SeputarMarketing – Sebagi pebisnis maupun orang yang akan berkarir dibidang pemasaran, Anda harus mengenal Apa Itu Marketing, dan Apa Manfaat Marketing ?

 

APA ITU MARKETING?

APA ITU MARKETING

Marketing adalah payung istilah untuk segala aktivitas usaha yang bertujuan untuk mempromosikan dan menjual produk atau jasa Anda.

Marketing sangat mementingkan relasi Anda dengan para prospek klien, menjangkau mereka melalui channel-channel komunikasi manapun yang mereka pilih.

Selain itu menjaga agar klien tetap puas, mencari feedback, menyediakan layanan sebelum dan sesudah produk atau jasa sampai di tangan kustomer, semua itu adalah bagian dari marketing yang baik.

Ada banyak langkah dalam kegiatan marketing, termasuk market research, analisis audiens, segmentasi pasar, pricing, branding, dan promosi. Semuanya itu termasuk dalam 4 pilar kegiatan marketing yang efektif.

 

Baca Juga : Jenis Marketing Tools Yang Harus Dibuat Untuk Meningkatkan Penjualan

 

4 PILAR MARKETING

Jika direncanakan dengan baik, 4 pilar marketing ini dapat membantu ahli srategi marketing untuk merangkai strategi yang efisien dan sukses. Kuncinya, Anda harus mengindahkan empat pilar ‘P’ berikut:

 

Product (produk)

Barang atau jasa yang menjadi komoditas usaha Anda dan menjawab kebutuhan para kustomer. Diversifikasi produk atau jasa, quality control, serta tingkat durabilitas sangat perlu diperhatikan.

 

Price (harga)

Jumlah yang harus dibayar oleh para kustomer untuk mendapatkan barang atau jasa Anda. Tantangan dari aspek price adalah menjembatani kompromi antara jumlah yang bersedia dibayar oleh kustomer serta nominal yang Anda inginkan sesuai kalkulasi produksi.

 

Place (Akses atau tempat)

Bagaimana para calon kustomer membeli produk Anda? Toko online? Toko fisik? Perhitungan terperinci mengenai pilihan Anda akan sangat menentukan minat pembeli. Setiap produk berbeda dengan yang lain.

Misalnya, jika produk Anda mudah basi, Anda harus berpikir dua kali untuk membuka toko Online dengan jangkauan kirim sepenjuru nusantara jika masih ingin hemat ongkos delivery dan distribusi. Begitu juga penerapan sistem wholesale, reseller, dan sebagainya.

 

Promotion (Promosi):

Serangkaian taktik komunikasi yang dilancarkan oleh sebuah perusahaan untuk menyajikan informasi mengenai produk atau jasa mereka. Ini sangat penting karena tanpa tanpa promosi, sebagus apa pun produk barang maupun jasa Anda, orang tidak akan tahu.

Dan tahukah Anda? Bagian promosi ini mencakup public relations, sales promotion, dan tentu saja… advertising!

 

Baca Juga : Belum Bisa Closing? Cek Alasan Kenapa Anda Susah Jualan, Berikut Ini

 

APA MANFAAT MARKETING

APA MANFAAT MARKETING

Menggunakan marketing untuk bisnis Anda bukan hanya disarankan, tetapi harus. Karena, marketing membawa fungsi sebagai berikut:

 

#1 Branding

Branding dalam marketing bisa berupa simbol, nama, atau fitur apa pun yang membedakan produk atau jasa Anda dengan yang lain. Dengan mencetak branding yang kuat, terjalin komunikasi antara perusahaan dengan kustomer. Anda akan selalu diingat karena memiliki kesan spesifik.

 

#2 Membangun Relasi yang Kuat dengan Customer

Ada kalanya, Anda harus menerbitkan survey atau meminta feedback untuk memahami kemauan kustomer. Dengarkan mereka, dan Anda akan mendapatkan wawasan berharga untuk kemajuan Anda.

 

#3 Selalu Trending dan selangkah atau menyamai kompetitor Anda

Ingat, Anda tidak berbisnis sendiri. Selalu ada kompetitor yang memiliki penawaran yang tak kalah menarik dari brand Anda. Nah, marketing mengajarkan Anda untuk memonitor apa saja yang mereka rilis, apa kesalahan mereka. Dan yang terpenting, menjaga agar Anda tidak melakukan kesalahan yang sama.

 

#4 Menemukan Partner yang Tepat

Nyawa dari berbinis adalah komunikasi! Jangan lewatkan kesempatan untuk berpartner dengan brand lain, atau individu dengan ide-ide segar yang bisa membantu aktivitas produksi Anda. Ini termasuk para influencer, pakar, dan juga supplier.

 

#5 Kreativitas Segar dan Inovasi

Menerapkan marketing bikin target audience Anda tidak akan bosan! Karena dengan marketing yang tepat, Anda paham cara terbaik untuk memperkenalkan produk-produk teranyar Anda. Dan ketika audiens sudah tertarik, siap-siap jaring revenue, deh.

Jadi, marketing sangatlah vital untuk bisnis Anda. Tanpa menerapkannya, Anda sama saja menjalankan sebuah kapal tanpa membawa kompas.

 


Butuh Jasa Digital Marketing?

Kami adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing
WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?