Seputar Marketing — Instagram memang seperti dibuat untuk orang-orang bersosialisasi dengan sarana gambar. Tapi dewasa ini, Anda sebagai pemilik UKM juga bisa memaksimalkannya untuk strategi marketing digital yang sangat mumpuni.

Dengan jumlah pengguna 1 biliun lebih (dan diperkirakan akan terus bertambah), Instagram adalah target potensial untuk pemasaran produk Anda. Bagaimana cara memaksimalkannya agar bisnis Anda semakin sukses? Anda bisa mengecek paparan berikut.

Baca juga: Cara Menggunakan Instagram untuk Promosi Bisnis Anda

 

Mengapa Harus Menggunakan Instagram?

Banyak platform sosial media di luar sana, jadi mengapa harus Instagram? Simpel.

Sangat mudah untuk engage di Instagram dibanding platform lain. Sifatnya visual, simpel, mudah untuk segala kalangan dan usia, dan atraktif bagi konsumer muda seperti millennial ke bawah.

Penggunaan Mobile Platform

Instagram termasuk mobile platform, yang mana termasuk keuntungan karena 80% penggunaan social media saat ini benar-benar berpusat pada optimalisasi ponsek.

Kelebihan Instagram adalah bisa dilihat melalui layar komputer, tapi juga bisa melalui ponsel. Wajar, ponsel memang sangat kecil dan enak dibawa ke mana-mana. Anda bahkan bisa mencari apa yang ingin Anda beli untuk keperluan tertentu melalui ponsel sambil tiduran.

Orang-orang seperti inilah yang patut Anda targetkan sebagai pemilik UKM.

Dan Instagram juga bisa jadi lebih dari sarana visual. Sebagai pelengkap konten foto cantik, Anda bisa juga membuat profil media sosial yang menekankan misi dan tujuan brand Anda, mengedepankan produk Anda, dan menjaring ROI. Tapi terlebih dahulu, apa saja yang perlu diperhatikan?

  1. Konten Foto

Foto yang bagus adalah “nyawa” dari pemasaran via Instagram. Berbeda dengan Facebook yang masih mengedepankan narasi dan dinamika komentarnya, Instagram benar-benar menjerat hati viewer dalam detik pertama melalui foto yang memancing.

Jadi, foto Anda harus tajam, cantik, dan menarik. Itu berarti Anda harus menggunakan foto berkualitas tinggi selalu. Jika tidak, audiens akan melewatkan konten foto Anda begitu saja saat scrolling dashboard. Foto Anda harus cukup bagus untuk membuat mereka berhenti sejenak, membaca caption Anda, atau bahkan meneruskan mengeklik website di profil Anda.

  1. Caption yang Menarik

Foto memang bisa bicara seribu kata, tapi caption tidak kalah penting. Sekali Anda berhasil menarik perhatian audiens dengan foto Anda, beri susulan berupa caption yang tak kalah menarik.

Poin dari caption adalah membuat rangkaian kalimat yang menimbulkan engagement dengan audiens Anda. Buat rangkaian kata yang memancing perhatian, lalu diikuti dengan ajakan untuk call to action. Contohnya meminta komentar atau like, atau mengecek halaman website tertentu.

 

Instagram Bisa di-link dengan Facebook

Mungkin Anda sudah tahu bahwa Instagram berdiri di bawah perusahaan yang sama dengan Facebook. Bagaimanapun juga, keduanya tetaplah dua platform yang berbeda.

Jadi, mengapa tetap menggunakan Instagram jika Anda sudah punya Facebook? Jawabannya mudah. Anda bisa menghubungkan (linking) keduanya untuk menjangkau dua segmen audiens platform secara bersamaan.

Ketika Anda menjalankan ads di Facebook, Anda sekaligus juga menjalannya di Instagram. Atau jika Anda akan mengepos konten di Instagram, Anda bisa juga membuatnya otomatis terunggah di Facebook sekaligus. Menghubungkan kedua akun platform ini akan sangat menguntungkan untuk menghemat waktu dan tenaga dan juga membuat management akun media sosial Anda tetap konsisten.

 

Beriklan di Instagram?

Jika tahu menggunakannya, beriklan di Instagram adalah cara terbaik dan tercepat untuk menjaring revenue membludak.

Salah satu taktik terbaik adalah dengana dvertising. Betul bahwa konten yang bagus akan membuat follower Anda semakin setia, tapi agar social media presence Anda semakin kuat, Anda harus menggunakan Instagram advertisement. Anda bisa menargetkan demografi dan lokasi geografis tertentu sebagai segmen Anda, membuat mereka mengunjungi website Anda, lalu mengumpulkan data.

Iklan-iklan sponsor ini akan muncul di feed para pengguna Instagram yang masuk dalam target Anda. Bisa untuk customer yang Anda targetkan, bisa juga untuk menarget ulang (retarget).

Retargeting penting untuk mengingatkan kembali kepada para kustomer yang sudah mengunjungi dan memasukkan beberapa barang ke keranjang belanja website Anda, tapi lupa checkout. Nah, Facebook dan Instagram memenuhi kualifikasi ini.

Berminat tapi tidak tahu cara memulai? Anda bisa mulai membuat advertising campaign dengan guide di bawah ini.

 

  1. Kerja sama dengan Influencer

Apa pentingnya menjalin kolaborasi dengan user lain?

Jawabannya, sekali Anda menjalin hubungan dengan seorang influencer, Anda sama saja memaparkan konten mereka pada follower influencer tersebut (yang biasanya banyak). Bahkan jikapun Anda dan figur ini berada di industri yang sama, tidak menutup kemungkinan ada irisan follower yang berbeda.

Ini akan membuat brand Anda semakin dikenal dan terlihat dipercaya. Mereka pun juga mendapat keuntungan bisa mencobai produk Anda secara gratis. Jika mereka punya follower yang loyal dan mengulas produk Anda, para influencer ini bisa jadi ambassador untuk brand Anda—yang akan meningkatkan brand awareness.

  1. Gunakan Instagram Story dan Highlight

Instagram story adalah fitur yang mengizinkan user merekam keseharian dengan cepat dan mudah kepada para follower.

Bentuknya bisa foto, bisa video, yang akan di-compile dalam bentuk slideshow di bagian teratas Instagram. Biasanya, kompilasi ini akan tetap awet hingga 24 jam di akun Anda setelah penayangan sebelum akhirnya menghilang.

Instagram story sempurna untuk mempertonton behind the scene brand Anda. Orang senang mengetahui seluk beluk suatu brand, agar mereka semakin merasa teryakinkan bahwa brand Anda benar-benar bagus dan serius.

Misalnya jika Anda pemilik bisnis makanan, buatlah story tentang betapa Anda memilih bahan-bahan segar untuk masakan Anda setiap harinya.

Anda juga bisa menggunakan instagram story untuk mengetes engagement, misalnya membuat polling, melempar pertanyaan iseng, dan lain-lain!

Punya instagram story favorit? Simpan dengan cara mengubahnya menjadi highlight yang akan awet di header profil Instagram Anda selamanya. Highlight juga bisa Anda gunakan untuk menyimpan FAQ, tata cara order barang, dan sebagainya.

  1. Fitur Instagram for Business

Lalu, bagaimana Instagram akan membantu bisnis Anda?

Inilah bagian terbaiknya. Ketika meregistrasikan diri di platform ini, Anda akan diberi pilihan: profil Instagram biasa dan Instagram for Business.

Yang kedua tidak banyak diketahui orang, karena memang tidak semua pengguna Instagram berniat untuk go business. Tapi faktanya, ada lebih dari 25 juta brand rumahan maupun skala besar di platform Instagram. Dan agar tetap relevan di kancah persaingan, Anda harus menyetel Instagram for business.

Profil Instagram for business memberi Anda akses pada analytics, yang berarti Anda bisa melihat grafik stats dan demografi orang-orang yang memfollow Anda, memberikan likes, dan sebagainya. Dengan cara ini, Anda akan memahami target audiens Anda dengan lebih mendalam.

Dengan Instagram for business, Anda juga bisa mem-promote konten unggulan. Ini penting karena jam online para user berbeda-beda, dan dengan membludaknya konten di platform tersebut, bisa saja post terbaik Anda terlewat oleh mereka.

Jika Anda sudah punya akun Instagram biasa dan berniat untuk switch ke akun bisnis, Anda bisa mulai melakukannya dengan langkah-langkah sederhana berikut.

  1. Buka profil Anda via ponsel, lalu tekan menu tiga titik di bagian kanan paling atas
  2. Sebuah pop up berisi menu akan muncul. Di bagian terbawah, ada pilihan settings. Tekan, dan Anda akan melihat menu pilihan lain.
  3. Tekan “Switch to Business Profile”
  4. Anda kemudian akan diarahkan pada screenshot yang tampak seperti ini:
  5. instagram marketing untuk UKM
  6. Ikuti semua instruksinya, dan Anda pun siap untuk menjalankan Instagram for business! Anda akan bisa melihat opsi boost post, jalankan iklan, lihat insights, dan analytics.

 

Baca juga: Apa itu Pelanggan Ideal dan Cara Jitu untuk Mendapatkannya

 

Direct Contact Links

Hal menyenangkan lain dari Instagram adalah fitur call, email, dan directuon links yang tampak di bagian teratas profil Anda pasca mengeset business profile.

Ini akan memberi informasi akurat pada para kustomer potensial tentang bagaimana mereka menghubungi Anda. Bahkan jika diklik, link direction links langsung terhubung dengan Apple atau Google Maps.

Jadi, jangan lupa untuk meletakkan alamat Anda seakurat mungkin agar kustomer tidak kebingungan.

 

IG TV: Video Panjang Dari Anda untuk Follower

Satu fitur lain yang baru diluncurkan oleh Instagram adalah IG TV. Tapi, mengapa Anda harus menggunakan Instagram TV?

Fitur ini mengizinkan Anda mengunggah video-video panjang melalui channel dalam format vertikal. Followers bisa membagikan, memberi komentar, dan memberikan komentar di sini sebagaimana post biasa.

IG TV bisa diletakkan di bagian teratas profil. Dengan cara ini, Anda bisa membangun kedekatan dengan follower secara natural dan menyenangkan.

Hal-Hal yang Perlu Dicatat dalam Beriklan Menggunakan Instagram

Kini setelah Anda mengetahui alasan mengapa sebaiknya Anda menggunakan Instagram, ada beberapa aturan yang perlu Anda catat agar campaign Anda sukses.

Pertama, konsistenlah dalam memilih username. Harus bagus, tapi cocok dengan profil Anda, Google MyBusiness, LinkedIn, dan akun-akun branding lain milik Anda. Memilih nama yang berbeda-beda justru akan membuat user bingung.

Kedua, tata instagram bio yang bagus. Ada kendala di mana karater yang diizinkan hanya 150, tapi Anda bisa memaksimalkannya seunik dan seinformatif mungkin. Mungkin sedikit background tentang profil bisnis Anda, lalu website URL, dan alamat. Beri emoji jika kebetulan image brand Anda tidak harus kaku.

Ketiga, masukilah ranah ini dengan perencanaan yang matang. Kebanyakan campaign gagal karena mereka fokus membuat konten tapi tidak merencanakan strategi yang pas dan fleksibel. Mulailah dengan membuat content calendar, dan atur layout, atur pula frekuensi berapa kali Anda akan mengunggah konten dalam seminggu. Dan lain-lain.

Dan yang keempat, pahamilah bahwa setiap bisnis berbeda-beda. Jangan keburu minder karena sebuah brand tampaknya melakukan suatu strategi yang tidak Anda lakukan, lalu ikut-ikutan. Tidak! Yang bekerja untuk orang lain belum tentu akan berguna bagi Anda, dan begitupula sebaliknya.

Jika masih tidak percaya diri, Anda bisa terus menggali ilmu dari beragam webinar, seminar, bahkan buku-buku yang kini banyak beredar di pasaran. Atau menyewa jasa konsultan marketing yang pastinya dapat dengan cepat memahami di mana kekurangan dan kelebihan bisnis, lalu merangkai strategi yang pas untuk kesuksesan brand Anda.

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !