Tips Memilih Content Writer yang Tepat untuk Membuat Konten Marketing

Tips Memilih Content Writer yang Tepat untuk Membuat Konten Marketing

Cara Memilih Content Writer

SeputarMarketing – Jika brand Anda memiliki website, tentu butuh selektif dalam memilih content writer yang tepat, agar dapat membuat konten marketing yang relevan dan menarik.

 

Cara Memilih Content Writer

Cara Memilih Content Writer

Tidak semua orang dapat menjadi penulisa artikel / blog perusahaan yang baik, karena dibutuhkan keterampilan dan pengalaman khusus, baik itu untuk dasar-dasar penulisan maupun yang berkaitan dengan brand / perusahaan.

Untuk itu, dalam memilih content writer, Anda perlu setidaknya melakukan Analisa, apakah memiliki beberapa kriteria dasar berikut ini :

 

#1. Teknik Penulisan yang Baik

Tidak semua “Penulis” dapat menjadi Content Writer untuk strategi Konten Marketing. Penulis karya ilmiah, penulis novel, penulis berita, dan lain sebagainya tentu memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Namun, setidaknya pastikan bahwa content writer memiliki basic skill dibidang jurnalistik yang mencakup :

  1. Teknik Penulisan

Sebuah artikel yang baik haruslah ditulis dengan kalimat yang komprehensif, menggunakan tata Bahasa yang baik dan gaya penulisan disesuaikan dengan style brand yang terkadang bisa memiliki citra formil, lugas, maupun santai dan modern.

  1. Struktur Penulisan

Orang akan betah membaca sebuah artikel yang memiliki alur dan struktur penulisan yang jelas. Misalnya ada pembuka, lalu isi, kemudian penutupnya. Jika struktur tidak jelas, maka pembaca mungkin akan kesulitan memahami dan mengingatnya.

 

#2. Memiliki Kemampuan Riset

Membuat artikel / blog perusahaan yang profesional tidak bisa jika hanya mengandalkan pengetahuan umum yang terbatas maupun opini pribadi. Diperlukan proses riset yang mendalam terhadap sebuah topik yang ingin dibahas.

Agar pembaca dapat tertarik untuk terus membaca hingga akhir bahkan membagikannya kepada orang lain, artikel harus dapat memuat sesuatu yang baru, unik, maupun menyuguhkan fakta dan data yang real dan dapat dipertanggungjawabkan.

Anda juga tidak bisa melakukan copy paste terhadap karya orang lain, karena hal tersebut termasuk kedalam tindakan plagiarisme. Selain dapat mencederai brand Anda, tindakan plagiarisme juga dibenci Google, karenanya website Anda dapat terkena penalty SEO.

 

#3. Berpengalaman

Memilih content writer yang mempunyai jam terbang tinggi tentu lebih baik ketimbang pemula. Pasalnya, jika sudah berpengalaman, biasanya tidak perlu waktu lama untuk membuat sebuah artikel.

Latar belakang penulis memang tidak perlu sama persis dengan jabatan “content writer” atau yang memiliki pengalaman di bidang industri yang sama dengan brand Anda.

Anda dapat memilih content writer dengan pengalaman yang serupa, misalnya pengalaman menjadi penulis berita, atau memiliki pengalaman bekerja di bagian riset maupun sebagai content editor.

 

#4. Mengerti SEO

Karena artikel yang dibuat tujuannya adalah untuk di website perusahaan, maka Anda harus memilih Content Writer yang mengerti dasar-dasar penulisan SEO. Menulis dengan baik saja tidak cukup jika tanpa mengerti teknik SEO, maka artikel yang dibuat tidak dapat di indeks.

Sedangkan teknik SEO sendiri sering sekali berubah dan cukup rumit. Terkadang, ada penulis yang memang tidak mengerti teknik SEO, sehingga artikel yang dibuat harus mendapat revisi dan optimasi oleh tim SEO specialist.

Dan tentu itu memakan waktu dan biaya tambahan, bukan? Jadi, menulis harus dengan konsep Reader Friendly (enak dibaca) dan juga SEO Friendly (sesuai dengan teknik SEO) yang disukai Google, sehingga ranking website Anda bisa lebih baik.

 

Manfaat Konten Marketing

Manfaat Konten Marketing

Sebagai pebisnis, Anda harus mempertimbangkan strategi untuk jangka panjang, karena Anda tentu berharap agar bisnisnya bisa bertahan hingga puluhan tahun.

Membuat website saja tidak cukup tidak di update secara berkala melalui blog marketing yang membahas tentang produk/service yang ditawarkan, info terbaru seputar industri, maupun berita tentang perusahaan.

Membuat konten di website membutuhkan keahlian content writer agar artikel bisa enak dibaca, mudah dipahami, menarik untuk dibagikan dan juga meyakinkan audience untuk mencoba produk atau layanan Anda.

Beberapa manfaat memilih content writer yang tepat untuk membuat konten marketing di Website Bisnis Anda, yaitu :

 

#1. Meningkatkan Traffic Website

Sejak Google mengumumkan bahwa konten merupakan faktor utama dalam meningkatkan ranking website, maka Anda bukan hanya harus menjaga frekuensi konten namun juga kualitasnya.

Ranking website yang semakin baik akan semakin tinggi pula traffic website / pengunjung yang melihat. Dengan begitu, tentu semakin banyak audience yang mengenal brand Anda bahkan akhirnya tertarik untuk mencoba produk / layanan yang ditawarkan.

Untuk mendapatkan konten yang berkualitas dan relevan dengan bisnis Anda, tentu membutuhkan keahlian content writer yang profesional dan berpengalaman.

 

#2. Sebagai Company Branding

Website perusahaan dibuat untuk membangun brand awareness terhadap perusahaan atau brand Anda, juga sebagai cara perusahaan untuk berkomunikasi dengan audience.

Untuk itu, semakin bagus konten yang Anda sajikan, maka semakin bagus juga persepsi publik akan brand Anda. Apalagi jika konten marketing yang dibuat menyajikan informasi yang menarik dan bermanfaat, tentu menambah kredibilitas perusahaan.

 

#3. Menciptakan Unique Value

Menjadi pembeda di tengah persaingan bisnis yang semakin sulit adalah sebuah tantangan yang harus Anda hadapi. Salah satu caranya yaitu dengan membuat konten marketing yang menarik. Dan hal tersebut dapat dilakukan jika Anda memilih content writer yang tepat.

Karena tentu ada banyak website, baik itu milik perusahaan / brand maupun situs berita yang menyajikan konten dengan pokok pembahasan serupa bahkan sama dengan Anda.

Seorang content writer yang berpengalaman tentu dapat membuat konten marketing dengan unik dan berciri khas perusahaan Anda, sehingga tidak terkesan pasaran atau hanya copy paste dari konten website sebelah.

 

Jasa Penulisan Konten Marketing

Penulisan Konten Marketing

Untuk dapat membuat konten marketing yang konsisten dan berkualitas, tidak selalu harus mengandalkan hiring / rekrutment internal tim dan mencari content writer sendiri. Karena kini sudah ada Jasa penulisan konten marketing dari perusahaan Digital Marketing Agency.

Creative Agency seperti SeputarMarketing memiliki jasa pembuatan konten marketing yang di bundling dengan Jasa SEO nya. Sehingga artikel yang dibuat dapat sekaligus di optimasi dengan teknik SEO untuk meningkatkan traffic website.

 

Jasa Digital Marketing

SeputarMarketing adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

 

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing

Related Posts

About Us

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing yang menyediakan “One Stop Solution” untuk Branding dan Promosi

Contact Us

Request meeting, quotation & consulting, hubungi :
Whatsapp / Call : 0878-5457-3436
Email : seputarmarketing@gmail.com

Our Service

Website Development, Social Media Marketing, Search Engine Optimization, Digital Advertising, Video Marketing, Creative Design & Marketing Tools

Related Posts

WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?