Seputar MarketingMasih banyak orang yang salah kaprah mengenai content marketing. Dalam pemahaman awam, content marketing hanyalah soal membuat blog dan menunggu para visitor datang sendiri untuk melihat-lihat.

Padahal, cara kerjanya tidak begitu. Content marketing meliputi segenap strategi pemasaran yang bertujuan untuk memproduksi konten-konten yang berguna bagi hidup audiens Anda.

Content marketing juga bukanlah sekadar campaign, yang akan berhenti dilakukan sekali hasilnya tampak disajikan dalam rupa data-data. Lebih dari itu, content marketing sebenarnya lebih seperti investasi yang akan mendatangkan exposure dan laba berkali-kali lipat bila rutin dikelola. Sebenarnya, bagaimana cara kerja content marketing dalam mengorbitkan usaha kecil Anda?

1.Angka ROI yang Tinggi

Sudah menggunakan jasa ads? Langkah yang bagus. Tapi tanpa strategi content marketing, hasilnya bisa jadi kurang efektif. Atau yang paling parah, ads Anda akan berakhir sia-sia karena target yang terkena ads Anda tidak merasa mendapatkan apa-apa.

Strategi content marketing yang mantap bisa menjaring leads potensial hingga 3x lipat. Ini berarti Return of Investment yang semakin membludak untuk brand Anda.

2. Meningkatkan Conversion Rates

Mengutip eConsultancy, 73% perusahaan tidak senang dengan angka conversion rates yang mereka peroleh. Pasalnya, conversion rates (tingkat perolehan target yang melihat iklan, tertarik, lalu benar-benar membeli) seringkali tidak sebanding dengan jumlah klik ads.

Apa pasal? Banyak yang bisa menyebabkan ini. Salah satunya karena brand tersebut tidak memiliki strategi content marketing yang mumpuni. Yang menarik, riset di antara perusahaan-perusahaan yang memberlakukan content marketing memiliki kesempatan 5 kali lipat lebih besar untuk mendapat leads potensial.

3. Acquisition Cost yang Semakin Sedikit

Biaya untuk marketing tradisional cenderung makin naik dan naik dari tahun ke tahun. Tapi, beda kasusnya dengan content marketing. Acquisition costnya justru turun, sehingga brand Anda bisa mengalokasikan budget ke aspek-aspek lain yang lebih butuh perbaikan. Sementara di segi content marketing itu sendiri, yang perlu Anda lakukan hanyalah mempertahankannya.

4. Membuat Brand Anda Semakin Dikenal

Content marketing seperti strategi yang khusus dibuat untuk brand awareness. Dan ini penting. Coba tanyakan apa alasan seorang customer memenuhi keranjang mereka dengan produk tertentu, atau dengan loyal membeli produk yang itu-itu saja. Dari beragam jawaban seperti diskon, ingin mencoba-coba, atau bahkan rekomendasi kawan, ada satu alasan yang menjadi penyebab teratas: tahu brandnya.

Ketika seorang calon customer sudah mempercayai brand, dia akan dengan dengan patuh membeli barang-barang yang Anda sajikan tanpa banyak tanya. Jadi, buatlah brand Anda semakin mantap dan dikenal. Content marketing yang dengan rinci bisa menyajikan informasi konten bisa memenuhi kebutuhan ini.

5. Bisa Bersaing dengan Brand Besar

Hanya melalui content marketinglah brand yang baru dimulai bisa bersaing sejajar dengan brand besar yang sudah ada sebelumnya.

Anda tidak memerlukan budget besar untuk menyewa toko, atau nama yang sudah dikenal delapan generasi. Sepanjang Anda konsisten menyajikan konten yang relevan dan menarik, brand Anda bisa saja berakhir lebih sukses di jagat maya dan menghasilkan conversion rates yang tidak tanggung-tanggung. Setara dengan brand besar.

content marketing meningkatkan usaha kecil

6. Menaikkan Retention, CLV, dan Kesetiaan Pelanggan

Anda bisa mengetahui seberapa sukses bisnis Online Anda dengan cara mengukur customer loyalty.

Caranya adalah dengan menggunakan metrik customer retention yang dapat menunjukkan seberapa banyak customer Anda yang kembali ke toko Anda lagi dan lagi. Semakin rendah retention, semakin terpuruk pula performa bisnis Anda.

Dengan data yang didapat melalui anaytics website, Anda bisa menerapkan langkah perbaikan yang tepat untuk bisnis Anda, sehingga dapat menaikkan customer lifetime value (CLV) lebih tinggi lagi. Ingat, brand Anda adalah untuk komitmen jangka panjang. Sehingga perhatikan benar-benar bagian poin ini.

7. Mendongkrak Reputasi Online

Delapan puluh persen pelanggan merasa bahwa brand yang memiliki konten bagus terasa lebih bisa dipercaya.

Apalagi bila administrator brand tersebut menjalin komunikasi dan engage dengan audiens. Otomatis, reputasi Online yang baik ini juga mendorong orang untuk semakin percaya pada kredibilitas produk Anda.

Penjelasannya secara psikologis mudah saja. Bukankah Anda sendiri cenderung lebih mempercayai teman yang pintar dan selalu ada daripada yang tampak asal-asalan? Ilustrasinya sesederhana itu.

8. Menjangkau Pelanggan dengan Cara yang Sesuai

Salah satu kelebihan dari content marketing berbasis SEO adalah Anda menyasar langsung pelanggan yang Anda mau ketika mereka menginginkannya.

User akan sampai ke konten blog Anda ketika mereka sedang mencari sesuatu; baik mengetikkan kata pencarian di Google, search bar media sosial, dan sebagainya. Produk atau jasa Anda adalah apa yang memang mereka butuhkan, dan bukannya hanya mampir lewat tapi belum tentu diminati sebagaimana iklan asuransi di billboard jalanan yang dilihat siapa saja–termasuk orang yang tidak membutuhkannya.

9. Lebih Sering Muncul di Pencarian

Semakin banyak Anda mengunggah konten berkualitas, semakin tinggi pula kesempatan bagi brand Anda untuk muncul di daftar pencarian bagi Internet user yang sedang mencari produk atau jasa yang relevan dengan bisnis Anda.

Yang perlu Anda lakukan tinggal menyesuaikan apakah Anda akan memasang matching keyphrase sesuai kebutuhan.

Mereka yang sudah memahami pentingnya content marketing tidak akan membiarkannya tak terurus begitu saja. Jika pandai memanfaatkannya, konten yang Anda tulis bertahun-tahun lalu bahkan bisa mendulang angka view yang tinggi; membuatnya mejajaki posisi teratas Google dan memudahkan pencarian oleh para konsumen atas brand Anda.

Jadi, jangan sampai melewatkan content marketing. Meski Anda harus merogoh kocek dan kemampuan khusus untuk membuat konten yang bagus, hasilnya setara dengan investasi marketing jangka panjang bagi brand Anda.

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !