Seputar Marketing – Saat ini video marketing semakin banyak digunakan oleh para pebisnis untuk memasarkan produk atau jasa yang dimilikinya. Dengan video marketing, Anda dapat meningkatkan penjualan dan menghasilkan engagement yang baik dengan pelanggan.

Jenis Video Marketing

Berdasarkan dimensinya, terdapat dua jenis video marketing yaitu video nyata (melalui proses shooting), video animasi 2D dan video animasi 3D.

 

contoh video animasi 2D      contoh video animasi 3D

Lihat contoh video animasi 3D                                              Lihat contoh video animasi 3D

 

Selain itu, video marketing juga digolongkan menurut penggunaannya, yaitu:

1. Video Profile

 

Contoh Video ProfileVideo Profile digunakan untuk memperkenalkan sosok/figur maupun profile perusahaan Anda. Media ini biasanya dimanfaatkan sebagai marketing tools untuk menjelaskan mengenai latar belakang perusahaan Anda dan menampilkan produk atau jasa apa yang ditawarkan.

Lihat contoh video profil milik Sembago.com berikut ini

 

 

2. Tutorial dan Review Produk

 

Contoh Video Tutorial dan Review Produk Video tutorial merupakan media untuk menjelaskan mengenai produk Anda baik secara pengenalan fitur dan desain, hingga cara menggunakan dan mengaplikasikan produk tersebut. Cara ini sangat efektif untuk memperkenalkan produk baru maupun membuat pelanggan Anda mengerti fitur dan cara menggunakan produk Anda.

Lihat Contoh Video Tutorial dan Review Produk berikut

 

3. Video Interview

 

Contoh Video Testimonial PelangganVideo interview digunakan untuk berbagai keperluan promosi perusahaan Anda, seperti menampilkan testimonial pelanggan, testimonial karyawan, maupun sebagai media mengumpulkan informasi dari berbagai narasumber pendukung.

Lihat Contoh Video Testimonial Pelanggan berikut ini

 

 

4. Video Dokumenter

 

Contoh Video Kegiatan KerjaVideo dokumenter merupakan media dokumentasi kegiatan perusahaan Anda, baik dalam hal melakukan proyek, kegiatan bekerja karyawan, maupun meliput event atau acara khusus.

Lihat Contoh Video Kegiatan Kerja berikut ini

 

 

Manfaat Video Marketing

Manfaat Video Marketing

 

  1. Terhubung dengan Audiens
    Video marketing adalah media kreatif yang dapat menghubungkan penjual dengan pembeli, karena membuat pelanggan dapat melihat dan mengetahui produk atau jasa Anda dengan cara menarik.
  2. Meningkatkan Penjualan
    Calon pelanggan yang melihat video marketing akan lebih tertarik untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan, karena video marketing membangun awareness dengan cara yang menarik dan mudah untuk dimengerti.
  3. Konten Video untuk Remarketing Brand
    Menurut survei dari HubSpot, lebih dari 75 persen konsumen yang telah melihat video marketing Anda, akan kembali mengunjungi halaman Anda. Kekuatan dari pemasaran video marketing adalah audio dan visual, sehingga konsumesn akan dapat mengingat 70% lebih banyak dibanding konten yang hanya berisi teks maupun audio.
  4. Memperkuat Kredibilitas
    Video marketing adalah cara sempurna untuk menciptakan kredibilitas, kepribadian atau branding bagi bisnis Anda, yang memungkinkan Anda dapat terhubung dengan berbagai audiens dan mendapatkan kepercayaan mereka.
  5. Meningkatkan Konversi
    Menurut HubSpot, video adalah investasi, termasuk video di halaman utama website Anda yang dapat meningkatkan konversi hingga 80 persen lebih. Dengan menyaksikan video marketing, konsumen akan tertarik untuk melihat website Anda untuk mengetahui detail produk atau jasa yang ditawarkan.
  6. Mendorong Sosial Media
    Video sangat mudah menjadi viral. Menurut penelitian mobil ITC, 92 persen konsumen berbagi video dengan menggunakan smartphone dengan orang lain.

 

Artikel Terkait: Mengenal Social Media Marketing + Download Template Gratis

 

Cara Membuat Video Marketing

 

Cara Membuat Video Marketing

 

Ada beberapa hal penting yang harus dipersiapkan ketika Anda ingin membuat video marketing. Berikut ulasannya.

  1. Tentukan Target

Seperti yang kita ketahui, bahwa video marketing memiliki banyak manfaat dan kegunaan. Untuk itu, tentukan target yang ingin Anda capai dari video marketing. Apakah ingin memperkenalkan perusahaan, launching produk baru, maupun memberikan tutorial penggunaan produk. Ingat, setiap target memiliki konsep, persiapan dan cara yang berbeda dalam pembuatannya. Untuk itu, menentapkan target akan membuat video marketing lebih efektif dan maksimal.

  1. Membuat Konsep

Merencanakan konsep video yang ingin dibuat juga sangat penting dalam fase pra produksi. Yang mencakup perencanaan konsep meliputi ; menentukan dimensi video yang ingin digunakan, menentukan alur cerita (storyboard), menentukan pemeran (talent), mempersiapkan narasi maupun naskah yang akan digunakan, dan lain sebagainya.

  1. Membuat Persiapan

Setelah target dan konsep sudah direncanakan dengan matang, selanjutnya Anda harus mempersiapkan semua perlengkapan dan peralatan untuk proses pengambilan video (shooting). Bukan hanya itu, Anda juga harus mempersiapkan kostum yang akan dipakai pemeran maupun properti lainnya yang ingin digunakan.

 

Alternatif Pembuatan Video Marketing

Sebagian banyak para pengusaha masih enggan menggunakan video marketing karena proses pembuatannya yang memang sangat rumit dan membutuhkan waktu, tenaga, bahkan biaya yang tidak sedikit. Namun kini hal tersebut sudah tidak menjadi masalah lagi dengan adanya berbagai creative agency yang menawarkan jasa pembuatan video marketing. Dengan adanya alternatif tersebut, dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Memberikan ide dan konsep video dengan kreatif
  2. Mempermudah segala macam persiapan
  3. Tidak membutuhkan tim sendiri dengan kemampuan khusus untuk video shooting dan editting
  4. Tidak perlu investasi pada peralatan shooting yang mahal
  5. Pengerjaan yang lebih cepat karena sudah berpengalaman

 

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !