Seputar Marketing — Ini dia satu hal yang harus Anda ingat dalam menjalankan usaha: tidak semua orang akan jadi pelanggan ideal (ideal customer) Anda. Apalagi jika produk yang Anda jual kebetulan punya segmen yang spesifik.

Seiring berjalannya brand, Anda butuh satu golongan pelanggan ideal yang akan membantu bisnis Anda tetap berjalan dan tumbuh bersama inovasi-inovasi yang yang Anda luncurkan.

Pendek kata, mendapatkan pelanggan setia adalah tiket emas bagi Anda untuk jaminan kesuksesan karena pembeli Anda tidak akan pernah surut. Tapi, sebenarnya apa itu pelanggan ideal, dan adakah cara jitu mendapatkannya?

Skenario Terjadinya Pelanggan Ideal

Pelanggan ideal alias ideal customer adalah golongan pembeli yang punya pertalian kuat dengan brand Anda. Ini terjadi karena produk yang Anda luncurkan memenuhi ekspektasi atau kebutuhan mereka, dan sebagai gantinya, mereka menghadiahi Anda loyalitas yang tak tergoyahkan.

Jika pelanggan sudah merasakan keterikatan emosional dengan brand Anda, mereka tidak membutuhkan banyak syarat untuk tetap bersemangat mengikuti dan terus membeli barang atau jasa yang Anda sajikan. Pelanggan ideal juga sulit berpaling ke produk kompetitor.

Menemukan apa saja golongan pelanggan ideal akan membantu Anda merancang strategi yang bisa mengembalikan modal Anda dengan cepat dan berkali lipat.

Bagaimana Para Pelanggan Ideal Menguntungkan Bisnis Anda

Ada beberapa keuntungan yang akan datang seiring Anda mulai mengenali target pasar Anda, dan menemukan para pelanggan ideal ini. Beberapa kualitas yang biasa menempel pada para pelanggan ini termasuk hal-hal di bawah ini.

  1. Pelanggan Ideal Rela Merogoh Kocek demi Produk Anda

Wajar jika Anda butuh berbulan-bulan, bahkan tahun, untuk meyakinkan customer agar mau membeli produk Anda. Dan setelahnya, pelanggan ideal adalah mereka yang rela merogoh kocek demi membeli produk Anda.

Bahkan, sedikit kenaikan harga tidak akan berarti apa-apa bagi mereka. Ini mencerminkan tingkat kepercayaan mereka terhadap produk yang Anda tawarkan. Mereka memahami konsep kualitas dan harga, dan bergantung pada Anda untuk memberikan pelayanan terbaik.

  1. Mereka Menghargai Anda

Meski pada dasarnya bisnis bersifat transaksional, pelanggan ideal memahami bahwa perusahaan Anda terdiri dari manusia yang memiliki hati nurani. Tingkat loyalitas mereka bisa dibilang emosional, sehingga mereka mengapresiasi setiap keputusan atau bahkan error di pelayanan Anda sebagai kewajaran yang bisa ditoleransi. Pendek kata: pelanggan ideal adalah kalangan yang tidak banyak menuntut Anda.

  1. Golongan Pelanggan yang Rajin Memberikan Feedback

Feedback adalah katrol terbaik untuk kemajuan mutu produk Anda. Dan feedback yang diutarakan secara terbuka juga bisa menjadi sarana promosi yang ampuh sehingga orang yang tadinya hanya melihat-lihat produk Anda langsung merasa teryakinkan untuk membeli.

Nah, golongan pelanggan ideal sangat rajin memberikan feedback ini. Jika Anda tahu bagaimana cara menyasar mereka, Anda sama saja melampaui dua pulau dalam sekali dayung.

  1. Getol Merekomendasikan Produk Anda pada yang Lain

Pelanggan ideal adalah mereka yang sudah sangat loyal dan cocok dengan produk Anda sehingga mereka terpikir untuk merekomendasikannya pada orang-orang terdekat—bahkan tanpa diminta. Mengasumsikan produk Anda memang bagus, dengan trik marketing yang tepat Anda bisa mendapatkan pelanggan semacam ini.

Rekomendasi adalah sarana marketing yang ampuh karena pada dasarnya orang senang membeli dari pihak yang sudah terjamin selera dan kualitasnya seperti keluarga atau sahabat.

  1. Akan Kembali Menggunakan Produk atau Jasa Anda

Tidak peduli kompetitor menawarkan produk yang lebih murah, kustomer yang sudah terlanjur loyal akan tetap setia dengan produk atau jasa Anda. Inilah rahasia sukses yang dimiliki brand-brand besar yang telah eksis sejak puluhan tahun lalu hingga kini. Tingkat kepercayaan yang tinggi membuat mereka puas dan terus membeli dari Anda, bahkan mungkin merekomendasikannya ke generasi-generasi berikut.

Memahami Karakteristik Pelanggan Ideal Anda

Setelah mengetahui sisi pengertian dan sisi-sisi menguntungkan dari para pelanggan ideal, tiba saatnya bagi Anda untuk mengetahui identitas mereka. Dan Anda mungkin membutuhkan beberapa perangkat untuk membantu memahami karakteristik ini.

Biasanya, Anda bisa mengetahui fakta karakteristik ini melalui analisis data dari:

  1. Pemetaan Demografi

  2. Analisis Psikografis

  3. Jaringan Komunikasi

  4. Bagaimana mereka menemukan Anda

Dan Anda bisa mengetahui itu dengan memanfaatkan fasilitas analytics yang telah tersedia pada platform yang Anda pilih.

Instagram for business misalnya, akan menyajikan data tersebut dalam rupa grafik sederhana yang mudah dipahami oleh siapapun.

Kunci bagi Anda adalah memahami kesimpulan dari grafik kemudian mencocokkannya dengan angka conversion rates yang masuk. Golongan mana yang paling banyak membeli? Golongan mana yang paling sering mengikuti postingan Anda?

pelanggan ideal

Satu hal yang menyenangkan dari digital marketing adalah, hampir semua hal ada di tangan Anda. Dalam menemukan pelanggan ideal sendiri pun begitu.

Dari data-data yang masuk tersebut, Andalah yang kemudian memiliki kuasa untuk menentukan mana yang termasuk pelanggan ideal Anda. Jika sudah ketemu, itu jelas memudahkan targeting taktik pemasaran Anda agar semakin maksimal.

Jika Anda masih kesulitannya, jangan berkecil hati! Hal demikian amat umum khususnya bagi brand yang masih baru berjalan.

Atau agar laju bisnis Anda semakin lancar, tak ada salahnya menyewa jasa konsultan atau ahli digital marketing yang mumpuni. Dengan begitu, Anda hanya tinggal perlu berkonsentrasi pada bisnis Anda dan membiarkan semuanya berjalan dengan otomatis.

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !