SeputarMarketing – Para pebisnis wajib tahu perbedaan Branding VS Marketing agar Anda bisa memilih mana yang perlu Anda tingkatkan demi menjaring profit yang lebih banyak, mengembangkan jangkauan pasar, memiliki citra bisnis yang lebih baik, dan pastinya, punya jaminan masa depan yang lebih mapan.

Tapi sebenarnya, cukup wajar jika ada yang belum tahu beda signifikan di antara keduanya. Toh, antara istilah branding dan marketing sering digunakan berganti-gantian.

Jadi, sebenarnya apa sih branding dan marketing itu? Lalu apa bedanya?

 

Pengertian Branding dan Marketing

Pengertian Branding dan Marketing

Marketing secara definisi adalah serapan dari bahasa Inggris yang berarti pemasaran. Dan yang disebut dengan proses marketing adalah ketika seorang pedagang mempromosikan produk  atau jasa yang dijualnya, baik secara offline maupun online.

Proses marketing  dilakukan oleh pemilik usaha dengan tujuan agar banyak masyarakat yang berminat untuk membeli produk tersebut. Dan jika dulu marketing hanya terbatas pada sarana seperti baliho, iklan TV, koran, door-to-door, atau flyer, sekarang para pemilik bisnis juga bisa menggunakan media digital dan internet.

Sementara itu, branding sebenarnya adalah proses yang masih berhubungan dengan proses promosi produk. Proses branding dilakukan dengan tujuan agar masyarakat semakin mengenal produk yang ditawarkan.

Dan dari segi proses dan tujuan yang ingin dicapai, branding dan marketing sebenarnya cukup mirip. Karena itu, wajar jika banyak yang terbolak-balik dalam mengingatnya.

 

Perbedaan Branding vs Marketing

Para pakar banyak bertukar spekulasi dan opini dalam hal ini. Karena keduanya sama-sama memiliki value yang penting dan secara umum bertujuan untuk mempengaruhi psikologis audiens agar tertarik pada brand Anda.

Tetapi, ini jawabannya jika harus dirinci:

 

#1. Cara Kerja Marketing

Cara Kerja Marketing

Pada intinya, marketing adalah pihak atau proses di mana seseorang  secara aktif memasarkan dan mempromosikan suatu produk atau jasa yang menjadi signature perusahaan mereka.

Fokus utamanya adalah mempengaruhi audiens supaya segera mengambil langkah transaksi dan merasa teryakinkan bahwa produk atau jasa Anda adalah yang terbaik.

Sebab itu, marketing seringkali punya bahasa yang lugas. Setiap interaksi dengan pelanggan atau calon pelanggan, bahasanya cenderung kuat dan persuasif seperti:

“Ingin Meningkatkan Ranking Website? Gunakan Jasa SEO Bergaransi dari SeputarMarketing”

Singkat kata, cara kerja marketing cenderung persuasif dan to the point.

 

#2. Cara Kerja Branding

Cara Kerja Branding

Jangankan perusahaan. Bahkan Anda sebagai perseorangan pun pasti punya citra. Hal demikian terjadi dari cara Anda menampakkan diri di masyarakat, cara bicara, pengalaman hidup serta pendidikan Anda, kebiasaan Anda, dan sebagainya.

Nah, semua itu menempel pada Anda dan menjadi sebentuk citra di kepala orang yang kenal atau pernah melihat Anda. Begitupula sebuah perusahaan.

Branding harus memiliki citra yang baik untuk mendasari setiap usaha marketing yang akan dilancarkan nantinya. Branding lebih bertujuan cenderung menarik perhatian, memberikan edukasi atau informasi, memperkenalkan, dan bukan memberikan “tekanan” kepada pembeli untuk segera menjalankan transaksi dengan Anda.

Branding terjadi dari komunikasi yang muncul dari karakteristik yang telah dibangun dengan desain yang Anda rangkai untuk usaha Anda semenarik mungkin. Jadi pesan utamanya adalah berusaha menampilkan bahwa produk atau jasa dari perusahaan Anda sangatlah bagus karena faktor x, y, z, dan seterusnya, tanpa terang-terangan berkata “belilah produk saya!”

ika target marketing lebih ke closing atau penjualan, maka branding lebih menitikberatkan pada pengenalan dan penanaman mindset mengenai produk atau jasa Anda.

Jadi bila diringkas, sebenarnya bisa menjadi poin-poin berikut ini:

  • Branding adalah strategi untuk menarik hati. Marketing adalah strategi agar orang membeli.
  • Branding adalah tentang siapa atau apa diri Anda. Marketing adalah usaha Anda.
  • Branding bersifat jangka panjang, citra untuk dilekatkan seumur hidup perusahaan. Marketing bersifat jangka pendek dan mendorong orang untuk bertransaksi sesegera mungkin.
  • Branding untuk membangun loyalitas klien atau pelanggan. Marketing menghasilkan penjualan.
  • Branding bermain dengan halus. Marketing lebih persuasif dengan seperangkat alasan logis.

 

Branding vs Marketing, Mana yang Lebih Bagus?

Branding vs Marketing

Anda yang memiliki budget terbatas dan tengah membaca tulisan ini mungkin sedang menimbang-nimbang di kepala Anda. Kini setelah Anda tahu perbedaan dan cara kerja di antara keduanya, mana yang patut diprioritaskan?

Sebenarnya, Branding dan Marketing bukan sebuah pilihan melainkan keharusan perusahaan untuk menerapkan keduanya. Karena, keduanya sama-sama vital untuk perkembangan perusahaan Anda. Apa alasannya?

Ketika sebuah perusahaan melulu hanya mengedepankan branding, mungkin akan terjadi image atau citra yang menempel di kepala orang-orang. Audiens tahu tentang Anda dan produk atau jasa Anda, tahu pula kebaikan Anda dibanding para kompetitor. Mereka memperoleh sosialisasi yang cukup mengenai kehadiran brand Anda, dan itu bagus.

Akan tetapi,  orang jadi tidak tergugah untuk bertransaksi dengan Anda. Boleh jadi, mereka juga kebingungan karena meski mereka tahu Anda adalah perusahaan yang bagus, mereka tidak mendapat special offer atau merasa dilibatkan dengan ajakan-ajakan dari Anda.

Salah langkah yang sama juga bisa dilakukan oleh perusahaan yang terlalu mengedepankan marketing. Ratusan promo Anda lancarkan, ribuan E-mail ajakan Anda kirim, semuanya dengan bahasa yang persuasif dan menarik.

Tetapi jika audiens tidak kenal sama sekali tentang citra brand Anda, yang ada mereka malah ragu. Siapa Anda? Apa benefit brand Anda? Sejak kapan berdiri? Apa kata orang-orang tentang brand Anda? Tanpa menyediakan ini semua, bisa-bisa perusahaan Anda hanya dianggap spam abal-abal.

Jadi? Keduanya sama-sama penting. Pastikan Anda merancang strategi yang imbang di antara keduanya agar perusahaan Anda bisa berjalan secara strategis.

 

Jasa Branding dan Marketing

Jasa Branding dan Marketing

Jika Anda sudah mengerti pentingnya peran branding dan marketing untuk kemajuan usaha, maka langkah selanjutnya adalah mencari jasa branding dan jasa digital marketing yang berpengalaman.

Tujuannya adalah agar Anda lebih mudah mengelola semua aktifitas branding dan marketing yang akan dilakukan, karena Marketing Agency menyediakan berbagai jasa branding dan promosi yang dapat disesuaikan dengan brand Anda.

SeputarMarketing adalah salah satu Digital Marketing Agency yang juga menyediakan Jasa Branding dengan konten menarik dan professional, untuk meyakinkan calon konsumen menggunakan produk/jasa Anda.

 


 

Digital Marketing Agency Terpercaya

SeputarMarketing adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing
WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?