SeputarMarketing – Sebagai pemilik bisnis, Anda tentu ingin agar bisnisnya cepat terkenal. Berikut 5 cara untuk membuat bisnis viral yang dapat Anda coba lakukan.

 

Cara Bikin Bisnis Viral 

Cara Bikin Bisnis Viral 

Anda pasti pernah melihat sebuah bisnis / brand yang mendadak viral padahal baru seumur jagung, alias bisnis yang baru dibangun.

Adalah viral marketing, salah satu strategi pemasaran yang dilakukan untuk membuat brand menjadi viral dalam sekejap.

Ada yang membuat viral marketing dengan menggunakan kekuatan uang, misalnya memberikan hadiah fantastis ketika mengadakan kontes dan giveaway.

Ada juga yang mengandalkan ide unik atau cerita yang inspiratif, untuk menciptakan rasa penasaran dan membuat konsumen tergugah.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda terapkan jika ingin membuat bisnis viral dan brand cepat terkenal :

 

Baca Juga : SeputarMarketing, Jasa SEO Profesional untuk Meningkatkan Ranking Website

 

#1. Buat Inovasi Baru

Cara Bikin Bisnis Viral 

Bisnis viral dapat diwujudkan dengan mudah jika Anda memiliki produk atau layanan yang belum pernah ada, atau dengan konsep baru dan unik

Untuk itu, lakukanlah riset dan inovasi untuk menciptakan produk atau layanan yang lebih menarik, lebih lengkap, lebih modern atau yang sedang menjadi trend.

Inovasi produk tidak perlu rumit dan mahal, yang penting dapat menjadi pembeda antara produk Anda dengan produk lain yang ada dipasaran.

 

#2. Gunakan Nama yang Unik

Cara Bikin Bisnis Viral 

Rahasia bisnis viral yang juga mudah dan dapat Anda lakukan sekarang juga yaitu dengan membuat nama brand atau nama menu yang unik.

Sekarang ini banyak sekali pengusaha yang menyasar kaum milenial dengan strategi ini, berbeda dan unik, sehingga mengundang rasa penasaran untuk mencobanya.

Contohnya saja, banyak yang membagikan di media social tentang plang atau baner nama sebuah brand yang unik, atau men screen shoot nama-nama menu yang unik di layanan pesan makanan online.

Karena itulah brand dapat viral karena masyarakat senang membagikan hal-hal yang menarik yang mereka temukan, dan itu termasuk nama dan menu unik dari brand Anda.

 

#3. Tempat & Kemasan Eye Catching

Cara Bikin Bisnis Viral 

Jika Anda menjalankan bisnis secara offline dengan mendatangkan para calon konsumen ketempat Anda, maka rencanakan untuk mendekorasi tempat usaha Anda dengan menarik.

Hal tersebut bisa saja berupa desain yang tematik, plan nama dengan desain unik, maupun desain gerobak yang berbeda dari biasanya.

Atau, Anda juga dapat menggunakan wadah atau kemasan produk yang eye catching, namun jangan lupa untuk tetap memperhatikan aspek fungsional kemasan, lingkungan dan juga harus dapat merepresentasikan brand Anda.

 

Baca Juga : Apa Itu Sales Funnel dan Cara Memanfaatkannya untuk Bisnis Anda

 

#4. Buat Cerita Menarik di Balik Bisnis

Cara Bikin Bisnis Viral 

Jika Anda memiliki brand yang produk / layanannya tidak dapat dilakukan inovasi berlebihan, atau tidak dapat menggunakan kemasan yang berbeda, maka jalan lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat cerita.

Brand story atau kisah dibalik sebuah brand juga dapat menjadi daya Tarik tersendiri agar calon konsumen bersimpati dan akhirnya mau mencoba menggunakan produk / layanan Anda.

Misalnya saja Anda mengangkat kisah bahwa semua bahan utama yang digunakan untuk Anda berasal dari para petani daerah yang diorganisir dan di latih oleh perusahaan Anda, sehingga kualitas produk terjamin.

 

 #5. Bangun Branding yang Kuat

Cara Bikin Bisnis Viral 

Cara terakhir dan yang paling efektif untuk membuat bisnis viral dan brand yang cepat terkenal yaitu dengan membangun branding yang kuat baik secara offline maupun secara online menggunakan strategi digital marketing.

Salah satu cara membangun branding secara online yaitu dengan cara :

  • Membuat website bisnis
  • Menjalankan strategi Search Engine Optimization (SEO)
  • Menggunakan Sosial Media Marketing (SMM)
  • Melakukan digital advertising / iklan di internet
  • Memberikan promosi penjualan
  • Bekerjasama dengan Influencer / brand Ambassador
  • Rutin memberikan Giveaway dan Contest

Dengan membangun branding yang kuat, maka calon konsumen dapat mengenal bisnis/brand Anda, dapat tertarik dan percaya untuk menggunakan produk/jasa Anda, dan dapat berinteraksi secara langsung.

 

Baca juga : 6 Jenis Video Marketing yang Efektif untuk Calon Pelanggan B2B

 

Bikin Brand Cepat Terkenal

Bikin Brand Cepat Terkenal

Jika Anda ingin bikin bisnis viral, tetap ingat untuk menghindari menggunakan cara-cara yang sensasional tapi berdampak negatif terhadap brand Anda.

Hindari juga cara-cara ekstrem demi mendulang popularitas sesaat. Karena bisnis pasti dibangun untuk menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Jadi, dalam hal membangun brand yang cepat terkenal juga harus mengedepankan konsistensi dan ketekunan dalam melakukan strategi marketing.

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari konsultan marketing profesional, agar Anda tahu langkah apa saja yang harus dilakukan untuk membangun brand yang  viral dan cepat terkenal.

Kami adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

 

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing
WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?