Masih Ragu Menerapkan Strategi SEO? Simak 40 Manfaat SEO Berikut Ini

Masih Ragu Menerapkan Strategi SEO? Simak 40 Manfaat SEO Berikut Ini

manfaat seo untuk bisnis

SeputarMarketing – Anda belum punya strategi SEO yang efektif? Atau jangan-jangan, belum tahu apa saja manfaat SEO untuk bisnis Anda? Kali ini kami akan memberikan penjelasan terlengkap tentang 40 manfaat SEO yang harus diketahui para pebisnis.

Di tahun 2021 yang serba penuh kompetisi ini, sudah saatnya Anda mengubah mindset pemasaran Anda. Pasalnya, menguasai serba-serbi SEO alias Search Engine Optimization ini kini tidak hanya menjadi sebuah pilihan, melainkan sebuah keharusan.

Jika dulu orang berlomba-lomba mendapatkan space di toko yang strategis, di Internet Anda kini harus merebut posisi teratas Google demi menjaring lebih banyak konsumen agar mengetahui kebaikan produk Anda.

Sebenarnya, apa saja sih manfaat SEO untuk bisnis? Dan kenapa Anda harus menggunakan Jasa SEO sekarang juga?

 

Manfaat SEO untuk Bisnis

apa manfaat seo untuk bisnis

 

1 – Orang Mencari Kebutuhan Mereka di Search Engine

Tahukah Anda berapa hasil pencarian yang diterima oleh Google setiap harinya?

Setiap detiknya, ada 40.000 pencarian; 3,5 biliun setiap 24 jam. Pertanyaan tersebut antaranya adalah tentang di mana mereka bisa menemukan ‘salon terdekat, ‘kafe terdekat, ‘klinik dokter gigi terdekat’, dan sejenisnya.

Pertanyaan tentang dimana mereka bisa membeli sesuatu, atau pertanyaan tentang spesifikasi, harga dan review sebuah produk

Dengan melancarkan strategi SEO, Anda akan mendapati website toko Anda di puncak pencarian. Dengan begitu, orang lebih mungkin menjadikan produk atau jasa Anda sebagai solusi dari kebutuhan mereka!

 

2 – SEO Dapat Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

Nyatanya, konsumen sangat mempercayai search engine; Google terutama. Dengan menempatkan website Anda di pencarian teratas, secara otomatis mereka berasumsi bahwa produk Anda sudah pasti murah, berkelas, dan awet terpercaya. Seterusnya, arus pembeli akan lancar. Dan tugas Anda hanya tinggal mempertahankan kualitas dan pelayanan produk.

 

3 – SEO adalah Investasi Jangka Panjang

Membuat strategi SEO tidak bisa disamakan dengan strategi lain yang sifatnya instan. Untuk mencapai ranking yang optimal, butuh waktu 6-12 bulan. Memang lama, tapi sekalinya Anda ada di puncak, kecil sekali kemungkinan untuk turun lagi. Bayangkan berapa traffic yang masuk karena orang pasti mengeklik hasil pencarian teratas ketika butuh apa-apa.

 

4 – SEO Bisa Meningkatkan Brand Awareness

Langkah selanjutnya dari brand awareness adalah brand equity. Di mana, orang bukan hanya sekadar tahu tentang produk Anda. Tapi juga meyakini bahwa yang Anda tawarkan ini memiliki premium value melebihi brand-brand lain. Sekali ini dikuasai, jangan heran jika pesanan terus membludak!

 

Baca juga : 6 Alasan Kenapa Anda Harus Menggunakan Jasa Branding Digital Agency

 

5 – SEO Menarik Traffic… tapi yang Berkualitas

Ada alasan industri SEO punya value sampai biliunan dollar. Para pakar setuju bahwa traffic dari SEO adalah jenis traffic terbaik.

Pasalnya, yang menarik arus itu ke laman Anda adalah orang-orang yang memang mencari jawaban atau produk yang spesifik. Dengan itu, Anda tidak perlu merangkai iklan untuk meyakinkan orang supaya membeli produk Anda. Karena mereka yang datang memang mereka yang mencari Anda.

 

6 – Traffic dari SEO 65% Pasti Jadi Beli

Karena traffic dari SEO sudah pasti berasal dari orang yang mencari produk Anda, tugas Anda hanya tinggal memberikan pelayanan terbaik dan konten yang meyakinkan. Jika itu tercapai, ratio kemungkinan orang membeli produk Anda bisa naik hingga 90%!

 

7 – Bisa Meningkatkan Sales dan Leads

Anda yang hanya memiliki usaha kecil dengan modal pas-pasan kini bisa meraup laba sebesar saingan Anda yang telah memiliki nama. Caranya adalah dengan memainkan strategi SEO dengan serius.

Jika Anda berhasil merangkai strategi yang bisa menggaet hati calon konsumen, penjualan dan lead dipastikan akan mengalir secara organik.

 

8 – Meringankan Beban Cost per Acquisition

Keuntungan lain menggunakan strategi SEO adalah sifatnya “gratis”. Budget yang dibutuhkan jauh lebih mudah daripada beriklan. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menyewa jasa seo dari Digital Marketing Agency ternama seperti SeputarMarketing.

Selebihnya, setiap kali orang meng klik website Anda melalui google, tidak diperlukan uang sepeser pun, berbeda dengan sistem iklan yang menggunakan bidding/tarif per klik.

 

9 – Strategi SEO Tidak Butuh Iklan Berbayar

Jika strategi SEO Anda sudah pasti solid, Anda bahkan tidak perlu beriklan lagi. Anda bisa meningkatkan traffic website Anda tanpa harus menggunakan layanan PPC (Pay per Click) Ads. Nah, sisa budget yang tidak terpakai ini bisa Anda salurkan untuk area lain di bisnis Anda seperti misalnya improvisasi produk atau ekspansi varian.

 

10 – Promosi Setiap Hari, Setiap Detik

SEO berkerja setiap saat dan tidak kenal tidur. Mengasumsikan Anda telah berhasil mengamankan posisi teratas, data-data akan bekerja sendiri untuk mempertahankan atau malah meningkatkan brand awareness produk Anda. Sebab itulah, investasi pada strategi SEO sangat disarankan.

 

Baca juga : Penjelasan Terlengkap! Apa Itu SEO (Search Engine Optimization)

 

11 – Jumlah Klik yang Lebih Banyak

Meski murah (bahkan gratis), menggunakan SEO untuk bisnis bukannya tidak berkualitas. Riset membuktikan, jumlah klik dari SEO listings bahkan 90% lebih banyak daripada Google Ads! Rupanya user cenderung mempervayai algoritma Google, sehingga terjadi jumlah klik yang membludak secara organik.

 

12 – SEO dapat Meningkatkan Referrals

Salah satu keuntungan SEO adalah ini dapat meningkatkan referral ke website Anda. Karena konten Anda bagus, website-website lain yang prestisius pun tidak ragu untuk mencantumkan link ke website Anda sebagai referral. Akhirnya, dapat exposure gratis, deh!

 

13 – Performa SEO Dapat Diukur

Anda bisa mengukur performa SEO Anda dengan konversi serta sumber-sumbernya. Anda juga bisa memeriksa pekembangan rankingnya di laman Google, juga jumlah traffic yang masuk secara organis. Dengan begitu, Anda bisa menentukan keyword apa saja yang perlu Anda pergunakan untuk strategi selanjutnya.

 

14 – SEO Membantu Penjualan Offline

Lho, SEO bisa membantu penjualan produk secara offline? Kok bisa?

Ternyata meski ada saja customer yang lebih suka berbelanja langsung di toko, mereka akan riset mengenai produk Anda sebelumnya di Internet.  Sebab itu, pastikan Anda punya konten SEO yang bagus dan meyakinkan.

 

15 – SEO Lebih Efektif Meski Lebih Murah

Secara biaya, SEO untuk bisnis lebih efektif daripada CPC (Cost Per Click). Logikanya, mengapa harus membayar supaya halaman Anda dikunjungi orang jika Anda bisa merangkai hasil yang organik melalui SEO yang efektif?

 

16 – Tidak Kalah dengan Saingan Anda

Saat ini, sekitar 60% lebih seluruh perusahaan data di dunia sudah memberlakukan strategi SEO menurut riset. Dan jika Anda ngotot tetap hanya menjalankan ‘cara lama’, sudah barang pasti Anda akan tertinggal.

 

17 – Bersaing Head to Head dengan Perusahaan Besar

Jika dulu prospek untuk bisa dianggap setara dengan merk besar kelihatannya muluk, sekarang tidak lagi. Bahkan kalau iklan media sosial Anda masih kalah, Anda bisa mengambil ‘jalan belakang’ via genjot strategi SEO. Perlahan tapi pasti, Anda bisa menarik arus ke website Anda tanpa disadari siapa pun!

 

18 – Menguasai Market Share

Kunci dari mendapatkan market share adalah menjadi pilihan pertama. Ini terutama sangat penting bagi Anda yang masih merintis usaha. Amankan posisi halaman terdepan Google, setidaknya menjadi nomor ketiga atau keempat dalam pencarian.

Tujuh puluh lima persen pengguna yang mencari sesuatu biasanya tidak akan mencari lebih dari 1 halaman. Jadi, kuasai market share Anda terlebih dahulu.

 

19 – Kuasai Segmen Pasar Baru

Sekali Anda berhasil mengoptimalkan website, Anda bisa mulai memperluas jangkauan bisnis Anda ke arah keyword-keyword baru. Ini bisa berarti luncuran produk baru, atau layanan yang sudah Anda dan perlu Anda boost kehadirannya di antara masyarakat. Dengan bantuan search engine, segmen pasar baru bukan hanya angan-angan.

 

20 – SEO Meningkatkan Value Usaha Anda

Salah satu keuntungan SEO yang terbesar adalah fakta bahwa value perusahaan Anda semakin naik seiring naiknya rating SEO Anda. Umpamakan Anda akan menjual perusahaan Anda pada sebuah bursa, para pembeli potensial akan sangat mempertimbangkan ada atau tidaknya ranking SEO yang memadai akan perusahaan Anda.

 

Baca Juga : Digital Marketing Agency – Apa Itu Jasa SEO (Search Engine Optimization)

 

21 – SEO Mengintegrasikan Aktivitas Marketing Online

Pada dasarnya, SEO adalah sarana marketing online yang paling lengkap. Semua aktivitas online marketing Anda bisa mendongkrak SEO; web design, content marketing, social media, bahkan online ads. Sehingga, pada dasarnya Anda bisa menggunakan konten-konten yang sudah ada untuk menaikkan usaha Anda.

 

22 – SEO Meningkatkan ROI

ROI yang tinggi menunjang keberlangsungan usaha, khususnya bagi Anda yang masih merintis. Nah, memiliki marketing campaign yang terintegrasi dengan baik akan mempengaruhi ranking SEO. Sehingga hasilnya, ROI dari usaha Anda bakal naik secara signifikan.

Kok bisa? Menurut studi, traffic yang timbul secara organik akan naik sekitar 40% melalui SEO.

 

23 – Bagian dari Strategi PR Paling Ampuh

Semakin relevan website yang Anda punya bagi khalayak, semakin tinggi pula ranking Anda di hasil pencarian Google. Dan untuk itu, Anda butuh backlink. Banyak sekali backlink. Tapi, jangan asal. Usahakan untuk mendapatkan backlink via website eksternal yang terjadi secara organik.

Strategi ini seperti mendulang dua keuntungan secara bersamaan; brand semakin dikenal, relasi pun bertambah.

 

24 – Menambah Jumlah Follower di Social Media

SEO bisa menambah follower di medsos? Tentu. Ketika pengunjung mencapai website Anda, dan menyukai isinya, sangat mungkin mereka akan mengeklik icon medsos untuk mengikuti update-update seputar bisnis Anda. Jadi, jangan sampai lupa menginstall add-ons ya!

 

25 – Meningkatkan Jumlah Subscriber dan Newsletter

Kata siapa E-mail marketing atau newsletter tidak berlaku lagi? Dengan ramainya perkembangan media sosial masa kini, makin banyak yang mengandalkan E-mail untuk memilah konten apa yang ingin mereka konsumsi sehari-hari.

Jika Anda menyertakan formulir signup di website Anda, Anda bisa mendapatkan banyak subscriber newsletter Anda. Dan itu juga bisa menaikkan ranking Anda di mata Google. Agar makin menarik, pastikan memberikan insentif berupa konten eksklusif bagi susbcriber loyal Anda, ya.

 

26 – SEO akan Meningkatkan Traffic Blog Anda

Strategi SEO bisa meningkatkan traffic blog Anda. Sekadar tahu, traffic adalah ‘darah’ yang memastikan strategi pemasaran Anda berjalan dengan lancar dan sukses. Semakin deras traffic, maka semakin deras referral yang masuk. Dan sebagai dampaknya, makin banyak yang mengenal brand Anda sebagai yang dipercaya dan terdepan di antara saingan Anda.

 

27 – Meningkatkan jumlah klik (click-through-rate)

Hubungan antara ranking SEO dan jumlah klik yang diterima website Anda seperti dua mata koin. Banyaknya jumlah klik yang diterima bisa memperbaiki rating SEO. Sementara itu, tingkat SEO yang baik juga bisa ditengarai dari jumlah klik yang Anda terima.

Untuk mengetahui jumlah klik yang valid, caranya adalah dengan menghitung jumlah orang yang mengeklik website Anda dibanding jumlah orang yang benar-benar berinteraksi dengan brand Anda.

 

28 – Membuat Audiens Engage lebih Lama

Anda populer dengan istilah time on site? Secara umum, ini berarti waktu yang dihabiskan seorang pengunjung untuk membaca-bacai produk Anda.

Semakin lama mereka surfing di blog Anda, semakin tinggi kemungkinan mereka akan membeli produk Anda nanti. Jadi, usahakan punya strategi SEO yang menarik, ya.

 

29 – SEO Bisa Membuat Website Anda Aman

Ragam virus dan penipuan yang banyak bercokol di Internet paling rajin menyasar website abal-abal dengan rating SEO yang rendah. Sebab itu, pastikan Anda punya strategi untuk menggenjot rating. Ini akan membuat website Anda terlihat lebih kredibel di mata Google, dan akhirnya menjauhkan Anda dari bahaya.

 

30 – Website Lebih Cepat Diakses

Tingkat kecepatan sebuah website saat diakses sangat mempengaruhi kepuasan pengunjung, lho. Sebab mereka ingin tahu tentang produk Anda secepat mungkin, senyaman mungkin. Jika website terlalu lola, bisa-bisa mereka keburu menutup tab di detik pertama.

 

Baca Juga : Jasa SEO Website – Konsultan SEO (Search Engine Optimization)

 

31 – SEO Meningkatkan User Experience

Goal utama dari Google sebagai penyedia platform SEO bagi Anda sebenarnya mudah: relevansi. Untuk menapaki posisi yang tinggi di mesin pencarian, Anda harus tetap relevan bagi audiens yang tengah mencari informasi mengenai bidang industri atau bahkan produk serta jasa Anda.

Nah untuk mencapai itu, Anda harus menjaga agar user experience bagi pengunjung website Anda tetap berkesan. Mengoptimalkan strategi SEO yang matang dapat membuat website Anda lebih resik, terfokus, menyajikan info yang mengena di hati audiens.

 

32 – SEO Tidak Bersifat Stagnan

Datang dan pergi, tren strategi bermedsos seperti fad yang tidak tahan lama keefektifannya. Tapi beda kasusnya dengan SEO. Karena sifatnya yang permanen dan selalu tumbuh, investasi pada strategi SEO tidak akan sia-sia. Semakin awal Anda memulai, semakin besar pula kemungkinan berhasilnya.

 

33 – Sejalan dengan Tren Mobile

Hampir 50% lebih pengguna Internet dunia mengakses dengan ponsel. Tidak berlebihan jika dibilang bahwa mobile adalah masa depan kita dalam berbagai aspek—termasuk pemasaran.

Anda harus cepat membuat website Anda nyaman diakses secara mobile sebelum terlambat. Dengan banyaknya user yang membuka website melalui ponsel, Anda punya kesempatan untuk jadi yang paling pertama merebut perhatian mereka.

 

34 – SEO Akan Membuat Anda Menonjol

Berdagang di Internet berarti Anda harus berebut klik dengan 250 juta website lain di jagat maya. Rata-rata orang tidak punya waktu untuk membuka semua website Anda satu per satu. Amankanlah salah satu posisi teratas di pencarian, dan Anda akan semakin menonjol di antara para saingan Anda.

 

35 – SEO Memiliki Fokus yang Jelas (Laser Targeted)

Cara kerja SEO sangat tergantung pada keyword. Ini berarti, daftar pencarian yang muncul di halaman seorang user sangat tergantung pada keyword yang website Anda unggulkan. Tidak seperti strategi medsos, di sini Anda tidak perlu risau disasar oleh orang yang mencari sesuatu yang tidak Anda sediakan—mengasumsikan Anda menggunakan keyword yang tepat tentu saja!

 

Baca juga : Marketing VS Sales, Apa Bedanya dan Mana yang Lebih Penting?

 

36 – Ranking SEO Berlaku Selamanya

Jika Anda menggunakan cara yang bersih, kecil kemungkinan ranking SEO Anda bakal turun. Satu-satunya yang akan mengacaukan posisi Anda hanyalah jika Anda menggunakan praktik Black-hat SEO. Ini adalah cara kotor di mana Anda meletakkan link dan referral sebanyak-banyaknya untuk menggenjot paksa ranking Anda di mata Google. Untungnya, trik ini cepat atau lambat akan ketahuan dan website Anda bakal di-banned selamanya.

Mempergunakan strategi SEO yang bersih, ketika website Anda sudah berhasil memuncaki tangga pencarian, Anda bisa bersorak. Yang perlu Anda lakukan hanyalah tetap aktif secara berkala untuk memastikan ada konten baru untuk menjaring perhatian audiens.

 

37 – SEO Bisa Mengeliminasi Kerugian dari Strategi Tradisional

Dari 100 brosur yang Anda cetak, bisa jadi yang benar-benar membeli hanya 3. Belum termasuk sibuk menelepon para calon pelanggan tanpa henti, tapi tanpa hasil. Semuanya itu butuh modal yang pengeluarannya tidak sepadan dengan hasil.

Dengan SEO, Anda langsung menyasar target yang tepat. Sehingga, tidak perlu ada modal yang terbuang sia-sia.

 

38 – Meningkatkan Profit Usaha Anda

Strategi SEO mengambil keuntungan dari sifat Internet yang bisa menjangkau siapa saja, di mana saja, kapan saja. Ini berarti, menjual produk Anda ke jangkauan luar negeri bukan lagi isapan jempol. Adanya perbedaan kurs juga membuat profit yang Anda tangguk bisa naik signifikan; bahkan 4 kali lipat!

 

39 – Menjaring Talent via SEO

Kepingin punya tim berisi orang-orang erbakat yang tepat untuk bisnis Anda? Mantapkan persona Anda melalui strategi SEO di Internet. Dengan network yang bagus, Anda tidak perlu susah-susah mencari karyawan berbakat dan kreatif yang mau bekerja untuk Anda. Besar kemungkinan, merekalah yang justru datang untuk mencari Anda untuk bekerja sama.

 

Baca juga : Peluang Usaha dan Strategi Bisnis Minuman Kekinian yang Viral

 

40 – Solusi Cerdas Semua Masalah Marketing Anda

Keuntungan dari strategi SEO seperti tidak ada habisnya. Pasalnya, semua elemen marketing seperti terintegrasi di sini; mulai dari desain, iklan, konten, dan riset. Dengan berinvestasi pada strategi SEO, Anda seperti menembak dua burung dengan satu batu.

Kesimpulan : Walau ada 101 alasan atau manfaat SEO, jika Anda tidak berani mengambil keputusan, semua akan sia-sia. Dan ingat, karena SEO adalah investasi jangka panjang, jika kompetitor  sudah memulainya lebih dulu, maka SEO mereka akan jauh lebih kuat dan lebih sulit untuk disaingi.

 

Butuh Jasa SEO Terpercaya?

jasa seo jakarta terbaik bergaransi

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency yang memberikan Jasa SEO Terbaik untuk membantu meningkatkan visibilitas website bisnis Anda dan mendapatkan ke 40 manfaat SEO tersebut diatas.

 

Baca Juga : SEO VS SEM, Mana yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda?

 

Butuh Jasa Digital Marketing?

Kami adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing

 

Related Posts

About Us

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing yang menyediakan “One Stop Solution” untuk Branding dan Promosi

Contact Us

Request meeting, quotation & consulting, hubungi :
Whatsapp / Call : 0878-5457-3436
Email : seputarmarketing@gmail.com

Our Service

Website Development, Social Media Marketing, Search Engine Optimization, Digital Advertising, Video Marketing, Creative Design & Marketing Tools

Related Posts

WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?