5 Cara Terbaik untuk Meningkatkan Engagement Instagram Anda

5 Cara Terbaik untuk Meningkatkan Engagement Instagram Anda

Cara Meningkatkan Engagement Instagram

SeputarMarketing – Ingin engagement Instagram Anda awet prima sampai bisa menjangkau pasaran seluas-luasnya? Simak 5 cara meningkatkan engagement Instagram berikut ini :

Ada tantangan tersendiri agar audiens social media Anda tetap engaged. Algoritma yang terus berubah, tuntutan mutu konten, bahkan lonjakan tren dunia bisa membuat Anda kehilangan beberapa koneksi yang sangat penting. Sebab itu, Anda harus selalu memutar otak agar bisnis Anda tetap berjaya di jagat maya.

 

Apa Itu Engagement di Instagram?

Apa Itu Engagement

Engagement adalah salah satu indicator dalam sosial media Instagram yang menunjukan tingkat interaksi dan keterlibatan audience dan follower Anda.

Faktor engagement yang sering menjadi acuan yaitu seberapa banyak orang menyukai postingan Anda, memberikan komentar, menyimpan postingan Anda dan membagikannya.

Semakin tinggi engagement rate Instagram bisnis Anda, semakin tinggi pula brand awareness dan semakin besar pula peluang terjadinya penjualan.

 

Baca Juga : Cara Membuat Segmentasi Pasar yang Dapat Meningkatkan Keuntungan

 

Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Engagement rate yang baik memang sangat bergantung pada banyak aspek pendukung. Untuk mewujudkannya memnag dibutuhkan kreatifitas dan juga konsistensi. Namun, hal tersebut dapat juga Anda pelajari dengan menyimak ke lima tips meningkatkan engagement instagram, berikut ini :

 

#1. Buat Konten yang Menarik Interaksi

Konten marketing

“Content is a King” memang benar, lho! Jadi membuat konten yang menarik dan berkualitas adalah sebuah kewajiban jika Anda ingin menggunakan strategi Sosial Media Marketing.

Namun, jangan salah! Bedakan jenis konten yang bersifat promosional dengan konten interaktif ya!

Konten promosional lebih memiliki target untuk menjaring leads dan menarik minat audience untuk melakukan action seperti pembelian atau mendaftar.

Sedangkan konten yang bersifat interaktif memiliki target untuk membangun engagement dan soft selling produk.

 

#2. Jaga Agar Follower Anda tidak Bosan

Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Membuat konten menarik memanglah keharusan, namun Frekuensi pun harus dijaga, agar brand Anda selalu relevan di algoritma Instagram dan menjaring lebih dan lebih banyak calon customer.

Caranya? Jaga agar frekuensi post Anda tidak melebihi 2 post per hari dengan jeda-jeda waktu yang terukur. Di Instagram, konten yang bagus jauh lebih penting daripada konten yang di-post sering-sering.

 

#3. Tetap Berusaha Engage

Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Me-manage akun media sosial tidak boleh pasif. Sebagus apa pun konten Anda, engagement tidak akan terjadi jika cara Anda mengoperasikan akun media sosial Anda terasa pasif dan mati.

Kadang jika konten Anda bagus, bisa saja ada ribuan komentar yang masuk. Bijaknya, Anda harus membalas komentar-komentar tersebut sebanyak mungkin. Jangan gunakan balasan copy-paste yang akan terasa menjemukan. Selain merasa tidak dihargai, audiens bisa tersinggung, dan memutuskan untuk lebih engage ke kompetitor Anda.

Membalas komentar secepat mungkin juga akan membuat Anda tetap relevan di algoritma Instagram. Hasilnya, jangan heran kalau akun bisnis Anda akan terus-terusan nongol di tab explore; dan terus menjaring calon pelanggan baru.

 

Baca juga : 6 Strategi Marketing Bisnis Frozen Food yang Bikin Banjir Orderan

 

#4. Percayakan pada Kekuatan Hashtag

Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Instagram memang bukanlah satu-satunya media sosial yang menggunakan fitur hashtag (alias tagar). Meskipun begitu, riset menunjukkan bahwa 9 dari 11 hashtag Instagram memberikan efek engagement yang tidak main-main.

Anda harus memiliki strategi yang berbeda-beda untuk setiap social media. Dan kini setelah mengetahui signifikansi hashtag pada marketing via Instagram, tidak ada salahnya mulai merancang strategi khusus untuk media visual satu ini.

Yang perlu diingat, meski Instagram mengizinkan sampai 30 hashtag per post Anda, jangan membuat follower lelah. Cukup gunakan 10-12 hashtag se-catchy mungkin, seunik mungkin. Tambahkan juga personalized hashtag tentang nama brand atau bisnis yang Anda geluti. Baik diletakkan di post maupun komen, memainkan hashtag bisa menambah engagement Instagram Anda sampai 12,6%!

 

#5. Buatlah Instastory

Cara Meningkatkan Engagement Instagram

Lebih kurang, 200 juta pengguna Instagram menonton instastory setiap harinya. Fitur baru ala Snapchat ini mengizinkan Anda menyajikan klip atau foto-foto pendek tentang behind the scene industri Anda, yang bisa ditonton para audiens. Jadi, jangan lupa untuk merancang instastory yang menarik.

Dari klip-klip itu, akan timbul rasa percaya dari para follower bahwa bisnis Anda memang bagus dan terpercaya. Jika Anda pintar merangkainya, Anda juga bisa membangun koneksi dengan audiens untuk memberikan citra bisnis yang friendly, cepat merespon, dan up to date.

Belum lagi, fitur instagram stories juga menyertakan analytics yang bisa memonitor berapa orang melihat konten Anda, siapa saja, durasi, bahkan performa keseluruhan dari klip-klip pendek tersebut. Jadi, mengapa tidak segera menyertakannya dalam strategi?

 

Baca juga : Jasa Konten Sosial Media, Bikin Brand Makin Disuka

 

Jasa Sosial Media Management

Jasa Sosial Media Management

Menggunakan Instagram sebagai salah satu platform sosial media marketing memang sangat menjanjikan. Namun, mengelola akun sosial media untuk bisnis memang penuh tantangan.

Mulai dari membuat konten yang menarik, mempromosikannya dan me-manage akun socmed agar tetap aktif dan terlihat profesional.

Untuk itu, gunakan jasa sosial media management sebagai solusi digital marketing yang lebih praktis dan efektif.

Jasa sosial media marketing biasanya meliputi jasa pembuatan konten sosial media, jasa iklan di sosial media, jasa influencer dan dilengkapi dengan admin yang siap memberikan respon dan menjawab pertanyaan calon pelanggan.

Jika Anda mencari Jasa Social Media Marketing, Kami adalah solusi yang tepat. SeputarMarketing adalah Creative Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing  yang dapat membantu bisnis Anda dalam melakukan Branding dan Promosi, melalui berbagai jasa digital marketing :

 

  1. Jasa Website Development / Jasa Pembuatan Website
  2. Jasa SEO  / Search Engine Optimization 
  3. Jasa Social Media Marketing
  4. Jasa Digital Advertising / Jasa Iklan Digital
  5. Jasa Sosial Media Influencer
  6. Jasa Branding / Jasa Video Marketing

Related Posts

About Us

SeputarMarketing adalah Digital Marketing Agency dan Konsultan Marketing yang menyediakan “One Stop Solution” untuk Branding dan Promosi

Contact Us

Request meeting, quotation & consulting, hubungi :
Whatsapp / Call : 0878-5457-3436
Email : seputarmarketing@gmail.com

Our Service

Website Development, Social Media Marketing, Search Engine Optimization, Digital Advertising, Video Marketing, Creative Design & Marketing Tools

Related Posts

WeCreativez WhatsApp Support
Apa Solusi Marketing Yang anda Butuhkan ?