Seputar Marketing – Di era digital saat ini, memasarkan produk melalui blog sudah menjadi srategi pemasaran yang dianggap cukup jitu di berbagai jenis bisnis, terutama yang berbasis online. Apa langkah-langkahnya, manfaatnya, dan kiat-kiatnya, berikut penjelasan mengenai strategi digital marketing melalui blog.

 

Langkah-langkah Strategi Digital Marketing Melalui Blog

  1. Membuat Konten

Ada beberapa jenis konten yang dibuat untuk kepentingan digital marketing, yaitu infografik, gambar, video, e-book, dan lain sebagainya. Dalam membuat konten, pengelola blog haruslah kreatif dan dapat memancing keingintahuan pengunjung ataupun konsumen mengenai produk yang Anda tawarkan.

  1. Digital Display Advertising

Digital display advertising merupakan salah satu bagian dari teknik Search Engine Marketing (SEM), dimana pelaku bisnis online menggunakan iklan berupa teks, banner, gambar, ataupun video. Metode ini adalah metode yang cukup hemat, dimana yang Anda butuhkan adalah menyewa jasa digital marketing yang mampu membuat konten dengan isi yang menarik.

  1. Mobile Marketing

Salah satu syarat blog yang baik adalah blog yang memiliki dan menerapkan Search Engine Optimization (SEO). Alasan tersebut didasarkan pada mobile marketing, dimana pada saat ini banyak sekali orang yang berselancar di dunia maya menggunakan komputer, laptop, ataupun gadget (smartphone, tablet, dan lainnya).

  1. Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing merupakan bagian dari Search Engine Marketing, dengan membuat promosi yang bersifat mengarahkan ke blog Anda melalui sejumlah social media, seperti Twitter, Facebook, Instagram, Google+, dan lain-lain.

Strategi Digital Marketing

 

Baca juga: Pengertian dan Jenis Digital Marketing

 

Manfaat Digital Marketing Melalui Blog

  1. Dapat Menambah Pengunjung Website Anda

Blog bisnis merupakan bagian tak terpisahkan dari strategi pemasaran online. Dengan kata-kata kunci yang pas, pengunjung blog bisnis Anda akan berkembang pesat.

Apabila konten blog Anda menyelesaikan sebuah masalah yang sering dicari orang di Google, pembaca akan lebih terdorong untuk share artikel Anda.

Semakin banyak artikel Anda di-share di social media, semakin tinggi kualitas SEO blog marketing Anda. Dan ini tentunya akan meningkatkan pengunjung blog Anda secara otomatis. Dan jika blog terhubung dengan website Anda, maka otomatis akan semakin banyak pula pengunjung yang masuk ke website Anda.

  1. Dapat Mengubah Pengunjung Menjadi Pelanggan

Dengan semakin banyaknya pengunjung ke blog Anda, maka akan semakin besar juga potensi pelanggan yang akan Anda dapatkan.

  1. Dapat Membangun Kredibilitas Bisnis Anda

Dengan terus membuat tulisan yang bertujuan untuk membantu permasalahan yang dihadapi pelanggan, Anda akan semakin mudah meraih kepercayaan dari mereka.

Jika dilakukan secara konsisten dan efektif, kredibilitas Anda akan semakin kuat di mata konsumen, dan blog Anda akan selalu dijadikan tujuan utama pembaca.

  1. Blog Dibaca Jutaan Manusia

Blog yang Anda bisa dikunjungi jutaan orang, yang juga berpotensi menjadi pelanggan Anda. Quicksprout menunjukkan, setidaknya ada 329 juta orang yang membaca blog dari 240 juta blog yang ada.

  1. Biaya Membuat Blog Sangat Terjangkau

Pengunjung lebih menyukai blog daripada iklan yang dipajang di internet. Buktinya, menurut infografis Quicksprout, 70 persen pembaca mengenal produk dari sebuah perusahaan melalui blog, bukan iklan.

Baca juga: Syarat Website Optimal yang Mendatangkan Omzet

 

Tips Strategi Digital Marketing Melalui Blog

 

Strategi Digital Marketing

  • Tulis Konten Blog yang Beragam

Karena itu dapat meningkatkan traffic. Keberagaman jenis tulisan diyakini penting karena setiap pembaca memiliki kecenderungan yang berbeda dalam membagikan konten-konten tersebut dalam waktu-waktu tertentu.

  • Kekinian

Untuk menarik pembaca, tulislah topik yang sedang hangat dan ramai dibicarakan, sehingga pembaca tertarik untuk share artikel Anda ke akun social media mereka.

  • Gunakan Headlines yang Menggoda

Headline memiliki peranan yang vital dalam blog marketing, karena seringkali headline menjadi penentu dibaca atau tidaknya sebuah blog. Meskipun isi sebuah tulisan berkualitas, jika headline tidak cukup menarik untuk diklik, maka isi tulisan tersebut akan menjadi percuma.

  • Gunakan Video, Gambar, dan Infografis

Semakin beragam konten visual di dalam sebuah blog, akan semakin menarik bagi berbagai pengunjung untuk membagi konten tersebut.

Beberapa orang menyukai informasi dari video, atau infografis, atau hanya gambar saja. Oleh karena itu, konten visual yang beragam ini akan mengakomodasi pembaca blog Anda yang juga memiliki preferensi yang beragam.

  • Kenali Pembaca Anda

Meneliti pembaca blog Anda merupakan langkah yang krusial dalam menentukan topik sebuah tulisan.

Baca juga: Manfaat Promosi Melalui Digital Marketing untuk Bisnis Anda

Dengan menerapkan strategi marketing melalui blog, akan menuai banyak keuntungan bagi bisnis Anda. Namun, untuk menjalankan strategi marketing yang baik dan optimal membutuhkan keahlian tersendiri. Untuk itulah dibutuhkan jasa layanan digital marketing yang ahli di bidangnya.

 

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !