Seputar Marketing – Bagaimana omzet perusahaan Anda saat ini, apakah mengalami peningkatan atau penurunan? Jika omzet atau pendapatan perusahaan ingin meningkat, maka hal utama yang harus dilakukan adalah meningkatkan penjualan. Untuk itu Anda harus mengetahui strategi membangun tim sales yang andal. Berikut ini penjelasannya.

 

Langkah Membangun Tim Sales

  1. Rekrutmen

Tim sales yang lihai tentunya harus dijalankan oleh SDM yang andal. Anda bisa mengetahui kualifikasi SDM tim sales dengan cara melihat curriculum vitae (CV) masing-masing pelamar dan juga melihat karakter kandidat ketika mengadakan interview.

 

Strategi Membangun Tim Sales yang Andal

 

  1. Memberikan Pelatihan

Untuk meningkatkan kemampuan, tim sales telah lolos rekrutmen harus diberikan pelatihan tentang profil perusahaan, produk/jasa yang dijual, persaingan usaha, teknik cara menawarkan dan menjual, berhubungan dengan pelanggan, termasuk mengatasi penolakan. Jika ingin hasil yang lebih memuaskan, Anda bisa mengundang motivator yang terpercaya dan berpengalaman di bidang sales untuk mendorong tim sales menjadi seorang yang berprestasi dan unggul.

 

Strategi Membangun Tim Sales yang Andal

 

  1. Mentoring

Setelah mengikuti pelatihan, pada tahap awal ini sales mulai menerapkan semua yang dipelajarinya ke dalam praktik. Pada tahap ini, dalam beberapa waktu tertentu sales yang bersangkutan didampingi seorang senior yang mumpuni untuk membimbingnya.

 

Strategi Membangun Tim Sales yang Andal

 

  1. Monitoring

Pengawasan dapat dilakukan melalui laporan tertulis dan kunjungan ke lokasi atau pelanggan. Bisa diketahui dari testimoni para pelanggan mengenai performa sales Anda. Komentar baik saja tidak cukup, harus dibuktikan dengan hubungan yang baik dan order penjualan yang semakin meningkat. Evaluasi hasil laporan mereka, bahkan jika memungkinkan ubah rencana penjualan berdasarkan kondisi lapangan.

 

Strategi Membangun Tim Sales yang Andal

 

  1. Rewards

Tim sales ikut menentukan kemajuan perusahaan secara riil. Penjualan yang semakin meningkat maka akan menjadikan perusahaan bertambah maju dan besar. Atas dasar itu, mereka perlu mendapatkan penghargaan selain kompensasi umum. Penghargaan harus benar-benar berharga, baik secara materi maupun non materi.

 

Strategi Membangun Tim Sales yang Andal

 

  1. Membuat Proses Penjualan Berulang

Proses penjualan yang berkualitas adalah penjualan yang menghasilkan pelanggan dengan pembelian berulang-ulang. Umumnya proses penjualan akan dimulai dari lead, dengan proses mereka akan mulai bertanya tentang produk dan solusi yang akan mereka dapatkan. Selanjutnya, lead ini akan mulai meminta quotes dan pada akhirnya akan menjadi pelanggan.

 

Strategi Membangun Tim Sales yang Andal

 

Baca juga: Strategi Marketing untuk Bisnis Jasa atau Pelayanan

 

Jenis-jenis Sales

  • Sales Distribusi
    Sales distribusi adalah sales yang tugasnya mendistribusikan produk pada reseller/outlet/toko.
  • Sales Direct
    Sales direct adalah sales yang tugasnya langsung menjual produk pada konsumen.
  • Sales Promo
    Sales promo bisa disebut juga dengan Sales Promotion Girl (SPG). Selain menjual produk/jasa, sales ini juga membawa citra produk perusahaan.
  • Sales Mixed Direct-Distribusi
    Sales jenis ini fungsinya mendistribusi, tapi targetnya langsung ke konsumen. Keahlian yang dibutuhkan relatif sama dengan sales distribusi.

 

Baca juga: Strategi Marketing untuk Bisnis Ritel dan Penjualan Produk

 

Kriteria Sales yang Sukses

  1. Jeli Melihat Prospek

Seorang sales harus belajar mengidentifikasi prospek. Karena tidak semua prospek dapat dikonversi menjadi penjualan, sehingga sales perlu mata yang jeli, waktu yang tepat, dan pemahaman mendalam untuk menemukannya. Ketika sales terbiasa melakukan hal ini, intuisi sales akan makin tajam.

  1. Membangun Hubungan

Komunikasi sangat penting dalam industri sales, tapi itu bukan satu-satunya cara mengenalkan produk atau melakukaan presentasi penjualan. Hal yang lebih penting adalah membangun koneksi, di mana sangat dibutuhkan kemampuan membangun hubungan baik.

  1. Menjadi Pendengar yang Baik

Mampu mendengarkan dengan baik adalah skill yang wajib dimiliki sales. Terbukti dengan keahlian ini mampu menaikkan kinerja seorang sales. Menjadi pendengar yang baik dan membangun hubungan adalah keahlian yang saling melengkapi untuk mampu mengerti pemikiran dan opini calon klien potensial. Hal ini juga membantu menunjukkan bahwa seorang sales memerhatikan dan peduli dengan permasalahan mereka.

  1. Mampu Menangani Penolakan

Seorang sales akan mengalami penolakan dari calon klien ketika menjual produk/jasa. Penolakan adalah hal yang tidak dapat dihindari. Kuncinya adalah mengerti mengapa calon klien menolak. Penolakan muncul karena beberapa faktor yang berbeda, seperti kurangnya pengetahuan, masalah persepsi, dan lain-lain. Sales harus mampu mengembangkan metode sendiri dalam menghadapi penolakan dengan memerhatikan keluhan klien dan alasan-alasannya.

  1. Manajemen Waktu

Manjemen waktu bukan hanya membuat rencana penjualan jauh-jauh hari atau menjadwalkan meeting dengan klien, tetapi juga membutuhkan fleksibilitas, kemampuan adaptasi, dan disiplin yang besar.

Baca juga: Pengertian Brand dan Manfaat Branding

Jika Anda sudah memiliki tim sales yang andal, maka Anda akan lebih optimistis penjualan tim sales akan meningkat dan pastinya omzet perusahaan Anda pun juga bakal meroket. Tim sales yang solid dan tangguh merupakan aset Anda dalam memajukan perusahaan. Jadi, jagalah aset Anda sebaik-baiknya.

 

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !