Seputar Marketing – Mempromosikan produk maupun jasa yang Anda jalankan akan sangat efektif jika Anda menggunakan marketing tools. Dengan marketing tools, dapat membantu para sales dalam mempromosikan dan menjual prosuk/jasa. Apa saja marketing tools yang wajib Anda miliki? Di bawah ini dijelaskan mengenai jenis-jenis marketing tools yang sangat baik bagi bisnis Anda untuk meningkatkan penjualan.

 

Pengertian Marketing Tools

Marketing tools adalah teknik dan bahan yang digunakan untuk mempromosikan/menjual barang dan jasa. Sebagian besar para pebisnis menjual barang atau jasa mereka kepada publik menggunakan marketing tools. Apa saja marketing tools yang wajib Anda miliki? Berikut ini jenis-jenis marketing tools.

 

Baca juga: Pengertian, Fungsi dan Manfaat Marketing

 

Jenis-jenis Marketing Tools

  1. Website

Banyak hal yang bisa Anda maksimalkan bila memiliki website. Anda bisa menjual produk dan mempromosikan bisnis dengan memanfaatkan search engine optimization (SEO). Jika Anda dapat memanfaatkannya dengan baik, maka banjir order adalah fakta yang harus dihadapi.

Marketing Tools

 

  1. Billboard

Billboard merupakan papan promosi yang berisi iklan suatu produk, bisnis, ataupun jenis usaha lainnya. Biasanya diletakkan di tempat padat lalu lintas dan di jalan tol. Billboard ditaruh pada tempat yang tinggi, sehingga cukup efektif untuk membuat pengendara melirik isi iklannya.

Marketing Tools

 

  1. Spanduk

Spanduk berbentuk selembar kain yang bertuliskan promosi suatu bidang usaha. Biasanya ditempatkan di depan toko ataupun di pinggir jalan. Alat ini cukup komersial untuk menggaet customer.

Marketing Tools

 

  1. Iklan Televisi dan Surat Kabar

Meski sama-sama iklan, namun keduanya memilki bentuk promosi yang berbeda. Televisi menyajikan efek dramatis yang sangat mengagumkan dan dalam beberapa detik, mampu menghipnotis penonton untuk segera membeli produk mereka. Sedangkan koran menyajikan tulisan kreatif yang juga dapat menggerakkan pembaca untuk mencoba bisnis mereka.

Marketing Tools

  1. Brosur

Jika Anda ingin memasarkan bisnis secara offline, ada baiknya memanfaatkan brosur. Dalam selembar kertas yang bertuliskan promosi dan gambar yang menarik ini, Anda dapat mempengaruhi konsumen untuk mendatangi usaha Anda.

Marketing Tools

 

  1. Kartu Nama

Yang tak kalah penting sebagai pendukung profesionalisme adalah kartu nama. Walaupun kini penggunaan kartu nama sudah mulai tergeser oleh media lain yang lebih ringkas, namun sebenarnya tools bisnis ini masih tetap menyimpan banyak potensi untuk meningkatkan citra positif bisnis Anda.

Marketing Tools

 

  1. Video Marketing

Saat ini, video marketing populer di kalangan pengais rezeki. Anda bisa memanfaatkan video blog, video website, maupun video youtube untuk memperkenalkan semua bisnis yang Anda jalani.

Marketing Tools

 

  1. Direct Email

Selain untuk berkomunikasi, email juga bisa menjadi alat promosi yang baik. Maka dari itu, sebaiknya segera kumpulkan daftar email potensial yang bisa Anda hubungi untuk memperkenalkan bisnis yang sedang Anda geluti.

Marketing Tools

  1. Company Profile

Ketika Anda menjumpai calon pelanggan, kartu nama dan company profile dalam bentuk cetak adalah marketing tools wajib yang harus diberikan kepada calon pelanggan. Company profile memuat beragam informasi penting untuk membantu promosi, misalnya mengenai layanan yang diberikan kepada konsumen.

Marketing Tools

 

  1. Merchandise

Memberikan merchandise kepada calon pelanggan adalah salah satu strategi menarik yang wajib Anda lakukan. Dengan merchandise, bisa berdampak kepada peningkatan brand awareness oleh calon pelanggan.

Marketing Tools

 

Baca juga: Pengertian Brand dan Manfaat Branding

 

Dari berbagai jenis marketing tools di atas wajib Anda miliki untuk mempromosikan/menjual produk ataupun jasa yang Anda jalankan. Dengan menggunakan marketing tools, akan menarik minat calon pelanggan dan meningkatkan penjualan Anda.

 

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !