Seputar Marketing – Di era digital yang semakin ramai saat ini, optimisasi mesin pencari adalah teknik marketing online yang penting dan wajib diterapkan. SEO berperan besar mempengaruhi proses peningkatan rangking situs (page rank) di mesin pencari.

Penerapan SEO yang baik dan benar akan memperbaiki peringkat situs website di mesin pencari di berbagai istilah pencarian (topik) yang di pilih.

Baca juga: Manfaat Promosi Melalui Digital Marketing untuk Bisnis Anda

 

Pengertian SEO

Search Engine Optimization (SEO) atau optimalisasi mesin pencari adalah proses perbaikan atau optimasi website, atau terhadap halaman website agar memperoleh posisi yang baik di halaman hasil pencarian mesin pencari.

Baca juga: Pebisnis? Wajib Punya Website! Ini dia Fungsi, Manfaat dan Keunggulannya

 

Cara Kerja SEO

1. Crawling

Crawling atau perayapan adalah suatu proses mengambil semua halaman website yang terhubung pada website tersebut. Tugas ini dilakukan oleh perangkat lunak yang disebut crawler/spider atau Googlebot dalam mesin pencarian Google.

2. Indexing

Indexing merupakan proses pembuatan indeks untuk semua halaman website yang telah diambil dan disimpan ke dalam database mesin pencari. Pada dasarnya, proses pengindeksan adalah identifikasi dari kata-kata dan tulisan atau deskripsi yang menjadikan halaman tersebut masuk dalam database mesin pencari dengan kata kunci tertentu.

3. Processing

Ketika mesin pencarian menerima request dari user, misalnya dengan mengetikkan kata kunci “cara kerja seo” pada mesin pencari, maka mesin pencari tersebut melakukan proses dengan membandingkan kata kunci “cara kerja seo” ke dalam request pencarian dengan halaman lainnya dari berbagai website yang telah terindeks pada database mesin pencari.

4. Calculating Relevancy

Dalam satu halaman website pastinya memiliki jumlah lebih dari kata kunci yang diinputkan ke dalam mesin pencari contoh pada kata kunci “pengertian seo”, sehingga mesin pencari melakukan proses dengan menghitung relevansi dari setiap halaman yang telah terindeks untuk setiap kata kunci yang diterima.

5. Retrieving Result

Langkah terakhir dalam sistem mesin pencarian adalah, mengambil hasil yang sangat relevan dari kata kunci yang telah diproses sebelumnya, lalu menampilkan ke dalam daftar hasil mesin pencarian yang ada di browser.

Baca juga: Syarat Website Optimal yang Mendatangkan Omzet

 

Keuntungan SEO Website

 

Manfaat SEO Website

 

  • Jumlah Pengunjung Meningkat secara Signifikan

Meskipun website Anda memiliki banyak konten berkualitas, jika tidak pernah dikunjungi siapa pun maka hal tersebut akan sia-sia.

Dengan menerapkan SEO maka hal ini dapat teratasi. Karena mereka yang datang melalui mesin pencari merupakan pengunjung yang mencari informasi paling relevan dengan website bisnis Anda. Pengunjung ini memiliki peluang 80 persen mendatangkan keuntungan bagi Anda.

  • Pangsa Pasar Lebih Luas dan Belum Tertarget

Dengan website yang sudah dikenal luas, produk dapat dipromosikan secara online, berdasarkan pasar tertarget dan belum terjamah. Baik dari segi area, minat, kebutuhan pelanggan, bahasa negara, dan lain-lain.

  • Mengangkat Brand Bisnis

Dengan SEO membantu mengangkat citra dari brand bisnis Anda di mata konsumen. Walau bisnis baru sekelas UKM, namun kehadirannya di halaman pertama hasil pencarian akan menambah kredibilitas Anda. Produk Anda dinilai lebih kompeten untuk digunakan.

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !