SeputarMarketing – Strategi pemasaran melalui digital marketing menjadi media yang paling efektif saat ini. Berikut penjelasan lengkap Apa itu Digital Marketing ? Apa Manfaat dan Keunggulan Digital Marketing jika diterapkan sebagai strategi kesuksesan bisnis Anda

 

Apa Itu Digital Marketing?

Secara garis besar, yang dimaksud dengan Digital marketing adalah segala upaya untuk melakukan pemasaran suatu produk dan jasa melalui media Digital, seperti TV, Radio, Electronic Billboard, SMS, Website, SEO, Social Media, dll.

Sedangkan Internet Marketing adalah salah satu bagian dari Digital marketing yang khusus menggunakan media internet untuk mengaksesnya.

Pemasaran dalam internet marketing bukan hanya untuk meningkatkan penjualan, tapi juga termasuk promosi produk dan jasa baru, branding, dan membina hubungan dengan pelanggan.

 

Baca juga : Wajib Tahu ! 7 Manfaat Social Media Marketing untuk Bisnis

Manfaat Digital Marketing

Manfaat Digital Marketing

Faktanya, sejak tahun 2014 silam iklan di internet sudah mengalahkan iklan di TV dan jaringan TV kabel. Mungkin saat ini perbandingannya sudah sangat jauh.

Pemasaran digital multi-channel telah meningkat pesat dan meninggalkan jauh periklanan konvensional. Selain itu, brand-brand besar di seluruh dunia sudah sangat jamak menggunakan strategi digital marketing.

Untuk itu, jika Anda masih beranggapan bahwa Digital Marketing belum diperlukan bagi bisnis Anda, maka simak manfaat digital marketing berikut ini :

  • Memudahkan informasi
  • Representatif 24 jam
  • Melayani Real Time
  • Menjangkau pengguna mobile
  • Menjaga posisi persaingan bisnis
  • Bisa bersaing dengan perusahaan besar

 

#1 – Memudahkan Informasi

Era digital begitu berdampak pada perilaku konsumen, pola pikir konsumen dan pola berbelanja konsumen, yang saat ini selalu mengutamakan informasi yang menarik dan edukatif melalui internet.

Baik B2B maupun B2C, mereka selalu mencari informasi produk, ulasan, referensi, dan promosi mengenai produk atau jasa yang akan mereka pakai melalui internet.

Hal tersebut membuka peluang bagi Anda untuk memberikan informasi yang lengkap dan tanpa batas kepada calon konsumen tanpa harus mengunjungi mereka satu persatu (door to door selling).

 

#2 – Representatif 24 Jam

Jejak aktifitas promosi dengan menggunakan digital marketing dapat di akses 24 jam non stop oleh konsumen yang lebih banyak dan lebih bervariasi.

Digital marketing dapat dikatakan sebagai digital representatif yang mampu menggantikan tim sales representatif saat mereka libur maupun istirahat.

 

#3 – Melayani Real Time

Dengan pemasaran digital, memungkinkan agar Anda dapat langsung merespon konsumen secara real time. Ini akan memberikan dampak besar bagi penjualan.

Berbagai keuntungan dari layanan konsumen secara real time, yaitu menghasilkan penjualan lebih besar, memberikan kepuasan pada konsumen, dan menjaga kesetiaan para pelanggan.

 

#4 – Menjangkau Pengguna Mobile

Faktanya, jumlah pengguna mobile (smartphone) di Indonesia saat ini mengalami pertumbuhan yang sangat besar. Tentunya trafik dari mobile sangat berpotensi menambah keuntungan bagi para pengusaha.

Para pengguna mobil menggunakan smartphone mereka hampir setiap saat. Ini mempengaruhi perilaku mereka dalam berbelanja dan mencari informasi.

 

#5 – Menjaga Posisi Persaingan Bisnis

Persaingan bisnis dari berbagai brand akan terlihat ketika mereka saling berlomba menunjukkan eksistensi bisnis mereka di dunia maya dengan campaign digital marketing mereka.

Dan itu sangat mudah kita temukan sekarang ini, dimana para pebisnis memanfaatkan berbagai kanal pemasaran digital untuk promosi, misalnya iklan PPC, Media Sosial, dan lain-lain.

 

#6 – Bisa Bersaing dengan Perusahaan Besar

Jika dulu bersaing dengan perusahaan besar merupakan tantangan besar karena kepercayaan brand yang sudah kuat, maka dengan bantuan digital marketing hal ini bisa dilakukan.

Dengan strategi digital marketing yang tepat, pebisnis kecil dan menengah tidak hanya bisa mensejajarkan diri dengan perusahaan besar, tapi bisa bersaing head to head dengan budget yang efisien.

 

Baca Juga : Apa Itu Inbound Marketing dalam Istilah Digital Marketing?

Keunggulan Digital Marketing VS Konvensional

Keunggulan Digital Marketing

Banyaknya pengusaha dan brand besar yang menggunakan digital marketing, bahkan beralih sepenuhnya meninggalkan promosi konvensional dikarenakan oleh keunggulan digital marketing seperti berikut :

  • Penetrasi internet di Indonesia
  • Biaya promosi lebih murah
  • Target market jelas
  • Lebih cepat viral
  • Kontrol dan Laporan

 

#1 – Penetrasi Internet di Indonesia

Ada lebih dari 50% penetrasi pengguna internet terhadap bisnis di tanah air. Data tersebut menunjukkan bahwa target konsumen Anda kini berkumpul dalam berbagai wadah di dunia digital. Misalnya seperti website, blog, sosial media, youtube, maupun email.

Penetrasi internet yang begitu tinggi berpengaruh positif dalam menciptakan peluang yang lebih besar karena jangkauan promosi Anda bisa semakin luas.

Dengan kegiatan promosi digital, jarak, waktu, usia, latar belakang, dan lain sebagainya bukanlah sebuah batasan untuk Anda melakukan promosi secara terbuka.

 

#2 – Biaya Promosi Lebih Murah

Dalam bisnis, mungkin masih banyak yang setuju dengan “pengeluaran sekecil-sekecilnya, pendapatan sebanyak-banyaknya”. Dengan melakukan digital marketing, hal tersebut bukanlah hal yang mustahil.

Promosi atau iklan digital jauh lebih murah dibandingkan promosi secara konvensional. Bagaimana tidak, Anda tidak perlu mengeluarkan budget fantastis puluhan juta untuk dapat membuat website yang aktif selama setahun.

Bahkan, Anda dapat memulai menggunakan digital advertising mulai dari ratusan ribu rupiah saja per tayang iklan, dan Anda hanya harus membayar jika ada yang tertarik dan meng-klik iklan Anda tersebut. Hemat, bukan?!

 

#3 – Target Market Jelas

Kelebihan yang paling penting dari pemasaran digital adalah target market yang jelas dan spesifik. Sesuaikan taget market Anda dengan gender, usia, pekerjaan, lokasi, kegemaran, pendapatan, dan masih banyak lagi pilihan segmentnya.

Anda dapat menawarkan produk kepada komunitas tertentu melalui forum atau fan page di media sosial. Anda juga dapat memasang iklan dengan budget yang dapat diatur sesuai keinginan menggunakan Facebook Ads.

 

#4 – Lebih Cepat Viral

Kelebihan digital marketing terutama dalam penggunaan strategi Sosial Media Marketing adalah memudahkan informasi atau iklan Anda lebih cepat Viral.

Karena digital marketing adalah media yang mudah di share (dibagikan) dan Gratis, maka campaign yang Anda buat akan lebih mudah menyebar luas.

 

#5 – Kontrol dan Laporan

Google analytics, dan analytics report dari semua platform digital advertising sungguh revolusi marketing dalam hal memberikan pengukuran yang lebih efektif jika Anda melakukan promosi melalui digital marketing.

Dibandingkan dengan iklan konvensional seperti majalah, radio, atau billboard, Anda tidak akan mendapatkan laporan yang akurat seperti ; siapa saja yang melihat iklan tersebut, siapa saja yang memberikan respon, siapa saja yang membeli, dll.

Selain itu, Anda juga dimungkinkan untuk mengatur sendiri budget digital marketing Anda agar hanya menggunakan sesuai keperluan dan target campaign Anda.

 

Itulah 5 keunggulan digital marketing dan manfaat digital marketing yang utama bagi bisnis Anda. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda dapat segera memulai strategi digital marketing yang tepat untuk branding dan promosi.

 


Butuh Jasa Digital Marketing?

Kami adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing
WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?