SeputarMarketing – Minuman Kekinian, saat ini menjadi ide bisnis yang sangat viral karena selalu memunculkan brand baru yang meramaikan persaingan bisnis minuman. Berikut akan dibahas secara lengkap Peluang usaha minuman kekinian dan strategi bisnis minuman kekinian yang viral.

 

Peluang Usaha Bisnis Minuman Kekinian

 

Tapi sebelum lebih jauh, mari kita mengenal peluang usaha ini, mengapa banyak orang yang akhirnya tertarik terjun ke dalam ranah bisnis minuman kekininan?

 

#1. Modal Bisnis Kecil

Alasan utama kenapa Bisnis minuman kekinian diminati banyak orang karena modal yang diperlukan tidak sebanyak bisnis lain. Anda dapat memulai bisnis ini banyak hanya dengan modal kurang lebih 500 ribuan hingga 4 juta rupiah.

Karena peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan tidak mahal. Jika Anda ingin berjualan di teras depan rumah atau di gerobak kecil sederhana pun bisa kok. Jadi biaya penyewaan tempat pun bisa dihemat.

 

#2. Bisnis yang Mudah

Jika Anda sudah selesai melakukan riset resep, menentukan supplier bahan baku dan supplier kemasan, maka tugas Anda berikutnya hanya menjaga komposisi dan kualitas produk.

Karena proses pembuatan produk dan pengelolaan bisnisnya sangat sederhana, wajar jika bisnis ini pun dilirik oleh para pelajar, mahasiswa dan ibu rumah tangga.

 

#3. Mudah Melakukan Pengembangan

Berbisnis minuman kekinian membuat Anda mudah dalam melakukan pengembangan bisnis secara jangka panjang.

Anda dapat membuat berbagai varian dan aneka rasa baru, atau juga menambah menu pendamping misalnya snack, desert maupun menu makanan lainnya sebagai pelengkap minuman.

Jika Anda ingin membuka cabang atau bahkan membuat bisnis ini sebagai franchise juga tergolong mudah dan tentu akan banyak diminati.

 

#4. Potensi Keuntungan Besar

Dalam beberapa liputan bisnis, ada pengusaha minuman kekinian yang baru buku 2 hari, sudah berhasil menjual 30-100 cup per harinya. Dan ada pula pengusaha minuman kekinian yang baru 1 bulan berdiri, tapi sudah bisa menjual 400-600 cup tiap harinya!

Hal ini karena harga jual minuman kekinian terjangkau dan rasanya dapat dinikmati oleh berbagai kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa bisa menjadi calon konsumen Anda.

Jam buka bisnis minuman kekinian juga panjang, mulai dari pagi hari hingga malam hari, Anda terus memiliki peluang untuk mendapatkan laba.

 

Jenis Minuman Kekinian yang Viral

 

Nah, setelah Anda mengetahui peluang bisnis minuman kekinian, tentu Anda menjadi semakin tertarik, bukan? Kini Anda perlu tahu jenis-jenis minuman kekinian yang viral, sehingga Anda bisa lebih mudah menentukan model bisnis dan membuat menu serta varian rasanya.

 

#1. Bisnis Minuman Serba Boba

Boba adalah bola-bola kecil bertekstur kenyal yang terbuat dari tepung tapioka. Boba inilah yang biasanya menjadi isian atau topping didalam minuman kekinian.

Hampir semua minuman kekinian cocok diberikan topping boba. Bahkan brand-brand besar pun kini menyuguhkan pilihan topping boba untuk produk minuman mereka.

 

#2. Bisnis Thai Tea

Sesuai namanya, Thai tea merupakan minuman dengan bahan dasar teh asal Thailand bernama teh Ceylon. Pembuatannya mirip dengan teh susu, tetapi aroma dan cita rasanya agak berbeda.

Bisnis Thai Tea memiliki varian yang beragam, mulai dari  Thai green tea milk, Thai milk tea, dan Thai taro milk.

Menariknya lagi, minuman satu ini juga bisa disajikan dalam kondisi hangat atau dingin walaupun memang lebih banyak orang yang menyukai penyajian Thai tea dengan es / dingin.

 

#3. Bisnis Es Kopi

Kopi memang minuman yang tidak bisa dilepaskan dari orang Indonesia. Dan bisnis kopi bukan hanya menyuguhkan rasa kopi orisinal, tapi juga dipadu dengan berbagai varian dan topping, lho!

Misalnya kopi cokelat, es kopi susu, es kopi yang diberi jelly, boba, es krim bahkan dicampur dengan buah seperti alpukat.

Karena peminat kopi sangat banyak, maka kopi yang dijual pun bukan hanya dalam gelas/ cup tapi juga dijual literan dalam botol besar.

 

#4. Bisnis Minuman Cokelat

Binis minuman cokelat dapat disajikan hangat maupun dingin dengan beragam varian dan topping campurannya yang menarik, lho!

Misalnya, Anda bisa mencampur cokelat dengan oreo, biskuit, choco chips, atau memberikan topping seperti potongan cookies.

 

#5. Bisnis Jus Sehat

Gaya hidup sehat kini menjadi trend yang sedang digandrungi masyarakat. Oleh karena itu, berbisnis jus sehat juga memiliki peluang kesuksesan yang tinggi.

Dan saat ini, minuman jus juga dapat diberi variasi dan topping menarik lho! Anda bisa mencampur 2-4 jenis buah yang berbeda sekaligus, maupun memberikan topping buah potong atau jelly yang dapat menambah tekstur.

 

Strategi Bisnis Minuman Kekinian

Strategi Bisnis Minuman Kekinian

 

#1. Temukan Lokasi yang Tepat

Salah satu strategi bisnis minuman kekinian yang paling penting adalah letaknya yang strategi. Letak tempat bisnis tidak selalu harus berada didepan jalan atau di tempat besar yang mudah dilihat. Letak yang strategis yaitu :

  • Dekat dengan tempat membeli bahan utama, khususnya jika Anda berbisnis minuman jus yang membutuhkan buah segar, sehingga buah tetap terjaga kesegarannya.
  • Mudah ditemukan oleh calon pelanggan atau oleh ojek online / kurir
  • Dekat dengan target konsumen yang ditentukan
  • Tempat tidak sering berpindah-pindah agar tidak membingungkan calon pelanggan dan menyusahkan pelanggan setia yang sering membeli.

 

#2. Lakukan Riset Menu

Strategi bisnis minuman kekinian selanjutnya yang tak kalah penting yaitu melakukan riset menu dan varian minumannya yang akan dijual.

Seperti contoh diatas, ada banyak sekali jenis dan varian bisnis minuman kekinian yang bisa Anda buat. Untuk itu pilih dulu apa saja jenis minuman atau varian rasanya yang akan banyak digemari pelanggan.

Anda juga bisa menentukan varian dari sumber bahan makanan mana yang paling murah dan lebih mudah Anda dapatkan.

 

#3. Tentukan Harga Jual

Strategi bisnis minuman kekinian yang tidak kalah penting yaitu strategi harga. Dalam menentukan harga jual produk satu dengan yang lainnya memang berbeda. Namun ada baiknya Anda melakukan riset para kompetitor agar mengetahui kisaran harga jual yang ada.

Namun, menetapkan harga juga harus didasari dari bahan baku yang digunakan, proses yang dilakukan, biaya operasional, biaya kemasan maupun biaya marketing yang digunakan.

Jangan sampai karena ingin memberikan harga lebih rendah, Anda malah mengurangi kualitas produk atau justru merugi karena kurang tepat dalam perhitungannya.

Jangan takut menetapkan harga yang lebih tinggi dari pesaing kalau Anda yakin akan kualitas produk dan keunggulan lainnya.

 

#4. Temukan Keunggulan Produk

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bisnis minuman kekinian memiliki peluang yang besar tetapi juga kompetitor yang sangat banyak.

Dan untuk memenangkan persaingan, yang terpenting bukanlah perang harga yang malah menggerus keuntungan, tapi memperbanyak keunggulan atau value produk.

Keunggulan tersebut bisa jadi memang dari harganya yang lebih murah, varian yang lebih banyak, rasa yang lebih enak, kebersihan yang lebih terjaga, varian topping yang berbeda,  bentuk kemasan yang unik, pelayanan yang prima

 

#5. Standar Pelayanan Prima

Enak dan unik saja tidak cukup untuk membuat bisnis Anda selalu diminati konsumen. Menjaga standar pelayanan juga wajib agar meningkatkan kepercayaan dan loyalitas pelanggan.

Siapa yang mau membeli di tempat yang jorok/tidak higienis? Untuk itu selalu jaga kondisi tempat usaha tetap rapih dan bersih ya.

Lalu, apakah pelanggan akan tetap senang jika setiap kali memesan membutuhkan waktu yang sangat lama karena Anda kekurangan karyawan?

Apalagi jika ketika memesan Anda salah membuatkan varian atau salah memberikan topping?

Jika Anda mengelola tempat usaha yang didatangi penunjung, Anda juga harus melatih pegawai agar selalu bersikap ramah dan sopan dalam melayani pelanggan maupun mitra ojek online / kurir

 

Strategi Marketing Bisnis Minum Kekinian

Strategi Marketing Bisnis Minum Kekinian

#1. Buat Nama dan Logo

Nama dan Logo Brand adalah hal pertama yang akan diingat oleh konsumen. Untuk itu buatlah nama dan logo yang mudah dibaca, mudah diingat dan memiliki arti yang relevan dengan jenis produk atau bisnisnya.

 

#2. Buat Kemasan

Calon konsumen pertama kali akan tertarik dengan visual atau tampilan dari produk yang akan dibeli. Untuk itu, perbaiki tampilan produk dengan membuat kemasan yang unik, menarik dan profesional agar konsumen merasa uang yang mereka belanjakan tidak sia-sia.

 

#3. Ambil Foto Produk

Karena visual atau tampilan sangat dibutuhkan dalam bisnis minuman kekinian ini. Maka Anda juga harus mengambil foto produk yang menarik, dengan memperhatikan pencahayaan, komposisi dan angle pemotretan yang tepat

Foto produk yang menarik dapat menggugah selera dan berguna untuk ditaruh pada daftar menu, spanduk dan marketing tools (alat pemasaran) lainnya.

 

#4. Gunakan Sosial Media Marketing

Sosial media marketing adalah strategi digital marketing yang paling cocok dan efektif dalam mempromosikan bisnis minuman kekinian Anda.

Rutin membuat konten yang menarik serta cobalah untuk beriklan agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal

 

#5. Pakai Jasa Influencer

Jika sosial media marketing menggunakan konten marketing saja tidak cukup, mungkin ini saatnya Anda menggunakan jasa sosial influencer yang dapat mempromosikan produk Anda melalui review dan testimonial mereka.

 

#6. Daftar di Ojek Online

Untuk memudahkan pemesanan dan menjangkau lebih banyak calon konsumen, kini Anda juga bisa mendaftar di Ojek online seperti Go-Food dan Grab Food sebagai mitra restoran. Dengan begitu Anda tidak perlu memiliki kurir pribadi yang harus mengantar semua pesanan, kan.

 

#7. Buat Promo Rutin

Semua orang suka dengan promo, begitu juga konsumen Anda di bisnis minuman kekinian. Untuk itu, berikan promo secara rutin, baik itu diskon secara langsung, promo bundling/paket, paket buy 1 get 1 atau paket gratis ongkos kirim.

Anda juga dapat memberikan Giveaway atau membuat kontes yang berhadiah produk langsung maupun kupon potongan harga yang dapat digunakan ketika mereka berbelanja di tempat Anda

 

Jasa Digital Marketing

Jasa Digital Marketing

Strategi digital marketing adalah salah satu cara yang efektif dalam membangun brand dan melakukan promosi untuk bisnis minuman kekinian.

Namun melakukan semua itu sendirian tentu membuat Anda cukup kesulitan. Karena digital Marketing membutuhkan pemahaman, keterampilan dan juga pengalaman yang banyak.

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency yang dapat membantu Anda melakukan branding dan promosi secara digital dengan berbagai metode.

 


 

Butuh Jasa Digital Marketing?

Kami adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing
WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?