SeputarMarketing — Sebagai pelaku bisnis, Anda harus pintar-pintar mengenali apakah usaha Anda sekadar jalan—atau berkembang. Memang, bisnis bisa dikatakan berjalan jika berhasil bertahan di persaingan pasar dan mencetak revenue. Tapi kabar buruknya: itu saja tidak cukup untuk menjamin kesuksesan usaha Anda.

Target Anda haruslah memiliki bisnis yang berkembang. Indikatornya, revenue Anda terus mengalami lonjakan yang signifikan, karyawan senang, pemodal pun puas. Timbul perasaan optimis bahwa usaha Anda akan mencetak sejarah yang signifikan di kancah pasaran global.

Pertanyaannya adalah: bagaimana caranya agar bisnis Anda berkembang seperti itu?

 

Banyak faktor yang bisa menjawab itu. Dan salah satu yang menjadi kunci, tapi justru sering dilupakan orang, adalah pentingnya digital marketing.

 

Apa Itu Digital Marketing dan Bagaimana Itu Menjadi Kunci Sukses Anda

Seringkali, orang mengaitkan digital marketing dengan segala hal yang rumit-rumit. Padahal faktanya, digital marketing punya definisi yang lumayan simpel.

Digital marketing sebenarnya adalah segenap metode pemasaran yang melibatkan Internet dan peralatan elektonik.  Social media marketing, content marketing, dan SEO, semuanya masuk di bawah payung istilah digital marketing.

Strategi digital marketing sangat penting karena sesuai dengan gaya hidup masyarakat terkini.  Buktinya?

Riset menunjukkan, sejak tahun 2000, intensitas manusia mengakses dunia maya meningkat hingga rata-rata 9,4 jam sehari. Dalam seminggu, rata-rata seseorang akan menghabiskan minimal 24 jam berselancar di Internet, didukung dengan kemudahan yang ditawarkan oleh ponsel pintar.

Seorang pelaku usaha yang pintar tidak akan menyia-nyiakan kesempatan ini. Beberapa telah mencobanya, dan ilustrasinya bisa Anda lihat di grafik di bawah ini:

 

grafik digital marketing

 

Melalui blog perusahaan, 57% perusahaan yang disurvey berhasil menjaring customer baru. Sekitar 62% mendapatkannya via LinkedIn, 52% dari Facebook. Platform microblogging Twitter secara tak disangka-sangka  juga berhasil mendongkrak customer hingga 44%.

Angka itu bukannya tanpa alasan. Rata-rata orang menghabiskan 30 menitnya surfing di Facebook setiap hari, atau kira-kira 2 tahun penuh seumur hidup. Sebab itu, strategi digital marketing yang solid dan menyasar media sosial tertentu akan menumbuhkan revenue perusahaan hingga 2,8 kali lipat.

Lebih banyak revenue berarti lebih banyak kesempatan untuk company growth.

Singkat kata: digital marketing akan memberi Anda lebih banyak untung.

Memahami dan menggunakan digital marketing bukan hanya pilihan, melainkan keharusan agar bisnis Anda tidak akan pernah menemui jalan buntu di tengah persaingan yang semakin ketat. Alasannya?

Anda bisa menyimaknya dalam poin-poin berikut.

 

  1. Skala Perusahaan Anda Bukan Halangan

Melalui digital marketing, bahkan perusahaan yang baru dimulai atau startup skala kecil bisa bersaing head to head dengan brand-brand besar. Ilustrasi mudahnya, Anda tidak harus menyewa tempat di Internet dengan budget besar dan outlet fisik yang hanya bisa menyasar konsumen di lokasi tertentu.

Yang perlu Anda lakukan hanyalah menentukan target Anda, lalu membuat strategi digital marketing yang sesuai. Slogan, konten, dan pembacaan demografi yang tepat, semuanya bisa Anda kerahkan untuk membuat produk Anda semakin familier di mata konsumen. Tidak peduli seberapa besar skala perusahaan Anda, siapa pun bisa memulainya!

 

2. Lebih Hemat Dana

Sudah menjadi rahasia umum bahwa gaya pemasaran konvensional sangat memakan biaya. Berlembar-lembar pamflet yang Anda cetak? Billboard besar yang Anda pasang di jalan? Dengan digital marketing, Anda tidak perlu memaksakan semua itu.

Pasalnya, target utama digital marketing adalah CPL (cost-per-lead) yang rendah.

Semakin rendah angka CPL, semakin efektif cara Anda menggunakan budget perusahaan. Anda akan tercengang ketika tahu bahwa beberapa blog post SEO-optimized, E-mail, dan post sosial media yang harganya mendekati gratis bisa lebih efektif meraup customer daripada papan iklan berharga belasan juta.

Pengetahuan tentang cara menjalankan digital marketing bisa Anda dapatkan melalui berbagai course dan referensi di Internet. Yang Anda perlukan hanyalah laptop dan gadget yang memadai.

Akan tetapi, agar strategi Anda semakin fool-proof, sebaiknya Anda menggunakan jasa konsultan marketing. Mereka adalah orang-orang yang memang terlatih untuk mengantarkan brand Anda agar menjadi yang terdepan di kategorinya. Tarifnya pun sepadan.

 

 

3. Lebih Mudah untuk Mendata dan Menganalisis

Target utama digital marketing adalah conversion rates yang tinggi. Ini cara baru dalam dunia marketing yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Dunia Internet berarti dunia data yang serba terintegrasi. Jika dulu Anda harus menyelenggarakan riset rumit dan menebak-nebak hal apa saja yang bisa membuat orang tertarik membeli produk atau jasa Anda, sekarang semuanya bisa dilihat dari data yang masuk.

Berapa orang yang mengunjungi blog Anda, berapa orang yang mengikuti mailing list Anda, topik apa yang paling banyak dibaca, jam berapa Instagram photo Anda paling banyak dilihat, gadget apa yang mereka gunakan, ini semua masuk sebagai data yang bisa dilihat sebagai conversion rates.

Melalui sosial media, lebih mudah juga bagi sebuah brand untuk menjangkau calon customernya. Dan seperti yang mungkin telah Anda tahu, orang cenderung merasa aman membeli dari pihak yang terasa familier dan menyenangkan di mata mereka.

Ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai eksperimen untuk mengetahui trik mana yang paling menjaring lebih banyak customer. Memberikan ruang untuk terus belajar.

 

4. Relatif Mudah Dilakukan

Reputasi brand adalah nyawa bagi perusahaan. Dan, di mana lagi Anda bisa melakukan itu dengan murah dan mudah jika bukan melalui Internet?

Untuk inilah digital marketing sangat diperlukan. Melalui sosial media, Anda memiliki ruang sendiri untuk menciptakan jenis reputasi atau image yang brand Anda butuhkan.

Caranya dengan membuat konten yang share-able, permainan menyenangkan seperti kontes atau giveaway, bahkan kuis. Anda juga bisa meminta saran dan masukan mengenai jenis produk atau konten melalui fitur komen. Dengan begitu, relasi antara brand dan target terjalin secara organik.

Gaya digital marketing yang hanya mengandalkan jualan produk secara langsung sudah mulai ketinggalan zaman.

Sebagai catatan, riset menunjukkan bahwa 84% generasi millennial pengguna Internet menyalakan adblocker; membuat Anda mustahil menyodorkan informasi tentang produk Anda begitu saja tanpa jaminan reputasi dan ulasan yang positif.  Jadi, pastikan Anda punya tim yang tepat untuk strategi digital marketing Anda.

 

Digital Marketing adalah Masa Depan

Agar bisnis bertahan dan berkembang, Anda harus mengakrabkan diri dengan lahan tempat target Anda banyak menghabiskan waktunya. Dan di masa depan, diperkirakan ikatan masyarakat kepada Internet akan semakin tinggi.

Inilah alasan mengapa perusahaan-perusahaan besar dunia semakin memberikan investasi mereka pada digital marketing. Diperkirakan, Amerika bahkan menganggarkan sekitar 120 billion hanya untuk digital marketing pada 2020 ini. Artinya, digital marketing semakin diyakini sebagai strategi wahid agar perusahaan Anda semakin cuan.

Jadi, segera susun strategi digital marketing Anda sebelum terlambat.

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !