8 Cara Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan dan Hemat Biaya

8 Cara Meningkatkan Penjualan Secara Signifikan dan Hemat Biaya

cara meningkatkan penjualan

SeputarMarketing – Permasalah utama yang sering dialami pebisnis yaitu bagaimana cara meningkatkan omzet perusahaan. Untuk itu, simak 8 cara meningkatkan penjualan dengan efektif dan efisien, berikut ini :

 

Cara Meningkatkan Penjualan yang Efektif

Selain mengoptimalkan tenaga penjual / sales person, Anda juga dapat meningkatkan penjualan secara signifikan dengan menerapkan beberapa strategi marketing berikut ini :

 

#1. Fokus Pada Pelanggan yang Sudah Ada

pelanggan bisnis

Fokus untuk meningkatkan penjualan terkadang membuat mindset bahwa Anda harus menarik pelanggan baru. Padahal, menyasar pelanggan baru bukanlah hal yang mudah. Cost per acquisition nya pun biasanya jauh lebih tinggi.

Untuk itu, coba untuk fokus pada pelanggan yang sudah ada, atau yang pernah membeli produk / layanan Anda. Mereka adalah pelanggan potensial yang dapat di lakukan proses upselling.

Dengan memaksimalkan pelanggan yang sudah ada, Anda hanya perlu menjaga kualitas produk dan layanan, tanpa perlu memperkenalkan brand / produk dari awal yang akan memakan biaya promosi.

Jika Anda berhasil membuat pelanggan yang ada merasa puas, tidak menutup kemungkinan juga bahwa Anda dapat meminta referensi calon pelanggan baru dari mereka.

 

#2. Menampilkan Testimonial Pelanggan

testimonial pelanggan

Cara meningkatkan penjualan dengan biaya yang murah dapat Anda lakukan dengan cara menampilkan testimonial pelanggan pernah menggunakan produk / layanan Anda.

Anda dapat memasang testimonial tersebut pada website bisnis maupun di platform sosial media brand Anda.

Menampilkan testimonial dari pelanggan yang puas dapat meningkatkan kepercayaan calon pelanggan baru. Terlebih jika mereka memiliki industri atau ketertarikan yang sama.

 

Baca juga : 10 Faktor yang Mempengaruhi Google Ranking di Tahun 2021

 

#3. Mengembangkan Value Produk

value produk

Dalam upaya meningkatkan penjualan, Anda juga harus mengembangkan value produk. Value atau nilai lebih dari sebuah produk atau layanan sangat penting untuk menarik calon konsumen dan membuat mereka mau memilih brand Anda.

Produk Anda harus memiliki pembeda dan keunggulan nyata yang dapat dirasakan oleh calon pelanggan. Sehingga mereka tidak memilih produk dari kompetitor atau mencari barang subtitusi (pengganti) lainnya.

 

#4. Mengoptimalkan Sosial Media

sosial media marketing

Jika Anda ingin meningkatkan penjualan, tentu Anda harus memperluas jangkauan audience. Karena semakin banyak orang yang mengenal brand Anda, maka semakin besar pula peluang terjadinya penjualan.

Salah satu cara untuk menjangkau audience dengan lebih luas yaitu menggunakan platform media sosial, baik secara organic maupun dengan iklan / berbayar.

Rutin membuat konten marketing yang menarik, dapat membuat audience menjadi follower, kemudian seterusnya dapat berubah menjadi konsumen.

Tapi sebelum melakukan strategi sosial media marketing, Anda harus lebih dulu menentukan platfom media sosial yang tepat.

Setelah itu Anda dapat membuat content plan (perencanaan konten), dan mulai memproduksi konten yang sesuai dengan audience profile Anda.

 

#5. Melakukan Optimasi Website

strategi seo

Cara meningkatkan penjualan yang mudah juga dapat Anda lakukan dengan cara mengoptimasi website menggunakan Teknik SEO (Search Engine Optimization).

Menggiring calon konsumen masuk kedalam website bisnis dapat meningkatkan penjualan, karena mereka akan mengenal apa produk / jasa yang ditawarkan.

Namun, strategi SEO dikenal juga dengan strategi passive marketing, yang artinya Anda tidak bisa secara aktif menjangkau calon konsumen seperti strategi advertising.

 

#6. Coba Beriklan Secara Digital

iklan digital

Jika Anda ingin secara aktif menjangkau calon konsumen dengan lebih cepat dan tertarget, Anda sebaiknya menggunakan strategi advertising yaitu dengan beriklan secara digital.

Melakukan iklan online juga merupakan strategi yang murah dibanding iklan konvensional lainnya. Selain itu, Anda dapat menentukan target iklan yang lebih spesifik dan sesuai dengan customer profile yang dimiliki.

Ada banyak platform yang menawarkan sebagai tempat beriklan digital. Salah satunya yaitu Google, Facebook, Youtube, Linkedin, dan masih banyak lagi.

 

Baca juga : 7 Strategi Sales B2B Agar Closing dan Mencapai Target Penjualan

 

#7. Cari Mitra Bisnis / Berkolaborasi

kolaborasi bisnis

Di jaman sekarang ada istilah “Collab or Collapse” , artinya jika Anda takut berkolaborasi ya bersiap bisnis Anda akan jatuh sendirian. Sama halnya dengan pepatah “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Untuk itu, Anda juga dapat mencari mitra bisnis untuk diajak berkolaborasi yang hasilnya dapat meningkatkan penjualan atau minimal dapat melakukan strategi cross selling.

 

#8. Reseller dan Affiiate Marketer

affiliate marketing

Sama halnya dengan mitra bisnis, Anda juga bisa mencari mitra penjualan, alias reseller atau affiliate marketer.

Dengan membangun pasukan penjualan, Anda tidak perlu menambah biaya untuk menggaji staff sales, karena reseller dan affiliate marketer hanya akan mendapatkan komisi penjualan yang sebanding dengan pencapaian hasil jualan mereka.

 

Baca juga : 6 Jenis Strategi Digital Marketing yang Dapat Meningkatkan Omzet

 

Cara Meningkatkan Penjualan dengan Jasa Konsultan

jasa konsultan penjualan

Tentu semua strategi tersebut diatas harus Anda Analisa sebelum mulai menerapkannya bagi bisnis Anda. Karena masing-masing bisnis memiliki karakteristik dan target konsumen yang berbeda-beda.

Menjalankan semua strategi diatas juga tidaklah mudah dan tentu memiliki berbagai tantangan, baik hal teknis maupun strategis.

Untuk itu, Anda sebaiknya berkonsultasi dengan konsultan marketing yang berpengalaman. Lebih baik lagi pilih jasa konsultan marketing yang juga memiliki layanan branding dan creative, agar memudahkan dalam pengerjaan teknis.

Seperti halnya SeputarMarketing, yang merupakan Konsultan Marketing dan Creative Agency yang memiliki jasa digital marketing :

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing

Related Posts

About Us

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing yang menyediakan “One Stop Solution” untuk Branding dan Promosi

Contact Us

Request meeting, quotation & consulting, hubungi :
Whatsapp / Call : 0878-5457-3436
Email : seputarmarketing@gmail.com

Our Service

Website Development, Social Media Marketing, Search Engine Optimization, Digital Advertising, Video Marketing, Creative Design & Marketing Tools

Related Posts

WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?