Seputar Marketing — Cara wajib untuk memastikan bisnis Anda terus berkembang adalah mendapatkan hati banyak customer baru. Ada ratusan metode yang bisa Anda lakukan untuk memperoleh ini, tapi secara umum, 6 cara di bawah ini adalah yang paling tokcer. Apa saja?

1. Kenali Para Customer Anda

Mula-mula, Anda harus betul-betul menentukan golongan orang-orang yang akan menjadi customer Anda, juga mana yang bukan. Ini berarti juga memetakan rentang usia, lokasi domisili, tingkat pendidikan, dan pekerjaan mereka sehingga Anda bisa merangkai strategi yang tepat menyasar diri mereka.

Jika tidak begitu, bisa-bisa Anda membuat strategi pemasaran yang sama sekali salah sasaran. Atau Anda mungkin berhasil meraih reach dan exposure yang tinggi, tapi tidak ada yang benar-benar membeli produk Anda.

2. Hargai Para pelanggan Loyal Anda

Ambassador” terbesar bagi usaha kecil adalah orang-orang yang telah membeli produk mereka. Orang-orang ini telah membeli produk Anda, menyukainya, dan tidak segan untuk memberikan opini bagus kepada circle masing-masing.

Hadiahi kesetiaan mereka dengan diskon, atau penukaran kupon-kupon untuk referrals. Strategi ini biasanya berjalan baik karena mereka kemudian akan memberitahukan kebaikan Anda kepada teman-teman mereka. Jika Anda memanjakan pelanggan loyal Anda, jangan heran jika Anda tiba-tiba mendapatkan conversion rates yang tinggi.

3. Jelajahi Beragam Kanal Penjualan

Di era global seperti sekarang ini, Anda harus memikirkan beragam kanal penjualan yang ada untuk memperlebar jangkauan bisnis. Cita-cita untuk menjual produk Anda ke mancanegara kini bukan hanya isapan jempol belaka dengan adanya Internet.

Misalnya jika Anda adalah home brewer yang punya bisnis kopi offline, tak ada salahnya menjajal shipping beans andalan Anda melalui toko Online maupun marketplace. Buat orang-orang di seluruh negeri, bahkan mancanegara, merasakan kehebatan produk Anda. Apalagi jika kopi Anda tidak bisa ditemui di manapun selain dapur Anda.

Begitupun sebaliknya jika Anda memiliki toko online yang menjual biji kopi dan sudah sukses, mendirikan pop up store di event-event tertentu atau bahkan tempat nongkrong permanen bukanlah ide buruk.

Baca juga: 5 Tipe Konten Visual yang Dijamin Meningkatkan Conversion Rates Anda

4. Rancang Strategi PR yang Mumpuni

Strategi PR (public relation) yang bagus bisa punya efek ajaib bagi bisnis Anda, yang menuntun para customer persis ke depan pintu toko Anda.

Daya tarik dari memiliki tim PR yang mumpuni ialah jangkauan prospeknya yang bisa mencapai ribuan, bahkan jutaan, secara langsung.

Untuk mempermudah kinerja tim PR Anda, pastikan Anda punya key publications dan niche tertentu yang bisa diunggulkan. Mereka akan segera merancang strategi yang pas agar Anda semakin tampak sebagai ahli di bidang industri Anda, membuat customer baru berdatangan karena penasaran akan kualifikasi Anda sebagai brand.

5. Jelajari Beragam Kemungkinan Pricing Model

Target market Anda sendiri terdiri dari manusia dengan beragam karakter dan kemampuan. Jika conversion rates tak kunjung naik, Anda patut mempertanyakan pricing model yang Anda berlakukan.

Apakah produk Anda paling laku di margin harga paling atas bawah? Jika jeli, Anda bisa memanfaatkan data yang masuk untuk meluncurkan paket produk baru yang mungkin juga lebih mengena di hati customer baru.

Mungkin buat versi lebih kecil dari produk yang Anda buat, atau bahkan yang lebih besar. Jika biasanya Anda menjual parfum dengan volume 250 ml, misalnya, meluncurkan lini baru yang hanya berukuran 50 ml mungkin akan terasa menarik bagi konsumen baru yang hobi mencoba-coba atau berbudget tipis.

Baca juga: 10 Tips Digital Marketing untuk Menyasar Millennial

6. Paid advertising

Mengikuti dinamika pengguna Internet yang semakin banyak, Anda benar-benar tidak boleh melewatkan paid advertising untuk kanal online seperti pay per click (PPC) dan social media marketing.

Paid advertising alias iklan berbayar dijamin membawa kustomer baru ke bisnis Anda, meski Anda harus membayar sejumlah uang untuk itu. Meski demikian sebelum mulai, pastikan Anda tahu apa yang ingin Anda dapatkan dari paid advertising.

Apakah Anda ingin produk Anda terjual cepat? Menambah prospek di email list? Membuat orang semakin engage dengan website atau konten Anda?

Jika sudah bisa menjawab pertanyaan itu, segera alokasikan budget dan tunggu bisnis Anda tumbuh menjangkau para customer baru.

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !