SeputarMarketing – Marketing plan atau rencana pemasaran adalah uraian yang menjelaskan secara spesifik mengenai apa saja yang ingin Anda lakukan untuk menarik minat pelanggan dan klien terhadap produk atau jasa agar mereka membeli produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Sebelum Mengembangkan Marketing Plan

Anda tidak dapat mengembangkan marketing plan tanpa melakukan riset pasar (market research). Dengan market research dapat mengarahkan marketing plan, memberikan informasi penting tentang pelanggan yang potensial (target pasar Anda), serta kelayakan produk dan layanan Anda.

Market research meliputi pemantauan industri dan tren ekonomi, panduan dalam persaingan menentukan harga atau pelayanan kepada pelanggan, dan menentukan cara terbaik untuk mencapai target pasar Anda melalui iklan atau media sosial, dan lainnya. Agar tujuan bisnis bisa mudah tercapai, Anda bisa menggunakan jasa konsultan marketing yang sudah berpengalaman di bidangnya.

Baca juga: Peran dan Manfaat Menggunakan Jasa Konsultan Marketing

Marketing Plan Terdiri dari:

1. Ringkasan bisnis plan
Yang dimaksud ringkasan eksekutif adalah kesimpulan penting dari marketing plan. Ringkasan eksekutif harus ditulis dengan singkat, padat, jelas, dan menjual.

2. Deskripsi bisnis
Bagian ini menjelaskan tentang bisnis apa, termasuk lokasi, nama pemilik bisnis, situasi bisnis saat ini (posisi di pasar), pernyataan misi perusahaan dan nilai inti, dan faktor eksternal yang saat ini mempengaruhi bisnis sekarang atau mungkin melakukannya di masa depan.

Pada bagian ini menjelaskan mengenai bisnis, termasuk lokasi, nama pemilik bisnis, situasi bisnis saat ini (posisi di pasar), misi perusahaan dan nilai-nilai, serta faktor eksternal yang mempengaruhi bisnis saat ini maupun di masa mendatang.

3. Sasaran pasar
Target bisnis yang ingin dicapai pelanggan:

  • Respons pasar dan tren di masa depan.
  • Informasi demografis, seperti usia, jenis kelamin, agama, status perkawinan, tingkat pendidikan, jumlah keluarga, latar belakang etnis dan budaya, tingkat pendapatan, dan lainnya.
  • Kepentingan pelanggan, kebiasaan, keinginan, dan kebutuhan, serta bagaimana faktor-faktor ini berhubungan dengan permintaan akan produk atau layanan perusahaan.

4. Keunikan proposisi penjualan
Ini menggambarkan bagaimana perusahaan akan memperoleh keunggulan yang kompetitif di pasar dengan memberikan sejumlah manfaat:

  • Menyediakan produk yang unik atau superior.
  • Memberikan harga yang lebih rendah.
  • Menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik.

5. Analisis SWOT dan persaingan
Pada bagian ini membandingkan kekuatan perusahaan, kelemahan, peluang, dan ancaman (yang dikenal sebagai analisis SWOT) dengan persaingan, sehingga perusahaan dapat menjelaskan kepada pelanggan mengapa mereka harus memilih produk atau layanannya daripada pesaingnya. Hal ini juga menyoroti area di mana bisnis perlu ditingkatkan untuk bersaing lebih efektif. Oleh sebeb itu penting bagi Anda menggunakan jasa konsultan marketing untuk mencapai tujuan bisnis.

6. Rencana distribusi/pengiriman
Distribusi dan pengiriman menguraikan bagaimana perusahaan akan menjual/mengantarkan produk Anda ke pelanggan. Metode penjualan dan pengiriman meliputi ritel, grosir, langsung ke rumah atau ke lokasi bisnis, atau online.

7. Tujuan pemasaran
Tujuan marketing plan adalah untuk identifikasi dan kreasi keunggulan kompetetif. Perencanaan pemasaran merupakan bentuk nyata perusahaan untuk memberikan tanggapan strategis pada pola persaingan global yang berubah, yakni:

  • Penyesuaian ukuran bisnis
  • Perubahan lingkup produk maupun pasar
  • Penciptaan hubungan jaringan kerja yang baru dengan organisasi lainnya

8. Pelaksanaan marketing plan
Pelaksanaan marketing plan meliputi informasi rinci tentang produk/layanan yang akan dijual, termasuk deskripsi produk, manfaat produk/layanan versus persaingan, strategi penetapan harga, dan rencana bagaimana produk/layanan dipromosikan, baik dengan menggunakan metode iklan tradisional atau online menggunakan media sosial. Kemudian termasuk memberikan informasi tentang bagaimana dukungan pelanggan after sales.

9. Anggaran
Anggaran marketing ini meliputi rincian biaya marketing plan. Dari hasil analisis biaya/manfaat menunjukkan bagaimana menerapkan marketing plan harus menghasilkan peningkatan penjualan dan pendapatan.

Baca juga: Strategi marketing Bisnis Kontraktor dan Desain Interior

 

Manfaat Marketing Plan

Membuat marketing plan secara terperinci adalah sesuatu yang sangat penting bagi sebuah perusahaan. Pemasaran sama pentingnya dengan produk atau layanan yang Anda berikan. Berikut ini enam manfaat dari marketing plan:

1. Untuk mencapai koordinasi aktivitas pemasaran yang lebih baik.
2. Dapat mengidentifikasi sejauhmana perkembangan perusahaan
3. Menjadi acuan bagaimana perusahaan harus berubah
4. Dapat menjadi alat untuk menghindari konflik tentang bagaimana perusahaan harus bergerak
5. Dapat menjadi sumber informasi bagaimana kebijakan perusahaan harus dibuat atau diperbarui
6. Menjadi acuan supaya manajer bergerak dan berpikir ke arah yang lebih sistematis

Keuntungan Lain dari Marketing Plan

  • Memberikan kejelasan siapa target market. Lebih mudah untuk menemukan klien dan pelanggan jika Anda tahu siapa mereka.
  • Membantu membuat pesan pemasaran yang akan memberikan hasil. Pemasaran adalah tentang mengetahui apa yang dapat dilakukan produk atau layanan Anda untuk membantu target pasar. Pesan Anda perlu berbicara langsung dengan pasar Anda.
  • Menyediakan fokus dan arah. Email, media sosial, periklanan, blog, surat langsung, publisitas, dan seterusnya. Dengan begitu banyak pilihan pemasaran, Anda memerlukan sebuah rencana untuk menentukan tindakan terbaik untuk bisnis Anda.

Dengan menggunakan marketing plan dan menerapkannya dalam bisnis Anda, maka tujuan bisnis akan mudah tercapai. Karena marketing plan merupakan peta jalan yang memberi arahan bagi bisnis Anda. Untuk mempermudah dalam mencapai tujuan bisnis, Anda bisa menggunakan jasa konsultan marketing yang terpercaya, yakni Seputar Marketing. Seputar Marketing adalah sebuah brand milik Darta Corporation yang dibangun dengan tujuan untuk membantu bisnis lain, serta masyarakat Indonesia agar dapat berkembang dan sukses.

Di bawah ini Anda bisa mendownload template marketing plan dari kami.

Jasa Konsultan Marketing

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !