Seputar Marketing – Menggunakan strategi marketing pada bisnis ritel dan penjualan produk adalah cara yang cukup efisien dan efektif dalam meningkatkan penjualan. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai strategi marketing untuk bisnis dan penjualan produk, berikut penjelasannya.

 

Pengertian Strategi Marketing untuk Bisnis Ritel

Strategi marketing bisnis ritel adalah pemasaran yang mengacu kepada variabel, dimana pedagang eceran dapat mengkombinasikan menjadi jalan alternatif sebagai suatu strategi pemasaran untuk dapat menarik konsumen.

Variabel tersebut umumnya meliputi faktor seperti: variasi barang dagangan dan jasa yang ditawarkan, harga, iklan, promosi, dan tata ruang, desain store, lokasi store, dan merchanding. Untuk menjaga kelangsungan hidup serta kemajuan dan keunggulan dalam bisnis eceran yang semakin kompetitif, maka pengelola bisnis harus berupaya menerapkan strategi berupa program bauran penjualan eceran yang diharapkan memunculkan minat konsumen.

Komponen produk, harga, tempat, dan promosi atau lebih dikenal dengan 4P (product, price, place, and promotion) dengan menitikberatkan perhatian yang berbeda-beda pada keempat variabel tersebut, karena tergantung kepada si pembuat keputusan pemasarannya untuk menyesuaikan dengan lingkungan yang cenderung berubah-ubah yang berusaha untuk memenuhi kebutuhan pelanggan dan mencapai tujuan perusahaan.

Baca juga: Pengertian, Fungsi dan Manfaat Marketing

 

Jenis Strategi Marketing Bisnis Ritel

  1. Pelayanan Prima

Memberikan keramahan dan kesigapan pramuniaga dalam melayani, akan membuat para pelanggan memberikan rasa respect yang tinggi. Sambutan awal ketika konsumen datang , ditambah senyuman tulus dari bibir pelayan akan memberi kenyamanan bagi setiap konsumen yang datang. Berapa pun yang ia belanjakan, tetaplah konsisten memberikan pelayanan yang sama. Beri bantuan jika pelanggan mengalami kesulitan saat mencari suatu barang yang diinginkan.

Pelayanan prima adalah hal yang mudah diucapkan namun sulit, bahkan sering dianggap sepele dalam penerapannya. Ciptakan pegawai yang berkomitmen untuk memberi keramahan dan lebih baik lagi mengeluarkan aura semangat, antusias, dan energik saat membantu costumer.

Senyuman yang muncul kepada pelanggan akan memberi kenyamanan secara psikologis. Karena, hal tersebut akan menjadi suatu hal yang berkesan bagi para pengunjung. Mereka akan menjadi agen pemasaran ritel Anda secara faktual dan menceritakan pengalamannya saat berbelanja di ritel Anda.

 

Strategi Marketing Bisnis Ritel

 

2. Permudah Transaksi

Terkadang berbelanja di outlet ritel akan menjadi hal yang menjengkelkan bagi konsumen yang tak betah berlama-lama mengantre. Maka Anda bisa menyediakan beberapa kasir sehingga sirkulasi pembayaran bisa dilakukan dengan cepat tanpa ada antrean menunggu dan akan membuat suasana tidak kondusif.

Buatlah loket kasir khusus, pisahkan pelanggan yang membayar dengan uang tunai dan pengguna kartu kredit ataupun debit. Maka ritel harus menyediakan mesin Electronic Data Capture (EDC) di beberapa loket kasir, sehingga pelanggan yang tidak membawa uang tunai bisa masuk ke kasir khusus dan mampu memecah antrean.

 

Strategi Marketing Bisnis Ritel

 

3. Tentukan Lokasi

Berdirinya outlet ritel, baik besar maupun kecil harus mampu menjadi magnet para pelanggan. Maka lokasi masih menjadi daya dukung ramai atau tidaknya ritel yang telah berdiri. Sediakan barang yang dibutuhkan para penghuni rumah.

Strategi Marketing Bisnis Ritel

 

4. Sediakan Aneka Barang

Konsumen tak selalu membeli barang yang sama setiap hari. Berbagai keperluan yang mendesak menjadi pendorong untuk datang dan berbelanja ke outlet ritel. Meskipun demikian, sediakan berbagai barang ataupun kudapan. Biasanya konsumen yang sudah selesai mendapatkan barang yang ia butuhkan akan menambah barang sekunder lainnya.

 

Strategi Marketing Bisnis Ritel

 

Baca juga: Pengertian, Jenis dan Manfaat Konten Marketing

Strategi Marketing untuk Penjualan Produk

Dalam menjual suatu produk diperlukan teknik dan juga strategi pemasaran produk yang ampuh, sehingga penjualan produk dapat meningkat dan keuntungan pun jadi berlipat.

Dalam usaha penjualan produk, teknik dan strategi pemasaran sangat berpengaruh pada jumlah penjualan produk yang Anda akan jual. Selain mempertahankan proses marketing, Anda juga dapat membuat para konsumen Anda tetap loyal terhadap pembelian produk Anda.

Baca juga: Strategi Marketing Bisnis Kontraktor dan Desain Interior

 

Tips Strategi Marketing Penjualan Produk

1) Kenali Pasar dan Calon Pelanggan

Sebelum menjual produk, Anda perlu mengenali dan mengidentifikasi pasar yang akan dituju dan tentu saja sasaran dari calon pembeli dan pelanggan Anda. Targetkan beberapa target market Anda menjadi beberapa kategori.

Dengan mengetahui target pasar dan pelanggan, Anda tidak akan membuang banyak waktu dan tenaga, bahkan bisa lebih fokus dengan sasaran Anda. Ketika Anda memiliki pelanggan dari toko Anda, hubungan antarpembeli dan penjual juga perlu diperhatikan.

2) Pemilihan Lokasi Pemasaran

Dalam menjual produk, lokasi pemasaran juga menentukan omzet penjualan produk Anda. Tidak mungkin bisa menjual produk di tempat yang sepi dan tidak banyak dilewati orang. Demikian juga sesuaikan produk yang Anda jual dengan target pasar Anda.

3) Membagi Produk Sample dan Promo Menarik

Saat ini banyak promo menarik seperti buy 1 get 1 free atau beli 2 dapat potongan 50% untuk pembelian ke-3. Siapa yang tidak tergiur dengan promo? Bahkan mereka yang sebetulnya tidak memerlukan produk tersebut sebelumnya, karena melihat tawaran promo yang menggiurkan malahan berubah pikiran untuk membelinya. Munculkan ide-ide kreatif Anda dalam melakukan pemasaran.

4) Gunakan Media Sosial

Di era digital ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial sebagai media promosi atau pemasaran produk Anda untuk menjangkau konsumen tanpa batas. Dengan menggunakan media sosial, Anda juga tidak perlu repot-repot dalam memasarkan produk Anda, karena Anda cukup dengan memposting produk Anda ke media sosial melalui komputer/laptop, ponsel, atau tablet.

Strategi marketing sangat dibutuhkan untuk bisnis ritel agar produk yang Anda jual dapat lebih dikenal secara luas oleh masyarakat dan tentu saja Anda mendapatkan banyak pelanggan. Jika Anda fokus pada strategi marketing yang Anda jalankan, maka penjualan Anda pun akan semakin meningkat da menambah keuntungan bagi bisnis Anda.

 

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !