Melakukan Digital Marketing dengan Strategi Giveaway, Efektifkah?

Melakukan Digital Marketing dengan Strategi Giveaway, Efektifkah?

Melakukan Digital Marketing dengan Strategi Giveaway, Efektifkah?

SeputarMarketing – Melakukan promosi Digital Marketing memiliki berbagai strategi yang terus berkembang. Salah satunya yaitu strategi Giveaway. Tapi, apakah strategi tersebut efektif? Mari kita lihat penjelasan berikut.

 

Apa Itu Strategi Giveaway

Apa Itu Strategi Giveaway

Sebelum masuk ke penjelasan lebih lengkap, ada baiknya memastikan apakah Anda familiar dengan strategi Giveaway. Mungkin Anda pernah mendengar istilah giveaway atau disingkat menjadi GA. Tapi, apa itu Giveaway?

Sesuai dengan namanya, Giveaway artinya adalah “Memberikan hadiah secara gratis”.

Oleh karena itu, strategi Giveaway adalah strategi membagikan hadiah gratis kepada audience brand Anda.

Tapi bagi-bagi hadiah gratis ini tidak sepenuhnya mudah, karena ada persyaratan yang harus dipenuhi, bahkan cenderung hampir menyerupai konsep kontes, karena giveaway hanya diberikan kepada sejumlah orang yang memenuhi kriteria.

Namun, persyaratan tersebut cenderung jauh lebih mudah dibanding konsep kontes, tetapi tetap memiliki berbagai manfaat yang menguntungkan bagi brand yang menyelenggarakan Giveaway.

Apa saja contoh jenis-jenis persyaratan untuk mengikuti Giveaway?

  • Mem-follow akun sosial media brand
  • Klik like / menyukai postingan GA atau postingan lainnya di sosial media brand
  • Menjawab pertanyaan di kolom comment
  • Menyampaikan pendapat di kolom comment
  • Men tag postingan giveaway ke sejumlah orang
  • Me-repost postingan brand
  • Membuat postingan baru dengan mention ke akun brand
  • Menyertakan Hashtag yang telah dibuat oleh brand
  • Mengisi survey / poling
  • Mengisi data diri
  • Membuat review produk, dan masih banyak lagi

 

Baca juga : Strategi Pemasaran Perusahaan Kontraktor di Era Persaingan Digital

 

Apa Manfaat Melakukan Giveaway

Apa Manfaat Melakukan Giveaway

#1. Meningkatkan Brand Awareness

Salah satu keuntungan dari penerapan strategi Giveaway yaitu dapat meningkatkan Brand Awareness.

Brand awareness adalah kesadaran pelanggan terhadap produk atau layanan Anda. Mulai dari nama, logo, tagline, warna, dan hal lain terkait brand tersebut.

Bagaimana caranya Giveaway bisa meningkatkan brand awareness?

Contohnya saja karena peserta harus men tag, mention dan me-repost konten giveaway tersebut ke teman-teman mereka, tentu akhirnya ada lebih banyak orang yang mengetahui nama brand Anda, bukan?

 

#2. Meningkatkan Engagement

Manfaat kedua dari strategi SEO yaitu dapat meningkatkan Enggagement di akun sosial media brand Anda.

Engagement adalah interaksi dan komunikasi yang terjadi antara audience dengan brand di sosial media tersebut. Engagement bisa diukur dari banyaknya like, comment dan konten yang di save dan dibagikan.

Lalu, bagaimana caranya giveaway dapat meningkatkan engagement rate?

Contohnya Anda mengharuskan peserta untuk like / menyukai postingan brand, atau harus memberikan komentar mereka, hal tersebut tentu di hitung sebagai peningkatan engagement rate.

 

#3. Meningkatkan Leads

Strategi Giveaway juga dapat meningkatkan leads penjualan lho! Bagaimana caranya?

Contohnya jika Anda mengharuskan peserta untuk mem-follow akun brand, maka peserta berkesempatan untuk melihat postingan lainnya yang pernah dibuat Anda. Dengan begitu mereka bisa mengenal brand Anda dan meningkatkan peluang penjualan.

Belum lagi dampak viral yang ditimbulkan dari Giveaway yang diikuti oleh banyak orang, tentu akan membuat brand Anda muncul dimana-mana.

Misalnya saja, ketika Anda membuka akun Instagram, kemudian banyak sekali orang yang men-tag postingan GA kepada Anda.

Atau mungkin Anda sedang surving di beranda sosmed kemudian melihat beberapa orang teman atau koneksi Anda yang me-repost postingan GA atau membuat postingan baru dengan hashtag yang sama.

Tentu Anda akhirnya penasaran, apa sih hadiah giveaway ini, dan siapa sih brand yang menyelenggarakannya?

Contoh kedua juga terjadi kepada para pemenang Giveaway. Biasanya pemenang diharuskan untuk mengisi data diri seperti alamat, nomor telepon dan email. Fungsinya adalah agar dapat dilakukan follow up jika ada promosi produk, sebagai database serta untuk mengoleksi testimonial.

 

 

Jenis Giveaway

Jenis Giveaway

Nah, melihat beberapa manfaat yang bisa Anda peroleh melalui strategi Giveaway, pasti Anda ingin segera menerapkannya, bukan? Tenang, disini juga akan dijelaskan bagaimana cara melakukan Giveaway yang effektif.

Tapi sebelumnya, Anda harus mengerti dua Jenis Giveaway berikut ini :

 

#1. Self Giveaway

Self giveaway adalah jenis giveaway yang dilakukan sendiri oleh pemilik brand. Mulai dari menentukan materi giveaway, menentukan kentuan, promosi, hingga hadiah, dilakukan oleh Anda sendiri.

Jenis Giveaway ini biasanya dilakukan oleh brand yang lebih besar, karena memerlukan lebih banyak persiapan dan anggaran.

 

#2. Sponsor Giveaway

Sponsor giveaway adalah jenis giveaway yang diselenggarakan oleh pihak ketiga, biasanya disebut Host.

Seluruh rangkaian acara giveaway, mulai dari informasi adanya giveaway hingga pengumuman pemenang diatur oleh host. Anda cukup membayar jasa tersebut.

Jenis giveaway ini cocok bagi bisnis baru atau brand kecil, karena Anda tidak perlu repot dengan berbagai persiapan dan anggaran yang diperlukan tidak terlalu besar.

Namun, Giveaway jenis ini juga memiliki kekurangan. Karena jenis ini biasa di ikuti oleh beberapa brand sekaligus, sehingga tidak ada exposure khusus dan fokus perhatian yang tertuju hanya kepada brand Anda.

 

Baca juga : 6 Jenis Konten Artikel yang Dapat Menarik Minat Calon Konsumen

 

Cara Membuat Program Giveaway

Setelah menentukan jenis giveaway apa yang Anda pilih, sekarang Anda harus tahu bagaimana caranya membuat giveaway

Cara Membuat Program Giveaway

#1. Tentukan Apa Tujuan Giveaway

Langkah pertama membuat program ini adalah dengan cara menetapkan tujuan apa yang ingin Anda capai? Apakah untuk menambah follower, meningkatkan penjualan atau enggagement?

Misalnya Anda membuat giveaway dengan cara meminta peserta memberikan review kepada produk Anda di kolom komentar.

Dengan adanya komentar positif tentang brand Anda tersebut, maka orang semakin mengenal dan percaya akan brand Anda. Juga, komentar-komentar yang masuk menambah enggagement rate di platform sosial media Anda.

 

#2. Memilih Hadiah Giveaway

Langkah selanjutnya dalam membuat giveaway adalah memilih hadiah yang cocok.

Anda dapat memberikan produk Anda maupun uang tunai.

Memberikan produk Anda sebagai hadiah memang sangat bagus, karena dapat sekaligus membuat pemenang mencoba produk anda.

Namun jika harga produk Anda terlalu mahal sebaiknya berikan uang tunai maupun produk yang lebih ekonomis.

Selain itu, jika nilai produk terlalu murah juga membuat peserta kurang tertarik. Sehingga menggantinya dengan hadiah uang tunai akan membuat peserta lebih bersemangat.

 

#3. Menentukan Ketentuan Giveaway

Langkah ketiga dalam membuat giveaway adalah menentukan ketentuan maupun persyaratan yang harus diikuti oleh peserta.

Jangan sampai persyaratan yang Anda buat sedikit namun hadiah yang diberikan lebih banyak. Atau sebaliknya, jangan memberikan banyak persyaratan jika hadiah yang dijanjikan hanya sedikit

Mengapa? Karena Anda juga harus memperhatikan tujuan dari diadakannya giveaway. Jika tujuannya untuk meningkatkan engagement, maka buat persyaratan yang cukup simpel seperti minta follow, like, komen maupun tag teman.

 

#4. Mengumumkan Pemenang

Setelah menentukan persyaratan giveaway, maka Anda juga harus menentukan batas maksimal keikutsertaan. Setelah batas akhir keikutsertaan, Anda harus mengumumkan pemenang giveaway.

Anda dapat memilih pemenang secara independent dan tanpa diketahui pihak luar, atau menentukan pemenang secara terbuka dengan mengadakan undian terbuka.

Setelah itu Anda dapat mengumumkan pemenang di berbagai aset dan platform digital yang dimiliki. Misalnya pada akun sosial media brand, website, maupun podcast.

 

Kekurangan Strategi Giveaway

Kekurangan Strategi Giveaway

Walaupun secara keseluruhan, strategi giveaway memberikan manfaat dan keuntungan bagi brand Anda, namun strategi giveaway juga ternyata ada beberapa kekurangan yang harus Anda waspadai.

Contihnya jika Anda mewajibkan peserta untuk memberikan like, comment dan tag pada postingan giveaway, maka engagement rate nya akan naik secara drastis.

Tapi, jika konten harian Anda tidak menarik, mereka tentu tidak akan melakukan interaksi sebagaimana saat diadakannya giveaway.

Contoh lainnya jika Anda mewajibkan peserta untuk mem-follow akun sosial media brand, maka Anda tentu akan mendapat lonjakan follower yang signifikan.

Tapi jika pengumuman pemenang, mereka merasa tidak lagi memiliki kewajiban untuk tetap mengikuti brand Anda. Ditambah jika konten yang Anda buat kurang bermanfaat, pasti mereka akan un-follow secara serentak.

Belum lagi jika peserta mem-follow akun Anda dengan menggunakan akun yang kurang berkualitas. Maksudnya adalah akun-akun yang hanya dibuat untuk keperluan mengikuti sebuah giveaway, sehingga akun tersebut jarang melakukan interaksi maupun postingan.

Hal itu terjadi sebab pada banyak kasus giveaway, persyaratan brand membuat peserta harus memiliki banyak akun yang mengikuti giveaway bersamaan sekaligus agar meningkatkan peluang kemenangan mereka.

Akibat situasi-situasi tersebut diatas, alogaritma sosial media menganggap terdapat aktifitas mencurigakan. Seperti lonjakan followe dan unfollow yang drastis. Lonjakan enggagement serfa penurunannya juga, dan banyaknya akun-akun kurang berkualitas yang menjadi follower Anda

Akibatnya, akun sosial media Anda dapat terkena shadow banning, yaitu pinalty dari pihak Instagram kepada akun yang dicurigai melakukan praktek-praktek yang tidak sesuai dengan standar dan pedoman sosial media.

 

Baca juga : 7 Strategi Marketing Kekinian untuk Melejitkan Bisnis Kuliner

 

Tips Menjalankan Strategi Giveaway

Untuk membuat giveaway yang sukses daan menarik, maka berikut adalah tips menjalankan strategi giveaway yang maksimal.

Tips Menjalankan Strategi Giveaway

#1. Perhatikan Moment nya

Membuat program Giveaway memang bisa dilakukan kapan saja. Namun sebaiknya Anda memperhatikan moment yang tepat, agar giveaway yang dibuat memiliki banyak peminatnya.

Misalnya, saat akun Anda mendapat follower ke 1.000, 5.000, 10.000 dan sebagainya. Bisa juga mengadakan Giveaway saat hari valentine, tahun baru, natal, lebaran dan lainnya.

 

#2. Buat Konten Menarik

Konten giveaway sangat menentukan keberhasilan acara Anda. Buatlah konten yang menarik dengan menggunakan kalimat yang menonjol dan dengan huruf lebih besar atau font lebih tebal.

Jangan lupa untuk bereksperimen menggunakan jenis konten design graphic maupun konten interaktif berupa video marketing yang lebih kaya akan visual.

 

#3. Berkolaborasi dengan Brand Lain

Jika Anda ingin menjangkau calon peserta yang lebih banyak, Anda dapat melakukan kolaborasi dengan brand lain untuk membantu acara Anda.

Namun ingat, perhatikan reputasi brand dan produk brand yang akan diajak berkolaborasi. Jangan sampai kolaborasi hanya menguntungkan satu pihak, atau malah mencederai brand Anda.

Pilih juga brand kolaborator yang memiliki target konsumen yang sama dengan industri Anda, namun tidak berpotensi menjadi direct kompetitor.

 

Jasa Sosial Media Marketing

Jasa Sosial Media Marketing

Mengadakan strategi Giveaway saja bukan satu-satunya cara untuk meningkatkan brand Anda secara digital. Membuat konten sosial media secara rutin jauh lebih bagus daripada hanya melakukan giveaway.

Karena konten marketing dapat membuat audience dan follower di sosial media tetap setia dan tidak langsung melakukan unfollow setelah program giveaway selesai.

Namun, membuat konten sosial media yang konsisten dan berkualitas terkadang memang menyulitkan. Dibutuhkan keahlian dan pengalaman dalam fotografi, desain grafis, content writing dan ide konten.

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency yang memiliki layanan Sosial Media Management, yaitu memberikan jasa pembuatan konten sosial media, socmed advertising, dan mengelola platform sosial media Anda agar secara profesional.

 


 

Digital Marketing Agency Terpercaya

SeputarMarketing adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing

Related Posts

About Us

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing yang menyediakan “One Stop Solution” untuk Branding dan Promosi

Contact Us

Request meeting, quotation & consulting, hubungi :
Whatsapp / Call : 0878-5457-3436
Email : seputarmarketing@gmail.com

Our Service

Website Development, Social Media Marketing, Search Engine Optimization, Digital Advertising, Video Marketing, Creative Design & Marketing Tools

Related Posts

WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?