Seputar Marketing – Pada era digital saat ini, persaingan bisnis yang kian ketat membuat para pebisnis harus berpacu melahirkan berbagai inovasi dan terobosan terbaru. Tujuannya adalah agar dapat menarik perhatian audiens yang berpotensi menjadi calon pelanggan.

Dalam menghadapi persaingan tersebut, salah satu strategi marketing yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan konten marketing. Konten marketing adalah strategi marketing dimana kita merencanakan, membuat, dan mendistribusikan konten yang mampu menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong mereka menjadi customer.

Baca juga: Strategi Digital Marketing Melalui Blog dan Manfaatnya

Jenis Konten Marketing

Jenis konten juga dapat mempengaruhi bagaimana konten Anda dapat menarik perhatian orang banyak. Setelah Anda memikirkan topik-topik apa saja yang ingin Anda bahas, kemudian perlu memikirkan jenis konten apa yang ingin Anda buat. Ada berbagai jenis konten yang bisa Anda pilih. Berikut adalah beberapa jenis konten marketing yang paling banyak digunakan:

  • Blog post
    Blog post adalah jenis konten yang paling sering digunakan dalam content marketing. Blog post biasanya tersedia di website Anda dan dirilis secara rutin untuk menarik pengunjung baru ke website Anda. Post Anda harus memiliki nilai agar audience tertarik untuk membaca dan membagikannya melalui social media.

 

Mengenal Content Marketing

 

  • Ebooks
    Ebooks adalah tools untuk mengumpulkan lead yang dapat diunduh oleh konsumen potensial setelah mengirimkan formulir utama (seperti bergabung dengan newsletter Anda) dengan informasi kontak mereka. Ebooks biasanya lebih panjang, lebih mendalam, dan dipublikasikan lebih jarang daripada postingan blog, yang ditulis untuk menarik pengunjung ke situs web.

 

Mengenal Konten Marketing

 

  • Template
    Template adalah format konten yang praktis untuk dicoba karena menghasilkan lead untuk Anda sambil memberikan nilai yang lebih tinggi kepada audience Anda. Saat Anda memberi audience template untuk menghemat waktu dan membantu mereka sukses, mereka cenderung akan lebih terlibat dengan konten Anda di masa yang akan datang.

 

Mengenal Konten Marketing

 

  • Infographics
    Infographics dapat mengatur dan memvisualisasikan data dengan cara yang lebih meyakinkan daripada kata-kata saja. Ini adalah format konten yang bagus untuk digunakan jika Anda mencoba berbagi banyak data dengan cara yang jelas dan mudah dimengerti.

 

Mengenal Content Marketing

 

  • Video
    Video adalah media konten yang sangat menarik yang dapat dibagikan di seluruh platform media sosial dan situs web. Video memerlukan investasi waktu dan sumber daya yang lebih besar daripada konten tertulis, namun dengan meningkatnya popularitas visual marketing, konten video lebih menarik jika dibagikan melalui social media.

 

Mengenal Content Marketing

Link untuk melihat video Seputar Marketing

  • Podcast
    Memulai podcast akan membantu audience menemukan brand Anda jika mereka tidak mempunyai waktu atau minat untuk membaca konten setiap hari. Jumlah pendengar podcast semakin berkembang pada tahun 2016 yakni sekitar 57 juta orang mendengarkan podcast setiap bulannya. Jika Anda memiliki orang yang menarik untuk diwawancarai atau melakukan percakapan dengan host, pertimbangkan podcasting sebagai format konten lain untuk bereksperimen.

 

Mengenal Content Marketing

 

  • Webinar
    Dengan makin berkembangnya internet, kini semakin banyak tugas manusia yang bisa dilakukan menjadi lebih mudah. Salah satu aktivitas yang bisa dilakukan melalui internet adalah webinar (web dan seminar). Webinar adalah kemajuan teknologi yang memungkinkan kita untuk  membuat seminar tanpa harus bertemu secara fisik satu sama lain. Konsep webinar menjadi pilihan solutif untuk keperluan pertemuan di era digital seperti saat ini.

 

Mengenal Content Marketing

 

Baca juga: Pengertian, Layanan, dan Manfaat Marketing Agency

Manfaat Konten Marketing

Manfaat#1. Brand awareness
Dalam salah satu temuan dijelaskan bahwa pelanggan merasakan hubungan yang lebih dekat dan positif, sehingga membuat strategi konten menjadi alat yang sangat berharga untuk memperkuat hubungan pelanggan. Semakin sukses konten Anda, semakin banyak orang akan mengingat brand Anda dan menciptakan kesan positif. Untuk lebih meningkatkan brand awareness, konten yang Anda buat bisa menggunakan platform social media.

Manfaat#2. Search Engine Optimisation (SEO)
SEO adalah sebuah proses atau upaya untuk meningkatkan visibilitas sebuah website atau suatu halaman website dalam pencarian organik. Strategi content marketing dan SEO adalah dua hal yang bisa menjadi penentu kesuksesan website dan bisnis online yang Anda jalankan.

Manfaat#3. Memperluas target konsumen
Social media bisa menjadi strategi untuk bertemu orang-orang baru. Bergabunglah dengan pelanggan di social media, setelah artikel Anda diposkan ulang, dan menulis guest post adalah strategi yang sangat baik untuk menarik pelanggan dan mendapatkan nama Anda di luar sana.

Jika pos Anda menunjukkan nilai, maka akan diposting dan dibagikan. Perkenalan kepada brand Anda melalui artikel yang menarik akan membantu menarik pelanggan baru.

Manfaat#4. Mempengaruhi konversi
Jika orang menikmati konten Anda, mereka akan merasakan koneksi yang lebih dekat dengan brand, lebih mempercayai brand tersebut, dan karena itu lebih terbuka terhadap konversi. Link-to-action atau link ke produk yang ditempatkan dengan baik dalam artikel Anda dapat berdampak baik bagi keseluruhan strategi konten Anda dengan mengarahkan pengguna ke halaman yang sesuai dengan kebutuhannya.

Manfaat#5. Membangun loyalitas
Konten yang menarik dapat membawa pelanggan kembali setelah melakukan pembelian dan membuat brand Anda lebih bermanfaat. Ini membantu Anda menghasilkan pembelian berulang.

Dengan memaksimalkan konten marketing, maka target audiens Anda untuk menjadikan mereka pelanggan akan tercapai. Membuat konten marketing yang bisa membantu dan menarik kebutuhan audiens akan meningkatkan penjualan produk yang Anda tawarkan. Namun, membuat konten marketing yang baik dan mudah dipahami audiens membutuhkan keahlian khusus. Untuk itu Anda membutuhkan marketing agency yang melayani pembuatan konten marketing demi kemajuan bisnis Anda.

 

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !