Seputar Marketing — Penting untuk berpikir seperti buyer ketika Anda ingin menjual sesuatu. Misalnya jika Anda adalah seorang warga Jakarta Barat yang ingin makan steak dengan kualitas terbaik, apa yang akan Anda tuliskan di mesin pencarian?

Ya! Sebagian besar orang akan mencari “steak enak Jakarta Barat” dibanding rangkaian keyword lain.

Dan di atas itulah, ilustrasi bagaimana Local SEO akan menjadi rahasia Anda memenangkan hati ratusan pelanggan potensial.

Pentingnya Local SEO bagi Usaha Kecil

Menggunakan Local SEO akan meningkatkan kemungkinan brand atau usaha Anda nangkring di baris teratas pencarian search engine. Yang membedakannya dengan SEO biasa adalah Local SEO lebih menyasar keywod yang spesifik dengan kebutuhan di lokasi geografis tertentu.

Local SEO adalah tiket emas bagi Anda para pemilik usaha kecil yang ingin lebih banyak orang mengunjungi toko Anda. Apalagi seiring perkembangan teknologi kini, ketika orang mengecek apa saja melalui smartphone.

Dengan bantuan Local SEO, sepanjang Anda memiliki strategi digital marketing yang matang Anda bisa saja mendulang oplah lebih banyak daripada restoran atau usaha jasa besar yang lebih lama berdiri sebelumnya.

Singkat kata, Local SEO mengambil alih peran edaran brosur dan reklame jalanan yang bisa sangat memakan tenaga dan biaya.

Lalu, apa saja yang harus Anda lakukan agar bisnis Anda segera merajai puncak Local SEO? Mudah saja. Asal Anda mengikuti langkah-langkah di bawah ini, dalam 5 jam Anda akan merasakan perbedaannya.

  1. Membuat akun Google My Business

Google My Business adalah langkah pertama local SEO. Google My Business sangatlah penting untuk local SEO karena tanpa alat ini, bisnis Anda tidak akan muncul di ‘local map listings’ pada halaman hasil pencarian.

Untuk membuat akun Google My Business Anda, ikuti langkah-langkah di bawah berikut ini.

Mengunjungi Google My Business

Klik ‘Start Now’

Anda akan diarahkan ke Google Maps untuk mencari lokasi bisnis Anda.

Setelah Anda memilih lokasi Anda (usahakan seakurat mungkin), Google akan meminta verifikasi bahwa bisnis tersebut memang benar milik Anda. Tidak ketemu? Klik menu ‘None of these match – Add your business”.

local map google

Setelah itu, Google akan meminta Anda untuk mengisi informasi bisnis. Formulir ini, biasanya terdiri dari nama bisnis, alamat, dan nomor telepon.

Pastikan bahwa data-data yang Anda masukkan konsisten di internet karena akan sangat membantu bisnis Anda melalui ‘citations building’. Lain dari itu, juga agar calon kustomer tidak bingung mengenai keabsahan bisnis Anda.

Setelah itu, pastikan alamat Anda melalui proses verifikasi.

Pada tahap ini Anda kemudian bisa menambahkan informasi-informasi penting seperti jam buka dan tutup bisnis Anda, profil barang atau jasa Anda, foto, dan lain-lain.

Nah, pada langkah terakhir verifikasi, Anda akan diminta menyelesaikan proses melalui ‘secret pin’ yang dikirim ke alamat Anda. Hanya dengan cara inilah Anda akan sepenuhnya mendapatkan akun My Business.

  1. Riset Keyword untuk Local SEO

Keyword alias rangkaian kata kunci adalah “nyawa” bagi pemasaran berbasis SEO. Maka itu, penting bagi Anda untuk memilih keyword yang tepat agar bisnis Anda muncul di halaman pertama search engine.

Tak kurang banyak cara yang bisa Anda tempuh untuk meriset keyword yang tepat agar bisnis Anda mendapat ranking yang lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari.

Anda bisa menggunakan Google Keyword Planner (GKP) untuk riset keyword yang paling sering digunakan.

Alat ini dengan akurat memprediksi dan menganalisis Anda berapa banyak orang mencari keywords yang relevan dengan bisnis Anda.

Selain itu, GKP juga dapat menguraikan volume pencarian untuk setiap keyword di akhir bulan sehingga Anda bisa melihat bila ada perubahan dalam pencarian keyword di industri Anda. Ini untuk menghindari kekeruhan frekuensi penggunaan keyword, yang bisa merugikan angka visitor visit di page Anda.

Khusus mengoptimalkan website untuk bisnis lokal, sebaiknya Anda menargetkan ‘local keywords’. Anda tinggal menambahkan nama daerah bisnis Anda dengan keyword penting yang mendeskripsikan bisnis Anda.

Sebagai ilustrasi, jika bidang bisnis Anda adalah restoran steak yang terletak di daerah Grogol maka contoh local keyword yang bisa Anda gunakan termasuk:

  1. Restoran steak Jakarta Barat

  2. Restoran Steak area Grogol

  3. Restoran Steak dekat Mall Taman Anggrek

  4. Steak Enak Jakarta Barat

Volume pencarian dari local keywords di atas boleh jadi rendah, tapi ini persis menyasar orang-orang yang ingin membeli steak di Jakarta Barat. Sehingga bisa dibilang, Anda tidak perlu banyak membuang waktu.

3) Dapatkan Sebanyak Mungkin Ulasan

Apakah ulasan alias review di Google My Business Page meningkatkan penjualan? Jawabannya bisa beragam. Tapi satu yang pasti, tak ada ruginya bagi Anda men-encourage para kustomer untuk menuliskan ulasan mengenai pengalaman makan atau belanja di toko Anda.

Trik ini akan berhasil khususnya jika Anda memang menyajikan pengalaman prima dan tak terlupakan. Agar orang tergerak untuk menuliskan review jujur (dan semoga, positif), usahakan untuk mendapatkan alamat E-mail mereka untuk Anda kirimi permintaan untuk memberikan ulasan ketika mereka telah sampai di rumah.

Cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan menyajikan promo khusus bagi pelanggan yang sudah pernah meninggalkan review. Mereka puas, halaman My Business Page Anda pun makin berhias bintang.

Dengan cara-cara di atas, Anda dijamin akan dapat langsung merebut traffic orang-orang yang mencari produk atau jasa via local SEO. Tapi tentunya, Anda tidak boleh melalaikan pelayanan real time.

Local SEO memang bisa membawa bisnis Anda ke jangkauan yang lebih luas, tapi melalui My Business Page pula, para konsumen bebas menyajikan pengalaman saat menikmati produk atau jasa Anda. Dan Anda tidak punya kebebasan untuk menyembunyikan atau menghapus ulasan yang Anda rasa menjelekkan sebagaimana di platform andalan.

Yang bisa Anda lakukan hanyalah membalas dengan santun, dan terus memberikan pengalaman terbaik. Dengan cara itu, jangankan 5 jam, kurang dari itupun bisnis Anda akan melambung seketika.

× Silahkan Konsultasi Marketing GRATIS !