Seputar Marketing – Pada era digital saat ini hampir semua orang memiliki email (surat elektronik) untuk beragam keperluan, baik itu untuk keperluan kerja, bisnis, media sosial, hingga transaksi online.

Di dunia internet marketing, memanfaatkan email list untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing yang sangat efektif, karena penawaran kita bisa langsung masuk ke inbox email calon pelanggan dan dibaca oleh mereka.

Baca juga: Pengertian, Jenis dan Manfaat Konten Marketing

 

Pengertian Email Marketing

 

Manfaat Email Marketing

Email marketing adalah cara pemasaran yang sering dilakukan oleh para pelaku bisnis online dengan memanfaatkan media email (surat elektronik). Email marketing dikirimkan kepada calon pelanggan yang belum pernah membeli produk, dan juga kepada yang sudah menjadi pelanggan. Selain mengirimkan email penawaran produk ke calon pembeli, media email juga sering digunakan sebagai media untuk menjalin hubungan baik dengan para subscriber melalui email news letter.

Dengan email marketing, seorang pengusaha dapat selalu terhubung dengan pelanggan ataupun calon pelanggan mereka secara terus menerus. Selain untuk menawarkan produk, email marketing juga dapat membuat hubungan antara pebisnis dengan para pelanggan mereka tetap terjaga dengan baik dalam jangka panjang.

Baca juga: Strategi Digital Marketing Melalui Blog dan Manfaatnya

 

Jenis Email Marketing

Ada beberapa jenis email marketing yang dilakukan oleh para pengusaha online, seperti direct email, retention email, dan beriklan di email list orang lain.

  • Direct Email

Direct email adalah pesan yang Anda kirim ke list email pelanggan dimana email tersebut adalah berisi pesan penawaran atau promosi. Direct email bisa dalam bentuk teks saja atau bisa juga dalam bentuk HTML yang berisi pesan dalam bentuk multimedia yang menarik.

Manfaat Email Marketing

 

  • Retention Email

Retention email adalah email yang dikirimkan kepada pelanggan lama agar tetap terhubung dengan bisnis yang dijalankan. Isi pesan retention email biasanya bertujuan untuk menjaga hubungan baik antara pengusaha dan para pelanggan, ini adalah salah satu cara berbeda untuk menawarkan produk ke pelanggan. Dengan begitu, kita akan lebih mudah untuk memasarkan produk atau jasa baru kepada para pelanggan dengan pendekatan yang unik.

  • Beriklan di Email Orang Lain

Jenis ini adalah salah satu bentuk marketing yang sangat efektif dalam pemasaran secara online. Bagi kita yang belum memiliki banyak email list dan subscriber, kita bisa memanfaatkan email list dari publisher lain dengan membayarkan sejumlah uang kepada mereka agar mau mengirimkan email kepada list mereka, dimana di dalam email tersebut terdapat pesan promosi bisnis kita.

Baca juga: Pengertian, Layanan, dan Manfaat Marketing Agency

 

Manfaat Email Marketing

  1. Bersifat Pribadi

Email marketing yang bersifat pribadi/personal biasanya akan mendapat perhatian lebih besar dari para pelanggan atau calon pelanggan. Saat pelanggan/calon pelanggan merasa nyaman menerima email dari kita, maka akan jauh lebih mudah untuk menawarkan apa pun pada mereka melalui email yang kita kirimkan.

  1. Informasi Terkirim Lebih Cepat

Mengirimkan pesan promosi atau penawaran melalui media surat pos biasanya jauh lebih lama dibandingkan dengan email. Ditambah lagi, kita juga harus menunggu respons pelanggan melalui surat yang mereka kirimkan melalui pos, pasti akan memakan waktu lama dan tidak efektif. Dengan email marketing, kita bisa menjangkau para pelanggan dalam waktu yang sangat cepat langsung ke email pribadi mereka, sehingga hasilnya akan kita dapatkan lebih cepat.

  1. Biaya Jauh Lebih Murah

Kita membutuhkan layanan dari penyedia email responder, namun biaya ini akan jauh lebih murah dan efektif dibandingkan jika kita menggunakan surat fisik. Tingkat responsif direct mail biasanya lebih tinggi, itulah sebabnya mengapa email marketing sangat menguntungkan.

  1. Kampanye Dapat Diukur

Kampanye yang kita lakukan melalui email marketing dapat kita ukur dengan baik, karena kita dapat melihat berapa email yang terkirim pada pelanggan dan bagaimana respons pelanggan tersebut. Dengan begitu, kita bisa melakukan analisa lebih baik terhadap kampanye yang dilakukan dan bisa segera melakukan perubahan pada kampanye saat diperlukan.

  1. Membangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Kita bisa dengan mudah menjalin hubungan baik dengan para pelanggan dan calon pelanggan melalui email marketing. Email yang kita kirimkan bisa berupa tips, informasi penting, promosi produk, dan lain-lain, dengan cara yang lebih mudah.

Banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari email marketing ini, maka Anda tentunya harus membangun email list para pelanggan dan calon pelanggan Anda.

 

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !