6 Jenis Video Marketing yang Efektif untuk Calon Pelanggan B2B

6 Jenis Video Marketing yang Efektif untuk Calon Pelanggan B2B

jenis video marketing

SeputarMarketing – Banyak pebisnis B2B yang mengaku lebih puas dengan kinerja strategi konten yang berbentuk video marketing. Untuk itu, simak 6 jenis video marketing yang efektif menarik calon pelanggan B2B berikut ini.

 

Konten Video Marketing untuk Bisnis B2B

konten video marketing

Strategi Marketing untuk model bisnis B2B (Business to Business) memang berbeda daripada model bisnis B2C.

Karena calon pelanggan B2B lebih percaya kepada konten marketing dan hasil SEO, dibanding dengan iklan dan promosi yang lebih sering menyasar konsumen B2C.

Jenis Konten Marketing yang biasa digunakan untuk menarik perhatian calon pelanggan B2B biasanya berupa :

  • Konten artikel / blog bisnis
  • Konten white paper / industry reports
  • Konten Video Marketing
  • Konten marketing di sosial media Facebook dan Linkedin
  • Konten Podcast

Dari beberapa jenis konten marketing tersebut, banyak marketer dan pebisnis yang mengaku lebih puas dengan hasil dari konten video marketing.

 

Strategi Video Marketing untuk B2B

Strategi Video Marketing untuk B2B

Baik untuk bisnis model B2B maupun bisnis B2C, strategi video marketing memang menjadi primadona terutama 2-4 tahun belakangan. Hal tersebut dikarenakan Youtube menjadi mesin pencarian populer kedua setelah Google.

Selain itu, membuat konten video marketing juga memiliki beberapa keunggulan, diantaranya :

  • Konten mudah menarik audience, karena tampilannya yang dinamis
  • Isi konten mudah dimengerti, karena dapat dijelaskan dengan detail namun singkat
  • Isi konten mudah diingat, karena melibatkan indera penglihatan (visual) dan pendengaran (audio) secara bersamaan
  • Konten mudah dibagikan, karena dapat diletakan pada channel Youtube, website, di share ke sosial media, maupun dibagikan via whatsapp

Karena berbagai keunggulan yang ditawarkan oleh konten marketing yang berbentuk video itulah, reach dan engagement dari konten video jauh lebih tinggi dibanding jenis konten lainnya seperti tekstual maupun yang mengandalkan audio saja.

 

Baca Juga : SeputarMarketing, Konsultan Marketing dan Digital Marketing Agency Indonesia

 

Jenis Video Marketing yang Efektif

Setelah Anda mengetahui apa saja manfaat dan keunggulan dari konten video marketing, kini tentu Anda harus tahu, apa saja jenis video marketing yang efektif dalam menarik perhatian calon pelanggan bisnis B2B.

 

#1. Video Company Profile

Video Company Profile

Jenis video marketing pertama yang paling efektif untuk menarik perhatian calon pelanggan dan meyakinkan mereka untuk mengambil keputusan pembelian, yaitu Konten Video Company Profile.

Karena dalam video company profile biasanya akan memuat tentang perusahaan secara lengkap, apa saja produk / jasa yang ditawarkan, dan value perusahaan lainnya yang dapat menjadi daya utama dalam pemilihan vendor.

Perusahaan yang membuat video company profile juga dinilai memiliki kredibilitas tinggi dan dapat dipercaya untuk dijadikan sebagai vendor / mitra bisnis.

Selain itu, menggunakan video company profile lebih memudahkan tim sales dalam memperkenalankan perusahaan dibanding company profile berbentuk slide show presentasi.

 

#2. Video Animasi Penjelasan

jenis konten video marketing

Jenis video marketing selanjutnya yang juga memiliki daya tarik tinggi dan cocok untuk menjelaskan produk maupun layanan perusahaan Anda, yaitu konten video animasi penjelasan (explanation video).

Video animasi ada yang berbentuk animasi 2D (Dimensi) dan juga animasi 3D. Masing-masing dapat digunakan untuk menjelaskan apa layanan atau produk yang ditawarkan.

Namun, penggunaan video animasi 3D lebih menguntungkan untuk menjelaskan cara kerja suatu produk dengan lebih detail yang tidak dapat dijelaskan melalui visual biasa.

Membuat video penjelasan animasi dapat menarik perhatian calon pelanggan dengan lebih cepat karena animasi bersifat lebih kreatif, unik dan menarik.

Sehingga konten video animasi cocok digunakan untuk iklan youtube, maupun di share pada saat presentasi produk ke calon pelanggan.

 

#3. Video Tutorial / Demo

jenis konten video marketing

Jenis Video Marketing berupa video tutorial atau demo produk merupakan salah satu konten video yang paling dicari oleh calon pelanggan B2B yang harus mencari referensi sebuah produk.

Dalam video tutorial atau demo produk, Anda dapat memperlihatkan cara kerja sebuah produk dan cara pengaplikasiannya.

Hal tersebut tentu akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen terhadap produk Anda, sekaligus membuat mereka mengerti kegunaan produk yang ditawarkan.

 

#4. Video Interview Narasumber

jenis konten video marketing

Salah satu karakteristik konten marketing yang digemari oleh calon pelanggan B2B adalah konten yang dapat menunjukkan expertise (keahlian) dan profesionalitas perusahaan Anda.

Hal tersebut dapat Anda perlihatkan dalam jenis video marketing yang menampilkan interview Bersama narasumber. Narasumber yang dimaksud dapat berupa founder atau karyawan ahli di perusahaan Anda.

Intinya, konten video yang berisikan interview bersama narasumber dapat menjelaskan tentang produk / layanan perusahaan secara lebih objektif dan memberikan garis besar keunggulan produk, dan value yang akan diperoleh calon pelanggan.

 

#5. Video Testimonial Pelanggan

jenis konten video marketing

Jenis video marketing yang berupa konten video testimonial pelanggan adalah senjata paling ampuh jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan calon konsumen dan mempercepat mereka dalam mengambil keputusan pembelian.

Pasalnya, video testimonial pelanggan dapat menampilkan pendapat pelanggan yang sudah mencoba produk atau menggunakan layanan Anda. Dengan begitu calon pelanggan akan mendapat gambaran tentang kualitas produk yang akan mereka gunakan.

Apalagi jika pelanggan yang memberikan testimonial berasal dari industry atau jenis bisnis yang serupa dengan calon konsumen. Mereka akan lebih percaya karena pelanggan tersebut pasti memiliki masalah serupa seperti yang dimiliki calon konsumen.

 

#6. Video Dokumentasi

jenis konten video marketing

Jenis Video marketing yang satu ini memang bukan menjadi andalan para marketer B2B. Namun jenis konten ini tetap bermanfaat untuk bisnis Anda karena dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan dimata calon pelanggan.

Salah satu contoh video dokumentasi yang dapat Anda buat contohnya dokumentasi acara launching produk, acara penandatangan kerjasama dengan client, dan event penting lainnya.

Dengan begitu, calon pelanggan akan melihat bagaiman kinerja perusahaan melalui setiap kegiatan yang diselenggarakan.

 

#7. Video Promosi

jenis konten video marketing

Video promosi dibuat untuk tujuan iklan / advertising. Biasanya menampilkan special offering / penawaran tertentu untuk mengundang calon konsumen melakukan tindakan (action) berupa pembelian.

 

Baca Juga : 11 Cara Mendapat Leads Potensial untuk Usaha Anda

 

Cara Membuat Video Marketing B2B

jenis konten video marketing

Tidak jauh berbeda dengan cara membuat video marketing untuk bisnis B2C, yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu adalah menentukan jenis video marketing mana yang akan dibuat, dengan terlebih dahulu menyeleraskan bidang industri dan kebutuhan brand Anda.

Langkah selanjutnya adalah membuat video plan tentang topik apa yang akan di angkat, lalu membuat story board yaitu alur cerita dari video marketing yang akan dibuat.

Tentukan juga siapa talent / model yang akan tampil di dalam video, serta dimana lokasi video akan dibuat.

Lalu buat script untuk memudahkan talent dalam berakting, atau Anda dapat menggunakan jasa voice over untuk dubbing.

Terakhir, lakukan proses editing video untuk memberikan kesan yang profesional.

 

Baca juga : Bagaimana Cara Kerja SEO yang dapat mendatangkan leads penjualan

 

Jasa Pembuatan Video Marketing

Jasa Pembuatan Video Marketing

Jika Anda merasa kesulitan dalam membuat video marketing, hal tersebut memang wajar, mengingat video marketing cukup kompleks dan membutuhkan skill serta pengalaman dalam membuatnya.

Untuk itu, lebih baik Anda menggunakan Jasa Pembuatan Video Marketing Profesional seperti yang disediakan oleh SeputarMarketing.

SeputarMarketing adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing

Salah Satu layanan kami adalah Jasa Konten Video Marketing. Anda juga bisa mendapat solusi marketing lainnya, seperti :

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing

 

Related Posts

About Us

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing yang menyediakan “One Stop Solution” untuk Branding dan Promosi

Contact Us

Request meeting, quotation & consulting, hubungi :
Whatsapp / Call : 0878-5457-3436
Email : seputarmarketing@gmail.com

Our Service

Website Development, Social Media Marketing, Search Engine Optimization, Digital Advertising, Video Marketing, Creative Design & Marketing Tools

Related Posts

WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?