Seputar Marketing – Mengembangkan bisnis dengan memanfaatkan media sosial adalah cara efektif dilakukan para pebisnis. Karena banyak keunggulan atau manfaat yang bisa diperoleh dengan menggunakan media sosial. Anda akan mudah berinteraksi dengan jangkauan yang lebih luas kepada pelanggan maupun calon pelanggan. Agar bisnis yang Anda pasarkan melalui media sosial lebih maksimal, Anda bisa menggunakan jasa sosial media marketing yang sudah berpengalaman.

Mengapa bisnis Anda perlu menggunakan media sosial? Berikut penjelasannya.

Alasan Menggunakan Media Sosial

 

Jasa sosial media marketing

 

1. Memberitahu kepada khalayak bahwa Anda memiliki bisnis yang sedang dijalankan. Ini bertujuan untuk menambah jumlah follower atau target pemasaran serta memperkenalkan produk Anda dengan jangkauan yang lebih luas dan biaya yang relatif lebih murah atau bahkan gratis.

2. Melalui media sosial, Anda dapat mengetahui kesan pelanggan atas barang atau jasa yang Anda tawarkan secara online. Hal ini sangat baik untuk memperoleh feedback yang cepat, sehingga Anda dapat meningkatkan kualitas.

3. Media sosial menawarkan komunikasi lebih interaktif dengan follower atau pengguna produk dan layanan Anda.

4. Media sosial memberikan Anda kemudahan untuk meluncurkan produk baru atau meng-upgrade produk yang Anda sedang pasarkan. Anda dapat mengundang pelanggan untuk mencoba produk baru tersebut sekaligus memberikan feedback yang dapat menarik follower lainnya untuk mencoba hal yang sama.

5. Jika Anda beriklan (berbayar) pada media konvensional, maka biaya yang akan dikeluarkan jauh lebih mahal. Sedangkan bila beriklan di media sosial, Anda dapat menentukan durasi waktu iklan, jangkauan, dan berapa follower yang Anda inginkan sesuai budget yang dimiliki.

Baca juga: Mengenal Marketing Plan + Download Template Gratis

Penggunaan Media Sosial di Indonesia

Berdasarkan laporan Tetra Pak Index 2017, tercatat ada sekitar 132 juta pengguna internet di Indonesia. Sementara hampir setengahnya adalah penggila media sosial, atau berkisar di angka 40 persen. Dan tercatat lebih dari 106 juta orang Indonesia menggunakan media sosial setiap bulannya, serta 85 persen di antaranya mengakses media sosial melalui perangkat seluler.

Meningkatnya penetrasi internet dan banyaknya variasi pilihan media digital berimbas pada maraknya para pelaku industri memproduksi berbagai jenis iklan secara online. Para konsumen pun disuguhkan dengan berbagai macam pilihan produk yang kini lebih mudah untuk dilihat, atau bahkan dibeli tanpa harus melihat produk aslinya.

 

Jasa sosial media marketing

 

Nielsen Cross Platform Report 2017 mencatat lebih dari 60 persen konsumen di kelompok usia 21-49 tahun seringkali melakukan pencarian lebih lanjut setelah melihat iklan video online, dan lebih dari 30 persen konsumen seringkali melakukan pembelian secara online.

Cara Kerja Media Sosial

  • Membuat konten informasi mengenai produk atau layanan Anda
  • Berinteraksi dengan calon pelanggan untuk menciptakan prospek penjualan
  • Sarana penjualan secara online
  • Memberikan respons terhadap keluhan pelanggan agar dapat meningkatkan pelayanan
  • Memberikan promosi penjualan kepada calon pelanggan
  • Mendatangkan traffic ke website atau blog bisnis

Platform Media Sosial Terpopuler

Berdasarkan data di atas, Indonesia merupakan salah satu negara pengguna media sosial terbanyak di dunia. Platform media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia, terutama yang digunakan untuk memasarkan bisnis (iklan berbayar ataupun gratis) adalah Facebook, Instagram, YouTube, Twitter, dan Google Plus. Berikut penjelasan dari masing-masing platform tersebut.

 

Jasa sosial media marketing

 

  • Facebook

Media sosial ini memiliki pengguna setia di seluruh dunia yang jumlahnya sudah mencapai sekitar 2 miliar. Dengan berbagai inovasi yang selalu memanjakan penggunanya, Facebook menjadi salah satu media sosial terpopuler di Indonesia saat ini.

Pada 2017 lalu, Indonesia menjadi salah satu negara dengan pengguna Facebook terbanyak di dunia dengan jumlah user mencapai 110 juta akun. Besarnya jumlah pengguna Facebook tersebut membuat banyak pebisnis dan pedagang online yang mengiklankan bisnis mereka di Facebook.

Baca juga: Pengertian dan Manfaat Email Marketing

  • Instagram

Posisi kedua media sosial terpopuler di Indonesia adalah Instagram. Pada 2017, jumlah pengguna Instagram di Indonesia mencapai lebih dari 45 juta orang. Indonesia menjadi negara dengan pengguna Instagram terbanyak se-Asia Pasifik.

Media sosial berbasis gambar dan video singkat ini juga merupakan tempat beriklan yang sangat efektif bagi para pebisnis online. Selain itu, content creator, artis, dan pekerja seni lainnya sangat aktif menggunakan media sosial ini.

  • YouTube

Selanjutnya adalah Youtube. Media sosial ini sering digunakan untuk saling berbagi konten dan komentar. Faktanya, YouTube adalah sebuah media sosial berbasis video, dimana para penggunanya bisa berbagi video mereka dan saling memberikan komentar. Pengguna YouTube di Indonesia saat ini sudah mencapai 50 juta orang.

  • Twitter

Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna Twitter terbanyak di dunia. Menurut data dari Twitter South East Asia and Australia, pada 2016 lalu, hanya di Indonesia saja yang jumlah tweet mencapai 4,1 miliar.

Meski Twitter mendapat persaingan ketat dari media sosial lainnya, namun, Twitter tetap memiliki keunikan tersendiri yang tidak bisa diimbangi media sosial lainnya, yaitu kecepatan dalam berita, fitur hashtag, trending, dan lainnya.

  • Google Plus (Google+)

Media sosial selanjutnya adalah Google Plus. Media sosial ini tak kalah populernya dengan media sosial lainnya. Jumlah pengguna email Google sudah mencapai lebih dari 2 miliar dan menjadi media untuk promosi Google Plus.

 

Jasa sosial media marketing

 

Di dalam menggunakan sosial media marketing terdapat kelebihan dan kekurangan. Berikut ini uraiannya.

Kelebihan Media Sosial Marketing

1. Jangkauan luas
Media sosial mampu menjangkau siapa pun yang menggunakannya, apakah itu calon konsumen ataupun bisnis lain yang juga membutuhkan jasa atau produk dari bisnis Anda. Mereka dapat memanfaatkan media sosial dalam melakukan pencarian produk atau jasa yang mereka butuhkan. Dengan demikian bisnis yang Anda tawarkan melalui media sosial bisa berjalan efektif.

2. Meningkatkan traffic website
Salah satu keuntungan terbesar dari media sosial bagi bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Selain berkunjung ke website Anda, mereka juga akan membantu menyebarkan informasi bermanfaat yang ada di website.

3. Membagi informasi lebih cepat
Dengan media sosial, penyampaian informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat. Bagi bisnis online yang memiliki konsumen yang tersebar di berbagai tempat, media sosial bisa dijadikan sebagai media komunikasi yang efektif dengan konsumen.

4. Biaya terjangkau
Dibandingkan dengan bentuk media pemasaran lainnya, beriklan di media sosial lebih terjangkau. Bahkan bisa bebas biaya alias gratis jika Anda melakukan promosi melalui media sosial pribadi. Anda bisa membuat akun di semua platform media sosial dan bebas memposting ke follower Anda.

Kekurangan Media Sosial Marketing

1. Pengelolaan khusus
Akun media sosial yang Anda miliki perlu dikelola dengan baik dan berkelanjutan. Tujuannya adalah agar interaksi Anda dengan follower tetap terpelihara. Untuk itu Anda perlu menyiapkan orang yang secara khusus menyediakan waktu untuk mengelola media sosial Anda.

2. Bisa menjadi bumerang
Ketika Anda melakukan kesalahan dalam memasarkan produk dan layanan melalui media sosial, maka dampaknya akan merugikan bisnis Anda.

Tips Menggunakan Media Sosial Marketing

Hal-hal yang perlu dilakukan:

  • Menentukan tujuan atau target yang ingin Anda capai melalui media sosial
  • Membangun network yang kuat agar lebih mudah memperluas jangkauan bisnis
  • Konsistensi suatu media sosial sangat dibutuhkan untuk membangun image Bahkan brand suatu perusahaan bisa tergambar melalui akun media sosial
  • Bisa menjadi pendengar yang baik terhadap kritik, saran, dan juga komplain dari para pelanggan
  • Membuat konten yang menarik agar pelanggan Anda mau melihat dan membacanya
  • Bersosialisasi dengan pelanggan Anda melalui fitur chat atau komentar
  • Melakukan komunikasi secara rutin demi meningkatkan engagement

 

Hal-hal yang jangan dilakukan:

  • Membangun network secara cepat dan terburu-buru
  • Hanya menggunakan satu platform media sosial
  • Spamming dengan meng-update konten secara berlebihan
  • Jangan terlalu menunjukan kepada pelanggan bahwa Anda sedang melakukan hardselling

Dengan media sosial marketing, bisnis yang Anda pasarkan melalui media sosial bisa lebih terukur dan tepat sasaran. Media sosial dapat menjangkau semua kalangan, biaya lebih terjangkau bahkan gratis, membangun hubungan dengan pelanggan, dan bertukar informasi.

Agar bisnis yang Anda pasarkan bisa berjalan efektif melalui media sosial, Anda bisa menggunakan jasa social media marketing. Melalui Seputar Marketing, kami dapat membantu dan memberikan solusi bagi bisnis Anda.

Di bawah ini Anda bisa mendownload social media marketing template secara gratis.

Jasa Social Media Marketing

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !