Seputar Marketing — Sebagai raksasa bisnis pencarian, Google memudahkan pelaku bisnis untuk semakin melancarkan usahanya dengan beragam perangkat digital marketing. Salah satu yang paling diunggulkan adalah SEO dan SEM.

Keduanya telah sukses mengantarkan banyak pelaku usaha kecil yang mencoba-coba digital marketing ke pintu kesuksesan yang tidak pernah mereka bayangkan sebelumnya. Tapi jika budget Anda terbatas, atau Anda baru memulai, Anda mungkin kebingungan mana yang lebih baik untuk bisnis Anda: SEO atau SEM?

Untuk mengetahui hal itu, tak ada salahnya membedah mana yang akan lebih berguna bagi Anda melalui paparan di bawah ini.

 

Apa itu SEO?

SEO amat populer dan mudah dipelajari. Ditinjau dari namanya, Search Engine Optimization (SEO) termasuk salah satu komponen strategi Search Engine Marketing (SEM). SEO berperan untuk menaikkan peringkat website di halaman mesin pencari melalui pencarian organik, yaitu dengan memanfaatkan penggunaan kata kunci di dalam website Anda.

 

Kelebihan SEO

Kredibilitas

Hasil pencarian organik yang dioptimalkan dengan SEO lebih cenderung dipercaya oleh audiens. Sebabnya, melalui SEO tak ada label “iklan” yang akan membuat audiens skeptis pada intensi Anda. Tak kalah penting, pengguna internet zaman sekarang cenderung tidak menelusuri pencarian sampai ke halaman kedua. Ini membuat SEO lebih mengena di hati masyarakat.

 

Ramah Budget, tapi Tinggi ROI

Karena SEO organik, dana yang dihabiskan pun lebih rendah jika dibanding dengan hasil yang akan didapatkan. Meskipun SEO membutuhkan maintenance reguler, hal tersebut pun tidak akan semahal membeli iklan.

Selain itu, Anda juga tidak perlu membayar tiap hasil pencarian organik yang diklik oleh audiens, sehingga SEO pun mempunyai ROI yang lebih baik. Dengan tingkat kepercayaan audiens yang lebih tinggi terhadap hasil pencarian organik dan klik gratis, ROI SEO pun lebih baik dibandingkan paid advertising.

Kekurangannya, perlu diingat bahwa SEO tidaklah gratis. Anggaran perlu dialokasikan pada maintenance reguler agar dapat mencapai hasil yang diinginkan.

Ada dua komponen utama SEO, seperti di bawah ini:

On-page Optimization adalah semua pengaturan yang Anda aplikasikan langsung pada situs atau blog Anda agar lebih ramah mesin pencari. On-page SEO meliputi penggunaan kata kunci pilihan ke dalam tag dan meta description; seperti format URL yang baik, penggunaan heading yang tepat (H1, H2, dan lainnya), kecepatan loading situs, dan lain-lain.

Off-page Optimization lebih mengacu aktivitas promosi yang terjadi di luar website Anda yang bertujuan untuk mengangkat reputasi situs Anda di mesin pencari.

 

Apa Itu SEM?

Seperti SEO, SEM juga digunakan sebagai strategi untuk mempromosikan situs Anda dengan meningkatkan visibility pada hasil mesin mencari melalui optimasi dan periklanan. Tetapi, untuk itu Anda perlu mengeluarkan sejumlah uang.

SEM biasanya meliputi pay-per-click (PPC) melalui Google Adwords atau Bing Ads dan iklan berupa banner yang dipasang di situs-situs yang berkaitan, biasanya juga dikombinasikan dengan SEO.

 

Kelebihan SEM

  1. Terletak di Atas dan di Bawah

SEM yang berbentuk iklan baris, mirip dengan hasil pencarian organik. Peletakannya ada di atas dan di bawah halaman hasil pencarian Google. Ketika dihadapkan dengan halaman hasil pencarian, maka perhatikan audiens pun terfokus di bagian teratas.

Saat mereka scrolling layar hingga akhir halaman, maka perhatian pun terfokus pada bagian bawah. Dengan demikian dua posisi ini merupakan posisi paling strategis di halaman hasil pencarian Google.

  1. Budget yang Lebih Terkontrol

Karena SEM merupakan layanan berbayar, tiap langkahnya pun jelas, sehingga Anda bisa dengan mudah melihat kemana dan bagaimana budget Anda digunakan. SEM memberikan fleksibilitas untuk mengontrol budget Anda, seberapa banyak yang ingin Anda habiskan untuk beriklan bersama Google.

  1. Target Audiens Lebih Spesifik

Dengan SEM, Anda bisa membidik target audiens secara spesifik. Hal ini dapat dilakukan melalui pengaturan iklan yang disediakan. Anda bisa memilih jam tayang, hari tayang, audiens yang ada di lokasi geografis tertentu, dan perangkat yang mereka gunakan.

 

Jadi, Mana yang Lebih Baik?

Bergantung pada jenis bisnis Anda. Ada banyak bisnis yang lebih berhasil dengan SEO dibandingkan SEM, begitu juga sebaliknya. Anda pun perlu menyusun strategi marketing yang matang untuk bisa menemukan mana yang tepat.

Setelah mengetahui dasar-dasar SEO dan SEM, diharapkan Anda mempunyai gambaran bisnis mana yang Anda butuhkan. Anda pun bisa menggabungkan penggunaan keduanya untuk hasil maksimal.

Masih bingung atau belum yakin dengan bagaimana cara menerapkannya? Anda tinggal memilih dan menggunakan jasa SEO dan SEM terpercaya yang dapat membantu bisnis Anda.

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !