengan video untuk Facebook atau Instagram yang bersifat sekali-lihat.

Jangan lupa untuk selalu mengingat untuk platform mana video Anda dibuat. Ini fatal, karena setiap media sosial punya karakter sendiri-sendiri dan memiliki audiens yang secara psikologis terbiasa dengan jenis konten yang berbeda.

5. Tidak ada Pesan Call to Action

Video promosi yang bagus tapi tanpa call to action ibarat jamuan mewah dan menggiurkan yang tidak menyertakan sendok dan garpu. Audiens mungkin terkesan, tapi juga kebingungan tentang apa yang sebenarnya ingin Anda sampaikan melalui video tersebut.\

Baca juga: Manfaat Promosi Melalui Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Jangan lupa untuk menyertakan pop up atau pesan verbal bagi audiens untuk membeli produk Anda, aatu mengunjungi katalog Anda di website atau marketplace. Dengan begitu, Anda tidak akan kehilangan pembeli potensial. Mereka yang telah tertarik dengan video Anda pun jadi tidak kehilangan jejak ke mana harus mendapatkan produk Anda.

Membuat video promosi untuk pemasaran brand Anda memang bisa jadi gampang-gampang susah. Tapi sepanjang Anda mengikuti tips di atas dan terus belajar, tidak ada yang tidak mungkin.

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !